PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!

website-baru-navbar Portlet

Blog

Tentang Hubungan Internasional Ayo Cari Tahu tentang Jurusan Ini, photo via medium.com

Tentang Hubungan Internasional – Ayo Cari Tahu tentang Jurusan Ini

Hubungan Internasional adalah jurusan yang terbuka untuk ranah IPS, IPA, maupun Bahasa.

Adakah diantara Sobat Pintar yang ingin meraih gelar Sarjana Ilmu Politik? Ternyata, selain alumni Jurusan atau Program Studi Ilmu Pemerintahan, gelar Sarjana Ilmu Politik juga dimiliki oleh alumni Hubungan Internasional. Nah, adakah hal lain tentang jurusan ini yang Sobat ketahui?

 

Materi Perkuliahan yang Beragam

Mahasiswa Hubungan Internasional (HI) belajar banyak tentang dinamika hubungan suatu negara dengan negara-negara lain di dunia. Keadaan dan sistem ekonomi, interaksi budaya, tingkat kesejahteraan, konflik yang terjadi, situasi politik, hingga perdamaian wilayah dan krisis militer merupakan bagian dari dinamika kehidupan negara yang dipelajari.

Secara umum, pada tahun pertama perkuliahan, mahasiswa HI belajar tentang dasar-dasar hubungan internasional. Pada tahun kedua, yaitu disemester tiga dan empat, yang dipelajari adalah sosiologi dan sejarah dunia. Pada tahun ketiga dan keempat, materi perkuliahan mencakup keamanan nasional, hak-hak asasi manusia, dan diplomasi.

Sobat Pintar yang saat ini tengah berada dikelas IPS tentu merasa akrab dengan topik-topik tersebut. Itulah sebabnya, HI menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati anak IPS. Tapi bukan berarti anak IPA dilarang masuk HI lho, ya! Justru sebaliknya, ada saja anak IPA yang kuliah dijurusan dalam ranah IPS ini.

 

Jurusan yang Memicu Sikap Kritis

Tenang, Sobat IPS. Alih-alih merasa ini tak adil untuk kalian, lebih baik memperhatikan faktor penyebab kenapa Hubungan Internasional terbuka untuk anak IPS maupun anak IPA.

Telah disebutkan sebelumnya, dijurusan ini mahasiswanya banyak belajar tentang dinamika suatu negara dan hubungannya dengan negara lain. Isu-isu internasional dan politik dunia menjadi bahan belajar yang wajib dilahap oleh mahasiswa HI. Maka, orang-orang dengan pemikiran kritislah yang cocok untuk menjadi calon mahasiswa jurusan ini.

Selain kritis, diperlukan pula semangat untuk ingin terus belajar. Pasalnya, dinamika hari ini tak lepas dari sejarah. Dan kita harus mau banyak membaca untuk belajar sejarah.

Sementara itu, cakupan HI yang berada pada tataran internasional berarti sejarah yang dipelajari adalah sejarah bangsa-bangsa di dunia, yang terdiri dari beragam bahasa. Nah, semangat untuk belajar dan menguasai bahasa asing – tak hanya Bahasa Inggris, pun menjadi hal yang cukup penting bagi mahasiswa dan alumni HI.

Jadi, latarbelakang kelas IPA atau IPS saja tak cukup menentukan apakah seseorang layak menjadi mahasiswa HI. Bagaimanapun juga, jurusan ini memang multidisplin. Mahasiswanya harus belajar tentang hukum hingga budaya, tentang sejarah sampai bisnis.

 

Menjadi Mahasiswa HI

Dikelas apapun Sobat Pintar saat ini – IPA atau IPS, pada akhirnya menjadi mahasiswa HI merupakan pengalaman belajar tersendiri. Tentunya, kurikulum perkuliahan antar kampus tak selalu sama persis. Silabus perkuliahan dan gaya mengajar tiap dosen juga berbeda.

Akan tetapi, pada umumnya perkuliahan dijurusan ini terdiri dari penjelasan dosen yang kemudian disertai dengan praktik diplomasi. Belajar dalam kelompok dan memperdebatkan tentang suatu tema merupakan hal biasa dikelas-kelas HI. Bila ada esai yang harus dikerjakan, pemikiran kritismu teruji ketika harus dirumuskan dalam argumentasi yang baik.

Untuk mendukung perkuliahan, mahasiswa HI harus rajin-rajin membaca. Jangan bosan membaca buku sejarah, biografi, hingga teori-teori pemikiran seperti Teori Konflik, Teori Diplomasi, Liberalisme, Komunisme, dan lain-lain.

 

So, are you ready to deal with it all? Kalau Sobat Pintar memang memiliki minat pada perkembangan politik di dalam dan luar negeri, kritis dan suka menganalisis kejadian-kejadian di dalam dan luar negeri, boleh jadi Hubungan Internasional memang jurusan kuliah yang sesuai untukmu.

Over time, your keen interest and knowledge will lead you to understand why a country, including yours, makes a certain policy. Sobat akan mampu melihat dan memahami kepingan-kepingan puzzle yang mendorong hingga suatu kebijakan diluncurkan. Is it interesting for you?

Lebih masukan Blog

Calon Mahasiswa Siapkan Diri Seperti Ini

Sepakatkah Sobat kalau perencanaan yang matang dapat membawa kita pada hasil yang memuaskan?...

Lebih Matang: Perbaiki 4 Kebiasaan Ini

How old are you, Sobat Pintar? You're most likely teens at high school, aren't you? ...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru