redesain-navbar Portlet

null

Blog

Universitas di Luar Jawa: Ini Rekomendasi Terbaik Buatmu

Banyak kampus di Indonesia, tak hanya di Pulau Jawa, yang memiliki reputasi dan kualitas perkuliahan yang baik. 

rekomendasi kampus luar jawa, Photo by Albert Vincent Wu on Unsplash

Kampus di Indonesia itu enggak cuma di Pulau Jawa, loh. Pastinya, Sobat Pintar tak perlu dikasih tau lagi kalau perguruan tinggi di luar Pulau Jawa itu punya kualitas yang tak bisa dipandang sebelah mata. Sayangnya, kalau boleh jujur, kita suka lupa deh, kalau di luar Pulau Jawa masih ada universitas-universitas bagus, baik negeri maupun swasta.

universitas negeri luar jawa
Photo by Richard Cabusao on Unsplash

Nah, spesial pakai telur (telurnya cari di dapur masing-masing, ya!), kali ini kita cari tau apa saja rekomendasi kampus luar Jawa buat Sobat Pintar yang akan segera masuk kuliah. Ini dia, lebih dari lima kampus terbaik di luar Pulau Jawa versi Aku Pintar.

 

1. Universitas Hasanuddin

Unhas adalah salah satu universitas negeri luar Jawa, tepatnya di Sulawesi Selatan, yang berada dalam klaster 1 daftar perguruan tinggi Ditjen Dikti Kemdikbud 2020. Kampusnya di Kota Makassar menaungi 15 fakultas jenjang Sarjana, yang bahkan lebih banyak daripada jumlah fakultas di kebanyakan universitas yang ada di Pulau Jawa.

Beberapa jurusan favorit di Unhas yaitu Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Arkeologi, Kehutanan, Ilmu Gizi, Pendidikan Dokter Gigi, dan Pendidikan Dokter. Selengkapnya tentang ragam jurusan kuliah universitas di Makassar ini dapat dibaca di sini.

 

2. Universitas Andalas

Unand juga berada dalam klaster yang sama dengan Unhas. Bahkan, keduanya pun memiliki jumlah fakultas yang sama di jenjang Sarjana. Sama-sama berstatus sebagai universitas negeri luar Jawa dengan akreditasi institusi A dari BAN-PT, lokasi kampus Unand dan Unhas berjauhan. Tepatnya, kampus Unand berada di Kota Padang, Sumatra Barat. Jurusan-jurusan favorit di Unand antara lain Manajemen, Kedokteran, Farmasi, dan Ilmu Hukum.

 

3. Universitas Sumatera Utara

Lebih dikenal dengan nama pendeknya, USU, universitas di Medan ini turut menjadi bagian dari klaster 1 daftar perguruan tinggi Ditjen Dikti Kemdikbud 2020. Tak heran, USU juga punya akreditasi A BAN-PT, bahkan jumlah fakultas yang sama dengan yang dimiliki oleh dua universitas di luar Jawa sebelumnya.

Apa saja jurusan favorit di USU? Beberapa diantaranya yaitu Sastra Inggris, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Administrasi Publik, Manajemen, Ilmu Politik, Biologi, Arsitektur, Antropologi Sosial, serta Ilmu dan Teknologi Pangan. Seluruh jurusan kuliah di USU dan akreditasinya dapat dibaca di sini.

 

4. Universitas Udayana

Universitas negeri di Bali ini termasuk satu dari 10 perguruan tinggi dengan skor indikator input terbaik se-Indonesia versi Ditjen Dikti Kemdikbud 2020. Artinya bila nanti menjadi mahasiswa Unud, Sobat Pintar bakal bertemu dengan banyak dosen yang telah menyelesaikan pendidikan S3, Guru Besar, dosen praktisi di dunia industri, dan mahasiswa internasional.

Punya jurusan incaran di Unud, Sobat? Jurusan-jurusan favorit di universitas negeri luar Jawa ini antara lain Ilmu Hukum, Fisika, Peternakan, Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, dan Agroekoteknologi.

 

5. Universitas Syiah Kuala

Unsyiah adalah sebuah universitas di Aceh, satu dari 10 kampus di Indonesia yang memiliki skor indikator proses terbaik menurut Ditjen Dikti Kemdikbud. Selain akreditasi institusi dan program studi yang Unggul dari BAN-PT, skor tersebut menunjukkan bahwa universitas negeri luar Jawa ini memiliki perkuliahan daring yang baik, sudah menjalankan Program Merdeka Belajar, dan memiliki kerja sama dengan DUDI maupun NGO.

Meskipun sebagian besar jurusan kuliah di Unsyiah sudah sekeren itu, tetap saja ada jurusan-jurusan yang lebih difavoritkan seperti Informatika, Manajemen, Ilmu Hukum, Pendidikan Dokter, dan Farmasi. Siap mengejar impianmu sampai ke universitas di Aceh ini, Sobat?


Photo by Dollar Gill on Unsplash

Meskipun tak menjadi bagian dari top ten-nya Ditjen Dikti Kemdikbud 2020, masih banyak kampus terbaik di luar Pulau Jawa versi Aku Pintar yang lain. Universitas Sriwijaya, misalnya, adalah universitas di Palembang yang paling difavoritkan oleh calon mahasiswa yang ingin kuliah di Sumatra Selatan. Di Bandar Lampung ada Universitas Lampung. Universitas di Lampung ini adalah sebuah universitas negeri luar Jawa yang juga telah mengantongi akreditasi institusi A dari BAN-PT.

Rekomendasi kampus luar Jawa di atas adalah universitas-universitas negeri. Bagaimana dengan universitas swasta luar Jawa? Kita ke Kepulauan Riau yuk, Sobat. Sebagian besar universitas di Batam, seperti Universitas Internasional Batam, Universitas Batam, dan Universitas Putera Batam adalah universitas swasta. Satu-satunya perguruan tinggi negeri di Kota Batam adalah Politeknik Negeri Batam.

Ternyata banyak banget kan, pilihan perguruan tinggi di luar Pulau Jawa. Siapa nih, Sobat Pintar yang berencana kuliah di salah satu universitas di atas? Tunjuk tangan!

40

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet