PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Teknik Pomodoro, photo via techlab.institute

Teknik Pomodoro – Apa Itu?

Dengan teknik yang tepat, belajar pun bisa menjadi lebih efektif.

Pernahkah Sobat Pintar diajak untuk menerapkan teknik pomodoro dalam belajar? Nah, sudah tahukah Sobat tentang teknik pomodoro? Let's find out more about pomodoro!

 

Apa yang Dimaksud dengan Pomodoro?

Alih-alih teknik belajar, pomodoro sebenarnya adalah teknik manajemen waktu. Teknik pomodoro dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980-an.

Kata pomodoro sendiri berakar dari Bahasa Italia, yang berarti tomat. For your information, Cirillo memang menggunakan sebuah kitchen timer berbentuk buah tomat. Kata pomodoro itu sendiri kemudian melekat pada interval yang digunakan saat teknik ini diterapkan.

 

Interval Apa yang Ada pada Pomodoro?

So, teknik pomodoro yang dikembangkan oleh Cirillo terdiri dari enam langkah:

1. Tentukan tugas apa yang hendak dikerjakan.

2. Atur timer (Cirillo menggunakan interval 25 menit).

3. Tuntaskan tugas yang telah ditentukan.

4. Berhenti saat timer berbunyi.

5. Istirahat sejenak (3-5 menit), kemudian kembali kelangkah dua.

6. Setelah mengulang empat interval pomodoro (masing-masing per 25 menit), kembali kelangkah satu.

Nah, kerangka waktu per 25 menit itulah yang dimaksud dengan interval pomodoro. Cara pembagian waktu ini mudah sekali diterapkan untuk belajar, bukan?

Misalnya, Sobat Pintar ingin belajar Fisika. Atur timer diponselmu selama 25 menit, kemudian langsung saja belajar materi yang telah disiapkan. Saat timer-mu berdering, istirahatlah selama 5 menit. Ulang terus siklus ini hingga empat kali, kemudian istirahatlah lebih lama, sekitar 15-30 menit – atau cukupkan sampai disitu dulu belajarmu.

 

Kenapa Perlu Mencoba Teknik Pomodoro?

Mengadopsi penggunaan teknik pomodoro, yang pada awalnya digunakan untuk manajemen waktu, sebagai teknik belajar bermanfaat dalam menjaga fokus. Pasalnya, selama satu interval pomodoro berlangsung, Sobat Pintar tak boleh terdistraksi oleh apapun – just focus on the task at hand.

Apapun notifikasi ponsel yang muncul, abaikan. Ada baiknya memberitahu orang-orang sekitar untuk tak mengganggu dalam 25 menit. You'll have the next five minutes to address them all.

Selain menjaga fokus, menerapkan teknik pomodoro untuk belajar bermanfaat untuk menghilangkan kebiasaan multitasking yang kurang efektif, menghindari dan mengurangi perfeksionisme, serta menurunkan kadar stres. Pada dasarnya, semakin banyak hal yang kita kerjakan dalam satu waktu secara bersamaan, semakin stres kita jadinya.

Dengan teknik pomodoro, Sobat akan terlatih untuk fokus mengerjakan satu hal saja dalam kerangka waktu yang jelas, 25 menit saja. Durasi yang terhitung pendek tersebut pun membuat Sobat lebih bersemangat – thinking it'll be over soon. Pada akhirnya, kuantitas tugas yang harus dituntaskan pun lebih banyak dibanding ber-multitasking.

 

Bagaimana Memulai Teknik Pomodoro?

Just start it, Sobat! Persiapkan dulu apa-apa yang perlu dikerjakan agar Sobat tak perlu beranjak ke sana ke mari dalam 25 menit kedepan. Misalnya, kalau belajar Matematika, siapkan kalkulator, penggaris, pensil, penghapus, kertas kosong, buku-buku yang diperlukan, dan lain-lain di meja – atau di dekatmu, asalkan mudah dijangkau.

Setelah dimulai, curahkan sepenuhnya fokusmu pada materi pelajaran. Lima menit kemudian ketika istirahat, Sobat bisa beranjak ke dapur membuat minuman, stretching, berbaring, menikmati camilan, atau hal-hal santai yang lain. Kemudian, kembali pada awal siklus dan terus ulangi.

Sebenarnya tak perlu banyak persiapan untuk memulai pomodoro. Sobat hanya perlu timer yang sudah ada pada ponsel. Jika memerlukan bantuan, saat ini sudah ada beragam aplikasi Android untuk pomodoro. Siap mencoba, Sobat? Atau sudah melakukannya?

Lebih masukan Blog

Ingin Berteman dengan Siapa? Cek 5 Kriteria Ini

Masuk sekolah baru, atau bahkan masuk kuliah, berarti Sobat Pintar akan bertemu dengan...

Lelah, Tapi Bukan Fisik – Apa dan Bagaimana?

Sehabis kelas olahraga, wajar saja bila Sobat merasa letih dipenghujung hari. Istirahat yang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru