PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Universitas Jenderal Soedirman, photo via z47d.wordpress.com

Universitas Jenderal Soedirman – Kampusnya Di Mana-Mana!

Unsoed terdiri dari beberapa fakultas yang berada di lokasi berbeda.

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah adalah Universitas Jenderal Soedirman. Dikenal pula sebagai Unsoed, PTN ini tepatnya berlokasi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Sobat Pintar tak asing dengan pahlawan nasional Jenderal Soedirman, bukan? Nah, nama PTN ini memang diambil dari kabupaten di mana Sang Jenderal Besar dilahirkan.

Sebagai salah satu dari 10 PTN terfavorit di Indonesia, kompetisi masuk Unsoed tak bisa dibilang mudah, Sobat. But for now, let's find out more about the faculties and deparments – all of which are in separate locations.

 

Kampus Grendeng

Lokasi kampus pusat Unsoed ini berada di Kelurahan Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara. Di sini ada Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, dan Fakultas Hukum.

FEB Unsoed terdiri dari Jurusan Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, Akuntansi, dan Pendidikan Ekonomi. Alumni fakultas ini ada yang bekerja sebagai tenaga pendidik, finance accountant, konsultan pajak, auditor, bahkan menjadi entrepreneur.

FISIP Unsoed memiliki Jurusan Sosiologi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, dan Ilmu Politik. Profesi alumni, seperti diplomat, jurnalis, videographer, pegawai pemerintah, atau akademisi, turut dipengaruhi oleh latarbelakang keilmuan jurusannya masing-masing.

FH Unsoed menaungi Jurusan Ilmu Hukum. Tentu Sobat Pintar sudah familiar dengan profesi-profesi para Sarjana Hukum, bukan?

Selain ketiga fakultas diatas, di Kampus Grendeng juga terdapat Jurusan Ilmu Kelautan serta Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia. Padahal, Sobat tahu di mana lokasi fakultas kedua jurusan tersebut?

 

Kampus Karangwangkal

Ilmu Kelautan serta Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia masing-masing merupakan bagian dari Fakultas Perikanan dan Kelautan serta Fakultas Ilmu Budaya. Kedua fakultas ini, bersama dengan kelima fakultas lain, berada di Kampus Karangwangkal, Purwokerto Utara.

Selain Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya juga menaungi Jurusan Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra Indonesia. Alumni fakultas ini ada yang menjadi tenaga pendidik, ahli bahasa, interpreter, jurnalis, dan lain sebagainya.

Sementara itu, di Fakultas Perikanan dan Kelautan ada Jurusan Ilmu Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perairan, dan Buridaya Perairan. Profesi entrepreneur dibidang maritim maupun peneliti menjadi tawaran menarik bagi alumni fakultas ini.

Kampus Karangwangkal juga menaungi Fakultas Biologi, Peternakan, Pertanian, MIPA, serta Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Fakultas Biologi dan Fakultas Peternakan masing-masing terdiri dari Jurusan Biologi dan Peternakan.

Fakultas Pertanian memiliki empat jurusan, yaitu Agroteknologi, Agribisnis, Teknik Pertanian, serta Ilmu dan Teknologi Pangan. Untuk FMIPA, Unsoed memiliki Jurusan Matematika, Fisika, dan Kimia.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan terdiri dari Jurusan Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Jasmani, Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat. Selain di Karangwangkal, kampus FKIH juga berada di dua lokasi terpisah yang lain.

 

Kampus Kalibakal

Kampus yang berada di wilayah Purwokerto Selatan ini khusus menyelenggarakan perkuliahan Jurusan Kedokteran Gigi saja. Praktikum dan laboratorium mahasiswa Kedokteran Gigi juga berlokasi di kampus ini.

 

Kampus Berkoh

Masih di wilayah yang sama, Purwokerto Selatan, terdapat Kampus Berkoh. Di sinilah terdapat ruang kuliah, perpustakaan, dan laboratorium komputer untuk mahasiswa Kedokteran.

 

Kampus Unsoed 21

Terletak di wilayah Blater, Purbalingga, kampus ini berjarak 21km dari kampus pusat, yaitu Kampus Grendeng di Purwokerto Utara. Karena jarak tersebut, kampus Fakultas Teknik ini juga disebut Unsoed 21. Di kampus ini terdapat Jurusan Teknik Informatika, Teknik Geologi, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro.

 

Itulah jurusan-jurusan Unsoed pada jenjang S1. Unsoed juga punya jurusan-jurusan terpisah untuk jenjang D3. Mau tahu apa saja? Sobat Pintar bisa melihatnya di Kampus Pintar. Have your downloaded the app on your smartphone, by the way?

Lebih masukan Blog

Kriminolog, Kurang Populer Tapi Dibutuhkan – Disini Kuliahnya

Sobat Pintar pernah melihat sosok Maman Suherman di televisi? Memang bukan tokoh idol atau...

Kuasai Soft Skills Ini sebelum Kuliah

Data dari Bappenas, kita akan mengalami bonus demografi antara tahun 2030 hingga 2040 nanti....

Menambah Komentar

H
Hilmia Audina 4 Bulan Lalu
triskati kampusnya juga dimana-mana
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru