APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tips dan Trik Public Speaking guru Supaya Mengajar Lebih Prima

Guru lebih percaya diri di depan siswa dengan keterampilan public speaking yang baik

Foto oleh 祝 鹤槐 dari Pexels

Keterampilan public speaking atau keterampilan berbicara di depan umum merupakan salah satu soft skill penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk guru. Kemampuan ini dapat membantu seseorang membangun hubungan yang erat, berkomunikasi dengan baik dan jelas, serta meningkatkan kepercayaan diri ketika menyampaikan gagasan. 

Pentingnya keterampilan berbicara bagi seorang guru supaya ketika menyampaikan materi pelajaran, siswa dapat menangkap pesan dan informasi dengan mudah karena guru dapat berkomunikasi dengan efektif dan efisien. Dengan kata lain, keterampilan public speaking  yang baik akan membuat guru percaya diri dan mampu menyampaikan informasi atau materi dengan optimal.

Manfaat public speaking bagi guru antara lain sebagai berikut:

Guru lebih percaya diri di depan siswa dengan keterampilan public speaking yang baik
Foto oleh ICSA dari Pexels

1. Guru Pintar mampu berbicara dengan lebih terstruktur dan terarah. Potensi Guru Pintar tiba-tiba blank atau berbicara di luar topik sangat kecil karena dalam public speaking diajarkan bagaimana membuat materinya termasuk materi pembuka, materi inti, dan materi penutup. Dengan demikian, Guru Pintar dapat berbicara di depan umum dengan lebih santai.

2. Guru Pintar mampu berbicara di berbagai forum selain kelas. Sebagai seorang guru, pasti akan ada kesempatan bagi Guru Pintar untuk berbagi pengalaman dan juga praktik baik mengajar di forum guru. Komunitas guru, dan lain sebagainya.

3. Guru Pintar akan merasa lebih percaya diri saat berbicara di depan umum karena sudah memiliki tips dan trik public speaking guru.

Untuk dapat mengasah kemampuan public speaking, diperlukan latihan-latihan atau bahkan kursus. Tidak dapat dipungkiri, sampai saat ini tak sedikit guru yang masih kesulitan dalam mengajar atau merasa gugup ketika menyampaikan materi di depan kelas, khususnya guru-guru muda yang baru memulai karir mengajar. Hal tersebut dapat membuat penyampaian materi jadi tidak maksimal dan siswa juga sulit menangkap materi yang diajarkan. Nah, supaya tidak gugup saat mengajar dan agar guru percaya diri ketika berbicara di depan kelas, ikuti cara Tips dan trik public speaking berikut ini:


Foto oleh fauxels dari Pexels

1. Kuasai Materi yang Akan Disampaikan

Tenaga pengajar harus bisa public speaking supaya mampu menyampaikan materi pelajaran dengan baik. Supaya mampu menyampaikan materi dengan baik, Guru Pintar harus mampu menguasai materi yang akan diajarkan dengan baik. Salah satu penyebab Guru Pintar merasa gugup atau grogi ketika berbicara di depan umum adalah karena tidak menguasai materi baik sehingga bingung apa yang harus dibicarakan. Untuk menghindari hal tersebut, sebelum memulai mengajar, Guru Pintar harus benar-benar yakin sudah menguasai materi yang akan diajarkan. Siswa akan mengalami kesulitan untuk memahami materi pelajaran jika guru yang menerangkannya juga tidak mengerti secara penuh materi yang dijelaskannya.

Selain materi inti yang dikuasai, sangat penting juga bagi Guru Pintar untuk menyampaikan  aspek WHY atau mengapa siswa harus mempelajari materi tersebut. Siswa perlu tahu apa manfaat yang didapat setelah mempelajari yang diajarkan supaya mereka tetap termotivasi untuk belajar. Akan lebih baik lagi jika Guru Pintar menghubungkan materi pelajaran dengan kondisi masa kini atau keadaan di dunia nyata supaya lebih mudah dimengerti siswa. Kaitkan manfaat materi yang sedang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari atau dengan masa depan. Hal ini akan menunjukkan kesiapan guru dalam mengajar dan menguasai materi sehingga semua pelajaran akan tersampaikan dengan baik.

2. Jadilah Teman Bagi Siswa

Salah satu public speaking tips yang perlu dilakukan Guru Pintar saat mengajar adalah menjadi teman bagi siswa. Hal ini supaya komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa tidak terlalu kaku dan formal. Siswa akan merasa lebih dekat dengan gurunya sehingga mereka lebih terbuka dan Guru Pintar lebih mudah menggali informasi tentang kebutuhan siswa dalam menerima materi, karakteristik siswa, dan gaya belajar siswa. Dengan demikian siswa merasa lebih nyaman dan lebih mudah memahami materi atau informasi yang disampaikan oleh Guru Pintar. 

Ketika berbicara atau berdiskusi dan dengan siswa jangan segan-segan untuk mengajukan pertanyaan dan memberi apresiasi baik kepada siswa yang bisa menjawab dengan aktif maupun yang pasif. Berkomunikasi dengan siswa di kelas juga menjadi cara melatih public speaking untuk guru, lho!

3. Gunakan Media Pembelajaran atau Alat bantu Lainnya

Belajar public speaking bagi guru tidak hanya sekedar berbicara. Setelah membuat persiapan yang matang, hal lain yang dapat menunjang performa Guru Pintar dalam menyampaikan materi atau informasi kepada siswa adalah media pembelajaran. Guru Pintar dapat memanfaatkan teknologi dan melakukan demonstrasi supaya kelas lebih menarik dan tidak monoton. Persiapkan cerita – cerita yang menarik dan inspiratif yang dapat membuat siswa penasaran sehingga mereka merasa tertarik dan antusias dengan materi yang akan diajarkan. Media pembelajaran yang dapat Guru Pintar gunakan misalnya power point, alat peraga, gambar, dan lain sebagainya.

4. Jaga Kontak Mata dan Cara Berbicara

Dalam melakukan public speaking, sangat penting bagi Guru Pintar untuk selalu menjaga kontak mata dengan siswa dan juga cara berbicara yang meliputi intonasi dan juga penekanan-penekanan pada hal-hal penting yang harus diketahui siswa. Jangan sekali-sekali berbicara sambil membelakangi siswa atau sambil menghadap papan tulis. Kontak mata akan dapat membangun hubungan yang baik antara siswa dan guru karena siswa merasa bahwa terlibat dalam pembelajaran, diajak bicara, dan merasa diperhatikan oleh gurunya. Hasilnya adalah siswa juga akan lebih memperhatikan guru dan fokus pada pelajaran.

Cara berbicara guru, selain intonasi yang harus diperhatikan juga adalah volume dan nada bicara. Ketiga aspek ini akan dapat dampak yang besar bagi public speaking guru. Jika Guru Pintar menggunakan volume suara terlalu rendah atau pelan akan membuat siswa kesulitan mendengar dan menangkap informasi yang disampaikan. Sebaliknya, jika volume terlalu keras dan berapi-api siswa akan merasa terintimidasi dan kurang nyaman. Permainan intonasi dan nada bicara akan menjauhkan rasa bosan dan jenuh bagi siswa mendengarkan penjelasan Guru Pintar.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Cara melatih public speaking supaya dapat berbicara dengan nyaman di depan umum selain empat poin di atas, hal lain yang harus diperhatikan adalah menggunakan pakaian dan aksesoris yang nyaman bagi Guru Pintar. Penampilan Guru Pintar saat berbicara di depan kelas juga dapat menjadi faktor yang meningkatkan kepercayaan diri guru. Untuk itu, pilihlah pakaian yang nyaman, enak dilihat, dan sopan ketika mengajar mengajar atau menjadi pembicara dalam forum-forum lainnya.

6. Perhatikan Gesture

Selain kontak mata dan cara bicara, Guru Pintar harus memperhatikan gesture atau bahasa tubuh ketika sedang berbicara. Contoh gesture yang membuat public speaking guru sukses antara lain: postur tubuh; gerakan tangan dan jari; gerakan kepala; dan pergerakan atau perpindahan posisi saat berbicara. Tetapi jangan berlebihan juga ketika menggunakan gesture ya, Guru Pintar. Alih-alih membuat siswa fokus, malah akan membuat siswa terdistraksi dengan gerakan-gerakan berlebihan yang Guru Pintar tunjukkan.

Demikian tips dan trik public speaking guru. Melatih public speaking untuk guru tidak bisa instan. Dibutuhkan waktu dan latihan yang berkelanjutan untuk membangun keterampilan public speaking yang baik. Manfaatkan forum guru seperti MGMP dan komunitas-komunitas guru sebagai ajang berlatih public speaking. Jika memungkinkan, Guru Pintar juga dapat mengikuti pelatihan-pelatihan public speaking yang diselenggarakan baik untuk guru maupun untuk umum.



 

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog