APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Terakreditasi A: Ilmu Komputer di 6 PTN Ini

Jurusan Ilmu Komputer

photo via cs.utdallas.edu

Tak hanya cerdas dalam memilih jurusan kuliah, kamu juga harus cermat memilih kampusnya. Demikian pula dengan Ilmu Komputer. Begitu banyaknya kampus yang menawarkan jurusan ini, setidaknya kamu bisa memilih Ilmu Komputer yang memiliki akreditasi A. Berikut inilah kampus-kampus dengan Jurusan atau Program Studi Ilmu Komputer terakreditasi A menurut BAN-PT.

 

1. Universitas Pendidikan Indonesia

Ilmu Komputer UPI berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Beberapa matakuliah dijurusan ini antata lain Sistem Informasi, Kecerdasan Buatan, Interaksi Manusia dan Komputer, dan Sistem Basis Data. Dibuka sejak tahun 2005, Ilmu Komputer UPI menghasilkan lulusan IT dibidang Multimedia dan Jaringan Komputer, Robotika dan Kecerdasan Buatan, serta Rekayasa Perangkat Lunak.

 

2. Universitas Indonesia

Bukan hanya jurusan, Ilmu Komputer di UI sudah berdiri sebagai sebuah fakultas (Fisilkom). Salah satu yang menyebabkan Ilmu Komputer UI terakreditasi A adalah profil lulusannya yang rata-rata mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan sejak kelulusannya. Matakuliah Rancangan Sistem Digital, Pemelajaran Mesin, Komputasi Lunak, Layanan dan Aplikasi Web hanyalah beberapa faktor pendukung yang mengantarkan alumni Ilmu Komunikasi UI laris manis dipasar kerja.

 

3. Institut Pertanian Bogor

Ilmu Komputer merupakan salah satu departemen di FMIPA IPB. Disini kamu belajar tentang Keamanan Informasi, Data Mining, Grafika Komputer, Bahasa Pemrograman, dan lain sebagainya. Selain terakreditasi A, Ilmu Komputer IPB juga terbilang istimewa karena kemampuannya untuk berkolaboarasi dengan disiplin ilmu lain, khususnya Pertanian.

 

4. Universitas Lampung

Dijurusan ini kamu bisa belajar tentang Proses dan Kualitas Perangkat Lunak, Keamanan Sistem Informasi, Pemrosesan Bahasa Alami, Data Warehouse, Desain dan Analisis Algoritma, Machine Learning, dan masih banyak lagi. Berada pada FMIPA, Ilmu Komputer Unila dibuka pada tahun 2005 dan saat ini telah memiliki akreditasi A BAN-PT.

 

5. Universitas Gadjah Mada

Sama seperti di universitas lain, Ilmu Komputer UGM berada di FMIPA dan memiliki akreditasi A. Bedanya, Ilmu Komputer UGM jauh lebih tua daripada Ilmu Komputer pada perguruan tinggi lain – tepatnya bermula pada tahun 1987. Bagaimana dengan matakuliah yang ditawarkan? Tak kalah juga, sebenarnya – sebutlah, Filsafat Ilmu Komputer, Jaringan Komputer, Bahasa dan Otomata, Mikroprosesor, dan lain-lain.

 

6. Universitas Sumatera Utara

Sedikit berbeda, Ilmu Komputer USU berada di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fisilkom-TI). Sebagai jurusan, Ilmu Komputer sudah ada sejak tahun 2001 dan saat ini telah memiliki akreditasi A. Karena berada dalam ruang  lingkup Ilmu Komputasi, Ilmu Komputer USU menerapkan ACM Computing Curricula.

 

Itulah enam perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Jurusan Ilmu Komputer dengan akreditasi A. Eitts, bukan berarti perguruan tinggi yang lain tidak direkomendasikan, ya! Bisa jadi jurusan-jurusan yang saat ini masih terakreditasi B dan C sedang mengejar akreditasi A-nya. Yang perlu dilakukan adalah memeriksa dulu akreditasi jurusan pada kampus yang kamu pilih. Kalau enggak, itu namanya membeli kucing dalam karung!

160

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog