redesain-navbar Portlet

null

Blog

Tes Potensi Skolastik (TPS): Apa Saja Materinya dan Jenis Soalnya?

Kenali materi dan soal Tes Potensi Skolastik untuk persiapan UTBK.

Sudah siap menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) di UTBK mendatang, Sobat Pintar? Ujian seleksi masuk universitas negeri ini memang bisa bikin dagdigdug. Apalagi kalau persiapan yang kita lakukan cukup mendadak.

Tapi kita masih punya waktu untuk bersiap dengan lebih baik lagi, Sobat. What can we do now? Yuk, kenali dan pahami materi TPS UTBK.

 

Pengertian Tes Potensi Skolastik (TPS)

UTBK kayaknya udah identik aja ama Tes Potensial Skolastik (TPS). Tapi sebenarnya apa itu TPS? TPS UTBK adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif sendiri mencakup penalaran umum dan kemampuan pemahaman. Maka, pada dasarnya materi TPS UTBK masih dalam ruang lingkup keduanya.

Apakah kemampuan kognitif ini sesuatu yang baru? Sebenarnya tidak juga, Sobat. Disadari atau tidak, kita sudah mengeksplorasi kemampuan ini selama sekolah. Itulah sebabnya, jangan merasa terintimidasi dulu dengan materi TPS UTBK, ya!

 

Jenis-Jenis Soal TPS UTBK

Ada empat jenis soal TPS UTBK. Let's get to know them one by one.

1 Penalaran Umum

Ada tiga jenis soal TPS UTBK Penalaran Umum UTBK, yaitu:

a. Kesesuaian pernyataan, dimana kita harus memahami isi tabel/ teks/ grafik/ diagram sesuai dengan konteks pada teks

b. Simpulan logis, dimana kita harus membuat kesimpulan logis akan sesuatu yang akan mungkin terjadi berdasarkan teks

c. Penalaran analitik, dimana kita harus menganalisis dan menjawab soal berdasar pada data yang telah disediakan.

2. Pengetahuan Kuantitatif

Ada empat jenis soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif, yaitu:

a. Pilihan ganda untuk soal logika dasar atau Matematika level dasar

b. Pertanyaan dengan informasi pilihan (1), (2), (3), dan (4) 

c. Pertanyaan dengan dua informasi, dimana kita harus menganalisis informasi (analisis kecukupan data) yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan

d. Analisis perbandingan dua nilai, berupa suatu informasi dengan dua variabel dimana kita harus menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut (kita harus mencari nilai salah satu variabel berdasarkan variabel yang lainnya dan informasi yang diberikan).

3 Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Ada empat jenis soal TPS UTBK pada bagian ini, dengan dua jenis soal dalam Bahasa Inggris dan dua jenis soal yang lain dalam Bahasa Indonesia.

a. Pada soal Bahasa Inggris, kita diharuskan untuk memahami inti bacaan dan kemudian membuat kesimpulan berdasar pada informasi di teks.

b. Pada soal Bahasa Indonesia, kita menghadapi soal-soal tentang ide pokok, kelebihan dan kelemahan paragraf, simpulan, penulisan kata, hubungan antarparagraf, makna kata, tanda baca, kata ganti, konjungsi, dan kalimat efektif.

4 Memahami Bacaan dan Menulis

Jenis soal TPS UTBK pada bagian ini terdiri dari dua topik, yaitu:

a. Pemahaman isi bacaan, dimana kemampuan kita untuk membaca dan memahami teks secara utuh diuji

b. Penalaran kebahasaan yang menguji pemahaman kita akan kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia secara benar dan baik.

 

Materi TPS/ Tes Potensi Skolastik

Setiap materi TPS UTBK memiliki tujuan pengukurannya masing-masing. Pada keempat jenis soal TPS UTBK di atas, berikut ini cakupan materinya.

1 Penalaran Umum

Materi TPS UTBK ini mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan kita dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis (masuk akal). Kita harus memahami bagaimana memperoleh informasi tak hanya dari paragraf atau teks, tapi juga dari kurva, grafik, dan tabel.

2. Pengetahuan Kuantitatif

Materi TPS UTBK ini mengukur kemampuan matematis sederhana dan pemahaman konsep Matematika kita, terutama dalam kerangka pemikiran yang terstruktur dan logis matematis. Materi kuantitatif mencakup aljabar, logika, peluang, statistika, dan geometri.

3 Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Materi TPS UTBK ini dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kita perlu memperluas wawasan dengan berbagai bacaan untuk mengetahui lebih banyak antonim, sinonim, idiom, dan PUEBI.

4 Memahami Bacaan dan Menulis

Materi TPS UTBK ini mengukur kemampuan kita di bidang bahasa dan logika verbal. Kita harus memahami inti paragraf, pesan tersiratnya, dan kesimpulannya.

 

Contoh Soal TPS UTBK

(1) Banjir rob yang terjadi selama 20 tahun terakhir telah [...] dua dusun di Demak, Jawa Tengah, membuat lebih dari 200 kepala keluarga terpaksa pindah. (2) Namun keluarga Pasijah memutuskan bertahan. (3) Perempuan paruh baya yang akrab disapa Pasijah itu mengayuhi dayung sampan yang selama beberapa tahun terakhir dipakainya untuk bepergian. (4) Air laut yang mengepung rumah membuatnya harus menggunakan sampan kemanapun, [...] ketika sekadar harus ke pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari, serta mengantar anaknya ke sekolah. (5) Keluarga Pasijah adalah satu-satunya keluarga yang bertahan di Dusun Rejosari Senik, Desa Bedono, Demak, Jawa Tengah.

Judul yang paling tepat untuk melengkapi tulisan di atas adalah....

A. Banjir rob yang berimbas terhadap kehidupan masyarakat

B. Efek banjir rob terhadap lingkungan

C. Suka dan duka di tengah musibah

D. Kisah keluarga yang bertahan sendirian di tengah desa yang tenggelam

E. Keluarga yang tenggelam karena banjir

Pembahasan:

Ide pokok teks tersebut terdapat dalam kalimat pertama yang membahas tentang dampak bencana banjir. Berikutnya teks membahas tentang kondisi keluarga Pasijah yang tetap bertahan meskipun keadaan rumah yang hampir tenggelam. Jadi, judul yang paling sesuia dari penggalan bacaan tersebut adalah “Kisah keluarga yang bertahan sendirian di tengah desa yang tenggelam”.

(soal TPS UTBK Aku Pintar)

260

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet