APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Teknik Informatika – Sesuaikah Untukmu?

Jurusan Teknik Informatika

photo via intl.manas.edu.kg

Kenapa sih, kuliah Informatika? Apa karena teman-temanmu pada mau kuliah disini? Apa karena jurusan ini yang lagi hits dan kayanya bakal keren? Atau, sekedar kepo aja, kali-kali cocok, gitu? Banyak banget sih, alasan yang bisa kamu gunakan untuk memilih jurusan kuliah. Tapi kalau Teknik Informatika, baca ini dulu deh, biar tau lebih banyak dulu tentangnya.

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika?

Kuliah di Teknik Informatika berarti kamu akan masuk kelas Algoritma dan Struktur Data, Strategi Algoritma, Probabilitas dan Statistika, Pemrograman Berorientasi Objek, Rekayasa Perangkat Lunak, Kalkulus, Dasar-Dasar Pemrograman, Metode Pengembangan Software, Sistem Jaringan, Kriptografi, Etika dan Hukum Cyber, serta kelas-kelas lainnya. Pada intinya, diseluruh kelas tersebut kamu akan belajar tentang prinsip-prinsip Ilmu Komputer dan analisa matematis untuk sistem operasi dan kerja komputer, pengujian dan evaluasi perangkat lunak, serta desain dan pengembangannya.

Selain mengajarimu segala sesuatu tentang komputer, Teknik Informatika juga melatihmu untuk memecahkan fungsi-fungsi dan menciptakan struktur instruksi bahasa pemrograman supaya komputer dapat belajar segala sesuatu yang harus dipelajarinya. Pada proses seperti inilah kamu dituntut untuk terus menghasilkan ide-ide kreatif dan merealisasikan ide tersebut.

 

Bagaimana Prospek Kedepannya bagi Lulusan Teknik Informatika?

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, keahlian Teknik Informatika semakin dibutuhkan diberbagai bidang. Bahkan, menurut Badan Statistik Amerika, pertumbuhan profesi dibidang Informatika adalah jawara yang bertahan sejak 2014 hingga diperkirakan 2024 nanti. Software Engineer and Developer, konsultan, analis, keamanan sistem dan jaringan, ahli jaringan, hingga koordinator pembangunan, perluasan, dan pemeliharaan sistem komputer adalah beberapa profesi populer bagi lulusan jurusan ini.

 

Apakah Teknik Informatika Jurusan Kuliah yang Tepat Untukmu?

Kuliah di Jurusan Teknik Informatika membekalimu dengan berbagai ilmu dan teknik untuk menangani masalah transformasi dan pengolahan fakta-fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer seoptimal mungkin. Dijurusan ini kamu belajar memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, dan menciptakan software komputer sehingga menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika.

Apakah minat dan kemampuanmu ada dijurusan ini? Bila memang demikian, kamu bisa melanjutkan pendidikanmu ke BINUS University, Universitas Esa Unggul, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Tarumanagara, Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro, Universitas Gunadarma, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Kristen Petra, Universitas Mercu Buana, dan berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang lain.

 

Dengerin Podcast tentang Software Developer

Nah, itulah A sampai Z-nya Jurusan Teknik Informatika secara singkat. Pertimbangkan lagi masak-masak, apakah kamu hendak memilih untuk kuliah jurusan dijurusan ini atau tidak. Pasalnya, sebagian besar jagoan coding mahir dibidangnya karena belajar mandiri, dan dibutuhkan minat besar dari diri sendiri untuk melakukannya.

270

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
1 Comment
ahsiap
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog