redesain-navbar Portlet

null

Blog

Teknik Analisa Data: Apa, Bagaimana, dan Ragam Jenisnya

Metode penelitian dapat dipelajari sejak sekarang, sebelum kuliah.

 

Teknik Analisa Data, photo by Lukas on pexels

Teknik analisis data adalah metode dalam memproses data menjadi informasi. Saat melakukan suatu penelitian, kita perlu menganalisis data agar data tersebut mudah dipahami. Analisis data juga diperlukan agar kita mendapatkan solusi atas permasalahan penelitian yang tengah dikerjakan.

Saat ini mungkin kita memang kurang akrab dengan penelitian, metode penelitian, maupun teknik analisis data. Tapi saat kuliah nanti, kita bakal sering menjumpai berbagai istilah penelitian tersebut. Bahkan, kita akan terlibat langsung di dalamnya. For now, kita kenalan dulu, yuk!

 

Pengertian Analisis Data

Kita mulai dari pengertian teknik analisis data ya, Sobat. Apa itu teknik analisis data? Dikutip dari laman pendidikan.co.id dan gurupendidikan.co.id, analisis data adalah suatu proses atau upaya mengolah data menjadi informasi baru. Proses ini diperlukan agar karakteristik data menjadi lebih mudah dimengerti dan berguna sebagai solusi bagi suatu permasalahan, khususnya yang berkaitan dengan penelitian.

Mengutip salah seorang pakar metode penelitian, Lexy J. Moleong, teknik analisis data adalah kegiatan analisis pada suatu penelitian yang dikerjakan dengan memeriksa seluruh data dari instumen penelitian, seperti catatan, dokumen, hasil tes, rekaman, dan lain-lain. Kegiatan ini dilakukan agar data lebih mudah dipahami, sehingga diperoleh suatu kesimpulan.

 

Jenis Teknik Analisis Data

Bergantung pada jenis datanya, ada dua jenis teknik analisis data dalam penelitian. Dua jenis teknik analisis data adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Tak terlalu asing dengan dua istilah ini kan, Sobat? Iya, kita juga mengenalnya sebagai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Teknik Analisis Data Kualitatif

Data kualitatif adalah data yang tidak dapat diangkakan atau bersifat non numerik. Teknik analisis data kualitatif pada umumnya merupakan bahasan konseptual suatu permasalahan. Beberapa teknik analisis data kualitatif antara lain:

1. Analisis Konten

Teknik analisis konten diperlukan ketika kita harus memahami keseluruhan tema pada data kualitatif yang kita miliki. Dalam metode penelitian ini, kita dapat menerapkan kode warna untuk tema atau ide tertentu. Penguraian data tekstual seperti ini membantu kita menemukan rangkaian data yang paling umum.

2. Analisis Naratif

Teknik analisis naratif fokus pada bagaimana suatu ide atau cerita dikomunikasikan kepada seluruh bagian terkait. Metode penelitian ini biasanya digunakan untuk membuat interpretasi tentang penilaian pelanggan, proses operasional, perasaan karyawan terhadap pekerjaannya, dan lain-lain.

Teknik analisis data kualitatif naratif dapat membantu kita memahami dan mengembangkan kultur atau budaya suatu organisasi seperti perusahaan. Metode penelitian kualitatif naratif juga membantu kita dalam membuat rencana strategi pemasaran.

3. Analisis Wacana

Selain teknik analisis naratif, teknik analisis wacana juga digunakan untuk menganalisis interaksi orang. Perbedaan keduanya terletak pada fokus. Metode penelitian kualitatif analisis wacana lebih fokus pada konteks sosial dimana komunikasi antara responden dan peneliti terjadi.

Teknik Analisis Data Kuantitatif

Data kuantitatif adalah data numerik yang dapat dihitung secara akurat. Salah satu contoh data numerik dalam metode penelitian kuantitatif yaitu hasil survey responden. Teknik analisis data kuantitatif pada umumnya menggunakan model matematika, model statistik, dan lain-lain. Beberapa teknik analisis data kualitatif yaitu:

1. Analisis Deskriptif

Teknik analisis data kuantitatif deskriptif dilakukan ketika kita melihat performa data di masa lalu untuk memperoleh suatu kesimpulan. Teknik analisis data kuantitatif ini digunakan ketika kita berhadapan dengan data dalam volume yang sangat besar seperti data sensus penduduk.

2. Analisis Inferensial

Teknik analisis data kuantitatif inferensial menggunakan rumus statistik. Hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut  digunakan sebagai dasar untuk membuat kesimpulan yang berlaku secara umum (generalisasi).

 

Teknik Pengolahan Data

Teknik pengolahan data terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan-tahapan yang harus kita lalui dalam mengolah data yaitu:

1. Pengumpulan Data

Pada tahapan ini, kita mengumpulkan data-data yang dibutuhkan.

2. Penyuntingan (Editing)

Yang dimaksud dengan editing dalam analisa data adalah kegiatan memeriksa kelengkapan dan kejelasan pengisian instrumen pengumpulan data, seperti daftar pertanyaan yang telah dikembalikan oleh responden.

3. Pengodean (Coding)

Coding dalam penelitian yaitu proses identifikasi dan klasifikasi dengan memberikan simbol berupa angka pada tiap jawaban responden berdasarkan variabel yang diteliti.

4. Tabulasi

Pada tahapan ini kita melakukan data entri, menyusun, dan menghitung data yang telah dikodekan ke dalam tabel.

 

Cara Menganalisis Data

Setelah melewati keempat tahapan di atas, kita telah melewati tahap awal pengolahan data. Berikutnya, kita harus menganalisis dan menafsirkan data tersebut agar dapat dipahami sebagai suatu informasi.

Untuk menganalisis dan menafsirkan data, Sobat Pintar bisa memilih menggunakan teknik analisis data kualitatif atau teknik analisis data kuantitatif seperti yang telah diuraikan di atas. Manakah yang harus dipilih?

Metode penelitian yang digunakan harus disesuaikan dengan data – apakah kualitatif atau kuantitatif. Proses analisa data ini penting karena merupakan satu-satunya jalan yang harus kita lewati agar tiba pada jawaban dari permasalahan penelitian.

 

Contoh Hasil Analisis

Untuk memperoleh gambaran seperti apa hasil analisa data, berikut adalah abstrak penelitian dari laman ejournal-balitbang.kkp.go.id. Penelitian ini dikerjakan oleh Imam Taufik, dengan judul Pencemaran Pestisida pada Perairan Perikanan di Sukabumi Jawa Barat.

"Penggunaan pestisida merupakan salah satu sumber pencemar yang potensial bagi sumberdaya dan lingkungan perairan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pencemaran pestisida pada lahan perikanan budidaya di Sukabumi, Jawa Barat. Penelitian diawali dengan penentuan lokasi, dilanjutkan dengan pengambilan contoh (air, sedimen, biota air), preparasi, identifikasi, dan analisis data, serta pelaporan. Analisis contoh menggunakan alat Gas Chromatograph (GC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lahan perikanan air tawar di daerah Sukabumi terdapat residu pestisida dari golongan organoklorin, organofosfat, piretroid, dan karbamat dengan konsentrasi di bawah Batas Maksimal Residu (BMR). Jenis dan konsentrasi residu pestisida tersebut yang terbesar terdapat pada ikan, kemudian di dalam tanah dan yang terakhir adalah dalam air."

20

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
1 Comment
beberapa teknik data kualitatif antara lain
00

CssBlog

metablog-web Portlet