APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tips Belajar agar Jago Public Speaking

Public speaking adalah salah satu keterampilan penting yang mutlak untuk dipelajari dan dikuasai.

cara public speaking, Photo by Alexandre Pellaes on Unsplash

Cara jago public speaking itu bagaimana, sih? Masa tiap kali presentasi kelompok di depan kelas, ngomongnya belibet terus? Semua yang udah disiapin untuk disampaikan tetiba menguap tak berbekas dari kepala. Hayo, siapa yang sering ngerasain kayak gini? Tenang, Sobat Pintar. Kamu enggak sendiri. Jujurly, sebenarnya semua orang juga pernah ngerasa gugup ketika harus berbicara di depan banyak orang.

 

Kenapa Public Speaking Itu Penting dan Apa Manfaatnya?

cara public speaking bagi pemula
Photo by Cathryn Lavery on Unsplash

Berbicara di depan audiens, teman-teman sekelas sekalipun, enggak selalu mudah dilakukan. Berbicara di depan audiens atau public speaking adalah seni dalam bertutur yang efektif dengan tujuan untuk menyampaikan pesan, informasi, atau ide-ide secara efektif. Nah, di situlah tantangannya, Sobat.

Kemampuan kita untuk menyampaikan sesuatu secara efektif sebenarnya merupakan keterampilan yang penting, baik dalam ranah pribadi maupun profesional. Pernah ga, kamu mengungkapkan perasaan atau keinginanmu sama kakak atau bestie-mu? Meskipun audiensmu sedikit, apa yang kamu lakukan itu bisa dibilang sebagai salah satu cara belajar public speaking secara mandiri. Asal kamu tau, public speaking yang baik dapat digunakan untuk menginspirasi, memotivasi, bahkan memengaruhi orang lain. Bayangkan saat bekerja nanti kamu harus meyakinkan klien, rekan kerja, atau atasan. Kalau public speaking-mu jago, bukankah kamu dapat membuat mereka menyepakati idemu dengan lebih mudah, Sobat?

Manfaat lain dari public speaking adalah meningkatkan rasa percaya diri. Saat latihan public speaking sendiri, misalnya, kita punya kesempatan untuk merencanakan, mengorganisasi, dan menyampaikan pesan dengan lebih jelas dan terstruktur. Lama-kelamaan, keterampilan kita dalam berkomunikasi akan semakin baik. Kita pun akan menjadi lebih percaya diri saat harus berbicara dan tampil di depan audiens yang lebih banyak.

 

Apa Saja yang Harus Dimiliki oleh Seorang Pembicara di Depan Umum?

cara public speaking yang baik
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Belajar public speaking sebenarnya mencakup banyak aspek, enggak cuma soal kepercayaan diri kita sebagai pembicara yang berdiri di depan banyak orang. Ada beberapa kualitas di bawah ini yang sebaiknya kita miliki, Sobat Pintar.

- Memiliki kepercayaan diri. Kita butuh rasa percaya diri kita yang kuat biar enggak terlalu gugup dan tegang.

- Menjadi pendengar yang baik. Kita butuh kemampuan ini agar dapat merespons pertanyaan atau komentar, menangkap isyarat nonverbal, dan menjaga interaksi audiens.

- Adaptif dengan situasi dan audiens. Sebagai pembicara, kita harus bisa "membaca" audiens, bahkan mungkin menyesuaikan dengan gaya bicara mereka.

- Empati dan terbuka. Pahami perspektif dan perasaan audiens. Bersikaplah terbuka terhadap tanggapan dan pertanyaan dari audiens.

 

Apa Saja Tips Penting saat Berbicara di Depan Umum?

cara melatih berbicara dengan lancar
Photo by Syauqy Ayyash on Unsplash

Begitu berdiri di depan audiens, ada beberapa hal sekaligus yang semestinya dapat kita tunjukkan. Ingat-ingat lima tips jago public speaking di bawah ini, Sobat.

1. Kuasai Materi

Ngomongin soal public speaking, persiapan adalah koentji. Belajar dan pahami dengan mendalam tentang topik yang dibicarakan. Jangan tanggung meriset materi yang dibutuhkan dan cermati isu-isu yang relevan. Saat belajar public speaking, kita juga belajar mengatur pesan dalam urutan yang logis dan mudah diikuti. Bila relevan, bangunlah narasi. Cerita yang tepat dapat mendukung dan memperkuat pesan yang disampaikan, sehingga audiens merasa lebih terlibat dan dapat mengingat informasi dengan lebih baik.

2. Jaga Komunikasi

Mata adalah jendela hati. Menjaga kontak mata dengan seluruh audiens bisa jadi merupakan public speaking tips and tricks yang terpenting. Apa yang disampaikan melalui mata dapat membangun ikatan emosional dengan audiens dan menunjukkan kepercayaan diri kita sebagai pembicara. Semakin kita bisa relate dengan audiens, semakin mudah buat audiens untuk menerima pesan yang disampaikan.

3. Ekspresi dan Intonasi yang Pas

Salah satu cara public speaking yang baik adalah dengan mengizinkan audiens menangkap emosi dan perasaan kita sebagai pembicara, baik itu gembira, prihatin, atau yang lainnya. Apa yang kita rasakan sebenarnya datang dalam satu paket dengan pesan yang disampaikan. Tunjukkan ekspresi wajah, gerakan tangan, dan bahasa tubuh lainnya dengan tepat.

4. Berbicara dengan Artikulasi yang Jelas

Saat benar-benar berdiri di depan audiens, terkadang kita kesulitan berbicara dengan lancar. Namun dengan latihan public speaking sendiri, kita dapat melatih kemampuan berbicara, menyampaikan, atau mengomunikasikan sesuatu dengan jelas dan mudah dimengerti. Jangan berbicara terlalu cepat. Kita juga harus menggunakan bahasa maupun jargon yang tepat, dipahami oleh audiens, dan sesuai dengan situasi.

5. Berlatih

Mungkin kamu masih mengeksplorasi alternatif cara public speaking bagi pemula. Enggak apa-apa, Sobat. Kita masing-masing punya kepribadian dan gaya yang berbeda. Namun cara melatih public speaking yang umum digunakan oleh banyak orang adalah dengan berbicara di depan kaca. Lebih bagus lagi bila kita bisa membuat rekaman video sendiri. Tujuannya adalah agar kita bisa melihat bagaimana postur, bahasa tubuh, serta nada suara selama berbicara. Ketika melihat diri sendiri dari kacamata audiens melalui video, kita akan menemukan hal-hal yang perlu dikoreksi yang sebelumnya mungkin tak sepenuhnya disadari.

 

Apa Saja Contoh Kegiatan Public Speaking?

bagaimana cara jago public speaking yang cepat
Photo by Kane Reinholdtsen on Unsplash

Sebagai referensi latihan, kamu bisa mengamati beberapa macam public speaking yang dapat dengan mudah dijumpai di sekitarmu, Sobat Pintar. Bila ada lomba public speaking atau debat, hadirlah sebagai penonton dan amati bagaimana setiap peserta berbicara maupun berargumentasi di depan juri dan audiens. Kamu juga bisa mengamati cara public speaking di podcast atau vlogging, bagaimana host mengomunikasikan ide, informasi, atau hiburan kepada audiens secara online. Kalau mau, kamu juga bisa mengamati pidato politik, ceramah keagamaan, pidato pernikahan, talk show, ataupun webinar.

 

Kapan Harus Berlatih Public Speaking?

cara latihan public speaking sendiri yang mudah
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Public speaking adalah keterampilan yang dapat ditingkatkan dengan latihan dan pengalaman, jadi kita enggak perlu menunggu momen khusus untuk mulai berlatih. Justru presentasi di depan kelas bisa menjadi cara belajar public speaking secara langsung.

Lebih baik lagi bila kita bisa berlatih dengan mentor. Seorang mentor atau guru dapat memandu dan mengoreksi banyak hal detail selama kita belajar public speaking. Di Kelas Jago Public Speaking, misalnya, tersedia kelas belajar public speaking pemula sampai terampil. Mentor atau guru di kelas nonformal seperti ini dapat membimbing dan mengajarkan cara melatih berbicara dengan lancar di depan audiens.

Public speaking adalah keterampilan yang tak ternilai dalam berbagai aspek kehidupan kita. Dengan belajar public speaking, kita belajar bagaimana berbicara dengan jelas, bahkan meyakinkan dan memengaruhi orang lain. Tau ga, Sobat Pintar, orang yang jago public speaking itu ibaratnya memegang kunci untuk membuka pintu kesuksesan dalam karier, pendidikan, dan hubungan pribadi. Makanya, yuk belajar public speaking sekarang!

180

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog