APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tips Belajar Mandiri Ala Maudy Ayunda

Cara belajar yang tepat dapat membawa hasil yang lebih baik.

Tips Belajar Mandiri Ala Maudy Ayunda, image via thecoffeeandcurls.com

Siapa sih, yang tak ingin kuliah di Oxford? Apalagi, kalau setelah kuliah S1 di Oxford, masih dilanjutkan lagi kuliah S2 di Stanford. Yes, you're right. Kita sedang membahas tentang Maudy Ayunda, sosok muda berprestasi yang sangat inspiratif.

Bukan hanya tentang tempatnya menuntut ilmu, tapi yang lebih penting adalah kita juga dapat mencontek bagaimana seorang Maudy Ayunda dapat berprestasi sedemikian cemerlang. Lebih tepatnya, bagaimana caranya belajar hingga Maudy Ayunda memiliki kualitas yang mengantarkannya ke Oxford dan Stanford?

 

1. Fokus pada Materi Pelajaran yang Masih Kurang Dipahami

Jangan mengira Maudy Ayunda adalah sosok yang jenius dan serba bisa tanpa cela. Bagi seorang alumnus Oxford dan lolos menjadi mahasiswa Stanford, tetap saja ada materi tertentu yang dirasa lebih sulit dipahami ketimbang materi pelajaran yang lain.

Lantas apa yang dilakukannya? Gadis tekun ini selalu mencari dimana letak kelemahan dan kekurangannya dalam belajar. Baginya, cara ini cukup efektif karena Maudy Ayunda tak perlu mengulang seluruh materi pelajaran. Melainkan, ia hanya perlu mengulang bagian-bagian yang belum dipahami saja. Bisa dicoba saat menghadapi ujian, Sobat?

 

2. Membaca Buku Pelajaran dengan Cepat

Salah satu tips belajar Maudy Ayunda adalah membaca cepat atau skimming. Dengan teknik skimming, kita membaca bagian-bagian penting sebuah buku untuk mengetahui isinya secara umum. Isi buku dapat kita lihat pada bagian daftar isi, judul, subjudul, paragraf-paragraf awal, maupun paragraf akhir.

Teknik skimming berguna saat kita ingin mencari informasi terpenting dari sebuah buku tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Lantas, apa kita bisa memahami materi pelajaran dengan membaca cepat? No, you don't read one book only for one subject. 

Misalnya, Sobat membaca buku A dengan teknik skimming. Tandai bagian-bagian yang tak dipahami sambil tetap melanjutkan membaca dengan cepat. Setelah selesai sampai akhir buku, kembalilah pada bagian yang ditandai tadi. Baca ulang bagian tersebut sampai paham.

Bila masih belum dipahami, mungkin jawaban yang dicari ada pada buku B. Maka, bacalah buku B dengan teknik scanning, yaitu mencari satu informasi spesifik tentang materi tertentu dari buku A tadi. Begitulah seterusnya, hingga mungkin Sobat membutuhkan beberapa buku untuk memahami satu materi saja.

 

3. Periksa Kembali Pekerjaan Rumah, Tugas, atau Ujian yang Telah Dinilai

Berapa kali Sobat memeriksa jawaban pada lembar tugas, pekerjaan, rumah, atau ujian yang telah dinilai oleh guru? Maudy Ayunda selalu memeriksa ulang jawabannya, terutama pada jawaban yang salah. Kemudian, ia mencari tahu dimana letak kesalahannya, terus mempelajarinya, hingga akhirnya memahami materi tersebut.

Alih-alih fokus pada jumlah nilai, kita dapat menggunakan penilaian guru sebagai tolok ukur pemahaman kita atas suatu materi pelajaran. Ketika jawaban yang kita berikan sudah benar, artinya kita sudah memahami materi pelajaran. Tapi bila jawaban tersebut salah, berarti masih ada pemahaman kita yang kurang.

Nah, yang perlu kita lakukan adalah memperbaiki kekurangan tersebut. Ibarat sebuah puzzle, materi yang masih belum kita pahami tersebut adalah sekeping puzzle yang masih belum terpasang pada tempatnya. Sedangkah materi-materi lain yang telah kita pahami adalah keping-keping puzzle yang telah tertata rapi dan menggambarkan lukisan yang sesuai.

Bukankah saat bermain puzzle, kita ingin agar semua kepingan terpasang rapi? Begitulah bila kita memahami seluruh materi pelajaran. Dengan menggunakan cara Maudy Ayunda yang fokus pada kekurangannya, berarti kita sedang berusaha meletakkan kepingan puzzle yang belum terpasang pada tempatnya.

 

Meskipun demikian, mengutip Maudy Ayunda, cara belajar setiap orang berbeda. Begitu pula dengan cara belajar Sobat Pintar. Bila Sobat lebih suka belajar secara mandiri, cara Maudy Ayunda ini bisa dicontek, lho.

1190

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
Thanks. Butuh lebih banyak tips2 belajar kayak gini lagi
00
makasih buat Kaka Kaka yang udah ngeinspirasi aku buat jadi giat belajar
00
Diperbanyak lagi yahhh tips belajarnyaa, biar lebih termotivasi lagiii :)
00
inspiratif:)
00
inspiratif banget makasih
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog