APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tentang Jurusan Desain Interior: Ini 6 Rekomendasi Kampus Pilihan

Kuliah Jurusan Desain Interior memerlukan minat yang serius dibidang seni dan teknik.

Jurusan Desain Interior, image credit Sebastian Mantel

Sekarang ini ada banyak jurusan desain, seperti fashion design, graphic design, termasuk pula interior design. Khusus bagi Sobat Pintar yang ingin kuliah design interior, jurusan ini semakin banyak peminatnya karena semakin tingginya kesadaran orang untuk memaksimalkan fungsi ruang yang terbatas tanpa meninggalkan kenyamanan.

Desain interior adalah sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam di dalam sebuah bangunan. Tak hanya ilmu teknik yang diterapkan dalam interior design, tapi ada sentuhan seni pula didalamnya. It's an art, indeed.

Selain minat yang kuat pada kedua bidang tersebut, kuliah design interior juga memerlukan kejelian dalam hal pemilihan kampus. Berikut ini adalah enam kampus dengan Jurusan Desain Interior yang telah mengantongi akreditasi A BAN-PT.

 

1. Universitas Kristen Petra

Jurusan Desain Interior merupakan bagian dari Fakultas Seni dan Desain UK Petra. Fakultas ini berdiri sejak 1998 dan kini menaungi tiga jurusan yaitu Desain Komunikasi Visual, International Program in Digital Media, dan Desain Interior. Jurusan Desain Interior UK Petra menawarkan dua peminatan, yaitu Desain Produk Interior serta Desain Interior dan Styling.

 

2. Institut Teknologi Nasional Bandung

Itenas Bandung berdiri pada 1972. Jurusan Desain Interior menjadi bagian dari Fakultas Seni Rupa dan Desain bersama Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk.

 

3. Institut Seni Indonesia Denpasar

Ingin kuliah design interior di ISI Denpasar, Sobat? Gunakan kesempatan SBMPTN mendatang. Kuota mahasiswa baru ISI Denpasar pada SBMPTN 2020 sebanyak 16 kursi, dengan peminat pada SBMPTN 2019 sebanyak 46 orang. Jangan lupa siapkan portofoliomu untuk mendaftar dijurusan ini, ya!

 

4. Universitas Sebelas Maret

Selain ISI Denpasar, Jurusan Desain Interior UNS juga dapat dipertimbangkan untuk SBMPTN Soshum, Sobat. Kuota UNS lebih besar, tapi jumlah peminatnya juga lebih banyak. Pada SBMPTN 2020, kuota mahasiswa baru Jurusan Desain Interior UNS mencapai 25 kursi. Sedangkan peminatnya pada SBMPTN 2019 sebanyak 261 orang.

 

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Bukan UGM, tapi universitas yang ada Jurusan Desain Interior di Yogyakarta adalah ISI. Kuota mahasiswa baru 2020/ 2021 Jurusan Desain Interior ISI Yogyakarta lebih besar dibanding kuota ISI Denpasar. Akan ada 40 mahasiswa baru interior design di ISI Denpasar pada SBMPTN 2019, dengan peminat mencapai 356 orang pada SBMPTN 2019.

 

6. Institut Teknologi Bandung

Jurusan Desain Interior ITB pernah bernama Seni Interior dan Seni Lukis. Pada masa itu, tepatnya bersamaan dengan berdirinya ITB pada 1959, interior design merupakan bagian dari Departemen Perencanaan dan Seni Rupa. Seiring waktu, kebutuhan akan desainer interior di Indonesia semakin meningkat dan prospek kerja desain interior pun semakin baik.

Sobat Pintar ingin kuliah design interior di ITB? Program Studi atau Jurusan Desain Interior ITB berada pada Fakultas Seni Rupa dan Desain. Daya tampung mahasiswa baru FSRD ITB pada SBMPTN 2020 mencapai 88 kursi dengan peminat pada SBMPTN 2019 mencapai 1.151 orang.

 

Now, have you made up your mind, Sobat? Apapun universitas jurusan desain interior yang dipilih, baik PTS maupun PTN, yang terpenting adalah kita belajar tentang interior design dengan sepenuh hati.

Untuk itu, pastikan pilihan jurusanmu sudah sesuai dengan minat pribadimu. Bagaimana mengenali, memahami, dan menggali minatmu dengan lebih baik? Gunakan Minat Pintar, Sobat!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog