redesain-navbar Portlet

null

Blog

Teknik Informatika, Seperti Apa Kuliahnya dan Bagaimana Prospeknya

Perlu mengetahui kecocokan suatu jurusan kuliah dengan diri sendiri, sekalipun jurusan tersebut sedang populer.

photo via www.gijobs.com

Siapa nih, yang pengin banget kuliah jurusan IT? Jurusan Teknik Informatika selama beberapa tahun belakangan emang lagi hits, Sobat. Eh tapi, masak iya, kita asal pilih jurusan kuliah cuma gegara lagi hits doang?

Enggak, dong. Kita harus tahu kuliah jurusan IT itu seperti apa. Kemudian, kita juga perlu introspeksi, apakah memang punya kemampuan yang dibutuhkan untuk kuliah dan lulus dengan baik dari Prodi Teknik Informatika. Tak kalah penting, apakah kita bakal suka dengan karier di bidang IT? Do you want the answers? Let's read on, then.

 

Apa Itu Teknik Informatika?

jurusan teknik informatika

Photo by Christina Morillo on Pexels

Sebelum memilih kuliah jurusan IT, wajib banget dong, kita tahu tentang apa itu Teknik Informatika. Teknik Informatika sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari dan menerapkan analisis matematis dan prinsip ilmu komputer dalam merancang, menguji, mengembangkan, dan mengevaluasi kinerja komputer, software, dan sistem operasi.

Kuliah di Jurusan Teknik Informatika mengharuskanmu belajar tentang pengolahan data menggunakan teknologi komputer. Dalam hal ini, proses dan prinsip logika berperan amat sangat penting.

 

Apa yang Dipelajari di Teknik Informatika?

kuliah jurusan it

Photo by Burst on Pexels

Again, logika memiliki peran yang amat penting dalam perkuliahan di Prodi Teknik Informatika. Nggak percaya? Lihat saja daftar mata kuliah Teknik Informatika berikut ini:

Matematika Dasar

Aljabar Linier

Statistika

Kalkulus

Matematika Diskrit

Sistem Digital

Pemikiran Desain dan Kreativitas

Dasar Pemrograman

Struktur Data dan Algoritma

Kecerdasan Buatan

Dasar Multimedia

Arsitektur Komputer

Dasar Keamanan Sistem

Basis Data

Jaringan Komputer

Rekayasa Perangkat Lunak

Sistem Operasi

Perancangan dan Analisis Algoritma

Teori Bahasa dan Otomata

Manajemen Projek Perangkat Lunak

Analisis dan Pengolahan Data

Pengembangan Aplikasi Web

Pengembangan Berbasis Platform

Grafika Komputer

Technopreneurship

Administrasi Basis Data

Mata kuliah Teknik Informatika di atas masih belum mencakup mata kuliah umum dan pilihan. Beberapa contoh mata kuliah pilihan yaitu Keamanan Sistem, Routing dan Switching, Sistem Paralel, Pengembangan Game, Pengolahan Citra Digital, Pengolahan Bahasa Alami, Komputasi Berbasis Biologi, Pembelajaran Mesin, Pemrograman Basis Data, dan masih banyak lagi.

Dilihat dari ragam mata kuliah Teknik Informatika yang telah disebutkan, Sobat Pintar tentu bisa menduga kalau materi Teknik Informatika berisi bahasa pemrograman seperti C++, Ruby, Javascript, Haskell, Go, Perl, PHP, C, C#, Java, atau Python. Pada dasarnya, seluruh bahasa pemrograman tersebut membutuhkan kemampuan logika yang kuat. Biasanya seseorang dengan cara berpikir yang sistematis cenderung memiliki dasar logika yang kuat.

Bukan hanya logika, namun pelajaran Informatika yang terkait dengan Matematika Diskrit, Statistika, Kalkulus, Aljabar, bahkan Algoritma juga membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Ketelitian ini pun sangat dibutuhkan saat Sobat Pintar mengerjakan coding. Kalau tidak, bagaimana program yang dibuat bisa benar-benar berjalan?

Terus, berapa lama Sobat Pintar harus berkutat dengan semua hal itu? Dengan kata lain, berapa tahun kuliah S1 Teknik Informatika? Kurikulum S1 Prodi Teknik Informatika dirancang untuk dapat dituntaskan dalam delapan semester atau empat tahun. Jika segalanya berjalan lancar selama kuliah, seharusnya tak ada halangan untuk membuatmu lulus dari Jurusan Teknik Informatika dalam kurun waktu tersebut.

 

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Informatika?

prodi teknik informatika

Photo by Olha Ruskykh on Pexels

Memangnya apa yang membuat kuliah jurusan IT tak selalu berjalan tepat waktu? Setiap mahasiswa tentu punya jawabannya masing-masing, salah satunya adalah pekerjaan. Prospek kerja Teknik Informatika saat ini terbilang sangat bagus, sehingga ada mahasiswa yang sudah bekerja sebelum lulus kuliah. Sebagian lagi, ada yang ingin segera lulus kuliah agar dapat bekerja. Pendeknya, hampir-hampir tak ada pertanyaan seperti, "Kuliah Teknik Informatika kerja apa?"

Habisnya, kebutuhan kita akan ahli-ahli IT saat ini memang sedang tinggi. Banyak alumni Jurusan Teknik Informatika yang menjalani profesi sebagai software developer. Selain menjadi software developer, prospek kerja Teknik Informatika mencakup game developer, programmer, system analyst, hingga menjadi konsultan IT.

Terlepas dari prospek kerja Teknik Informatika yang bagus, setiap profesi di bidang IT memerlukan ketekunan dan semangat pantang menyerah yang tinggi. Bayangkan saja, misalnya, saat ada sedikit kesalahan dan kita harus menyusuri kembali program yang telah dikerjakan hanya untuk menemukan letak kesalahan tersebut – bikin frustrasi nggak, sih? Itulah sebabnya, dibutuhkan sosok yang tangguh, tak mudah menyerah, untuk berkarier di bidang IT.

 

Di Mana Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik?

Photo by Yaroslav Shuraev on Pexels

Speaking of the best, we have our own definitions. Namun sebagai referensi, Sobat Pintar bisa menggunakan akreditasi BAN-PT. S1 Prodi Teknik Informatika dengan akreditasi Unggul saat ini ada di Universitas Gunadarma dan Institut Teknologi Bandung. Sedangkan universitas Jurusan Teknik Informatika dengan akreditasi A berada di:

Universitas Esa Unggul

Universitas Sam Ratulangi

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Padjadjaran

Universitas Surabaya

Universitas Tarumanagara

Universitas Presiden

Universitas Kristen Satya Wacana

Universitas Bina Nusantara

Universitas Sebelas Maret

Universitas Mercu Buana

Universitas Hasanuddin

Universitas Pancasila

Universitas Teknologi Yogyakarta

Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Negeri Padang

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Universitas Negeri Semarang

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

 

Selain pada jenjang S1, kuliah jurusan IT juga ditawarkan pada jenjang D4 dan D3. Untuk jenjang D4, Jurusan Teknik Informatika dengan akreditasi A saat ini ada di Politeknik Caltex, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Bandung. Sedangkan pada jenjang D3, pilihan Jurusan Teknik Informatika dengan akreditasi A ada di Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Muhammadiyah Magelang, Politeknik Negeri Bandung, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

 

Nah, mau ikutan ngehits dengan kuliah jurusan IT, Sobat Pintar? Eitts, coba ikuti Tes Penjurusan dulu, deh. Orang-orang yang sukses kuliah sampai lulus kemudian bekerja di bidang IT ternyata adalah mereka dengan tingkat kreativitas yang tak kalah dengan seniman. Yuk, dikepoin dulu seberapa tinggi tingkat kreativitasmu dengan mengerjakan Tes Penjurusan.

0
270

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet