APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

15 Universitas Swasta di Jakarta  - Kenali yang Terbaik

Jakarta memiliki universitas-universitas swasta dengan rekam jejak sebagai yang terbaik.

Universitas Swasta di Jakarta, photo by Katerina Holmes on Pexels

Ada banyak universitas swasta di Jakarta. Iya, dong! Tak hanya sebagai ibu kota negara, Jakarta juga kota pelajar kalau dilihat dari bejibunnya universitas swasta di kota ini. Dan lagi, kualitas universitas swasta di Jakarta nggak kalah sama universitas negeri.

Tapi seberapa kenalkah Sobat Pintar dengan universitas swasta? More importantly, seberapa kenalkah dengan universitas swasta di Jakarta? Yuk, kenalan sama 15 universitas swasta terbaik di Jakarta berikut ini.

 

Pengertian Universitas Swasta

Photo by Katerina Holmes on Pexels

Universitas swasta adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi, bahkan profesi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan. Sebagai penyelenggara pendidikan, universitas swasta merupakan badan hukum (biasanya yayasan) yang didirikan oleh masyarakat dan berprinsip nirlaba.

Begitu pula dengan universitas swasta di Jakarta, Sobat. Banyak kampus swasta di Jakarta yang didirikan oleh yayasan. Yayasan yang bersangkutan pulalah yang menyelenggarakan pendidikan di kampus swasta tersebut.

 

Perbandingan Kuliah di Universitas Negeri dengan Swasta

Photo by Ekaterina Bolovtsova on Pexels

Lantas, apa bedanya antara universitas swasta dan negeri? Yes, you guess it correctly, Sobat. Jika universitas swasta didirikan oleh masyarakat, maka universitas negeri didirikan oleh pemerintah. It's one sure thing.

Namun pendirian institusi pun sudah cukup memengaruhi penyelenggaraan pendidikan di suatu universitas. Misalnya, universitas negeri yang memperoleh dana pendidikan dari pemerintah memiliki keterbatasan fasilitas sehingga memengaruhi kuota penerimaan mahasiswa barunya.

Sebaliknya, pendanaan universitas swasta yang mandiri memungkinkannya untuk menyediakan fasilitas sesuai anggaran yang ada. Itulah sebabnya, ada beberapa kampus swasta di Jakarta yang memiliki fasilitas lebih baik ketimbang fasiltas pendidikan di sebagian kampus negeri.

 

Daftar 15 Universitas Swasta Terbaik DKI Jakarta 2021

Photyo by Monfocus on Pixaba

Then, which are the best private universities in Jakarta? QS World University Rankings telah merilis pemeringkatan kampus-kampus terbaik di Indonesia pada 2021. Lembaga Layanan Dikti wilayah III juga telah merilis klasterisasi universitas swasta terbaik di Jakarta 2020. Nah, inilah 15 universitas swasta terbaik di Jakarta untuk Sobat Pintar.

1. Universitas Bina Nusantara (Ubinus)

Universitas swasta di Jakarta ini berlokasi di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Dalam daftar Kemenristekdikti 2019, Universitas Bina Nusantara berada pada peringkat ke-20, dalam klaster II. Dalam daftar QS World University Rankings 2020, Ubinus berada di posisi kedua setelah Institut Teknologi Bandung.

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas swasta di Jakarta ini memiliki tiga lokasi kampus, yaitu di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Pluit, Jakarta Utara, dan Serpong, Banten. Unika Atma Jaya ketat mengawal Ubinus dengan berada pada peringkat ke-32 dalam klaster II Kemenristekdikti 2019.

3. Universitas Tarumanagara (Untar)

Universitas swasta di Jakarta ini adalah salah satu yang tertua. Kampusnya berada di tiga lokasi, yaitu di kawasan S Parman, Tanjung Duren Utara, dan TB Simatupang.

4. Universitas Pancasila

Kampus utama universitas swasta di Jakarta ini berlokasi di kawasan Serengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kampus Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat menjadi kampus khusus untuk pascasarjana.

5. Universitas Trisakti

Universitas swasta di Jakarta ini berada di kawasan Grogol, Jakarta Barat. Lokasi ini merupakan tumpuan harapan ketika Universitas Trisakti berdiri, yaitu sebagai penggerak pembangunan nasional.

6. Universitas Nasional

Inilah universitas swasta di Jakarta yang memiliki predikat sebagai perguruan tinggi kedua tertua di Indonesia. Lokasi kampusnya berada di kawasan Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

7. Universitas Mercu Buana (UMB)

Kampus utama universitas swasta di Jakarta ini berlokasi di kawasan Meruya, Jakarta Barat. Kampus lainnya di Jakarta terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dua kampus UMB berada di wilayah Jawa Barat, tepatnya di kawasan Depok dan Bekasi.

8. Universitas Esa Unggul

Universitas swasta di Jakarta ini berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala Mencerdaskan Bangsa. Lokasi kampusnya berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

9. Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN)

Kampus swasta di Jakarta ini dulu dikenal sebagai ATN atau STTN. Di bawah Yayasan Perguruan Cikini, ISTN merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia di bidang sains dan teknologi. Lokasi kampusnya berada di kawasaan Srengseng Sawah, Kota Jakarta Selatan.

10. Universitas Al Azhar Indonesia (UAI)

Universitas swasta di Jakarta ini berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Baru berdiri pada tahun 2000, UAI telah menuju Eco Campus. Lokasi kampus berwawasan lingkungan ini berada di kawasan Sisingamangaraja, Kota Jakarta Selatan.

11. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Kampus swasta di Jakarta ini merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang menyelenggarakan program D4 di Indonesia dengan gelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par). Kampusnya berlokasi di kawasan IKPN, Kota Jakarta Selatan.

12. Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta

Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (STFD) adalah kampus swasta di Jakarta Pusat, tepatnya di kawasan Cempaka Putih Indah. Nama kampus swasta ini diambil dari dari nama guru besar filsafat Universitas Indonesia dan IKIP Sanata Dharma yang mencita-citakan sebuah sekolah tinggi filsafat di Jakarta, yaitu Prof. Dr. Nicolaus Driyarkara, S.J.

13. Universitas Yarsi

Universitas swasta di Jakarta ini berlokasi di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Universitas swasta ini sedang membangun Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Yarsi dan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Yarsi.

14. Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

Universitas swasta di Jakarta ini merupakan salah satu dari jaringan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Kampusnya berlokasi di kawasan Limau, Kota Jakarta Selatan.

15. Universitas Bakrie

Yayasan Pendidikan Bakrie adalah penyelenggara pendidiikan di universitas swasta di Jakarta ini. Universitas Bakrie berlokasi di kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

 

Itulah 15 universitas swasta terbaik di Jakarta saat ini. Adakah salah satunya yang sudah menjadi incaranmu selama ini, Sobat?

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog