APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Universitas Terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings 2022

QS WUR merilis daftar urutan universitas terbaik di Indonesia.

peringkat universitas di indonesia, photo by Ann Nekr on Pexels

Sudah tahu mana-mana saja kampus terbaik di Indonesia pada rilis terbaru QS World University Rankings 2022, Sobat Pintar? Wajib banget nih, tahu referensi kampus terbaik di Indonesia kalau mau masuk kuliah. Ada 1001 alasan kenapa kita harus pilih-pilih kampus, yang salah satunya adalah kualitas perkuliahannya.

Kalau begitu, seperti apa peringkat universitas di Indonesia menurut QS WUR? Apa pula yang membuat ranking universitas berbeda-beda antara satu dengan yang lain? Let's find out, Sobat Pintar.

 

Pemeringkatan Kampus versi QS WUR

urutan universitas terbaik di indonesia

Photo by Monstera on Pexels

Bukan hanya di Indonesia, tetapi QS WUR menyediakan informasi tentang perguruan tinggi terbaik dunia. Harapannya, dengan informasi yang memadai tentang ranking universitas maka kita tahu lebih banyak tentang kampus incaran. Punya lebih dari satu kampus incaran dan ingin membandingkan reputasinya melalui ranking universitas? Bisa banget, Sobat.

Untuk itu, QS WUR mengukur enam metrik pada tiap-tiap kampus. Skor akhir yang diperoleh dari seluruh metrik tersebut menentukan ranking universitas. Diambil dari laman TopUniversities, keenam metrik yang diukur oleh QS WUR yaitu:

1. Academic Reputation (40%) diperoleh melalui survei yang melibatkan 130.000 responden. Survei ini bertujuan untuk mengetahui pendapat responden tentang perkuliahan dan kualitas penelitian universitas.

2. Employer Reputation (10%) diperoleh melalui survei dengan 75.000 responden. Mereka diminta untuk menentukan universitas, sebagai institusi yang mennyiapkan mahasiswa agar siap memasuki dunia kerja, yang menghasilkan lulusan paling kompeten dan inovatif.

3. Faculty/Student Ratio (20%) menunjukkan kualitas perkuliahan. QS WUR mengukur kualitas perkuliahan melalui rasio dosen/mahasiswa karena perbandingan keduanya dapat menunjukkan kemampuan kampus dalam memfasilitasi mahasiswa dengan perkuliahan yang bermakna bersama dosen.

4. Citations per faculty (20%) diukur dengan membagi jumlah total kutipan seluruh karya ilmiah dalam periode lima tahun dengan jumlah dosen. Pengkuran kutipan dilakukan dengan mempertimbangkan kultur pada tiap-tiap bidang karena kecenderungan publikasi ilmu-ilmu alam dan sosial biasanya berbeda.

5. International Faculty Ratio (5%),

6. International Student Ratio (5%) – Kehadiran dosen dan mahasiswa asing menunjukkan bahwa sebuah universitas memiliki international brand. Universitas bertaraf internasional mampu menghadirkan lingkungan multinasional, di mana dosen dan mahasiswa dari berbagai penjuru dunia saling berinteraksi satu sama lain. Lingkungan seperti ini memupuk dan mengembangkan soft skills mahasiswa yang di kemudian hari amat dibutuhkan di dunia kerja.

 

Kampus-Kampus Terbaik di Indonesia

ranking universitas

Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Urutan universitas terbaik di Indonesia pun diperoleh berdasarkan keenam metrik di atas. Berikut ini 16 kampus terbaik di Indonesia menurut QS World University Rankings 2022.

1. Universitas Gadjah Mada, peringkat universitas 254, skor total 38,3

2. Universitas Indonesia, peringkat universitas 290, skor total 35,1

3. Institut Teknologi Bandung, peringkat universitas 303, skor total 34,2

4. Universitas Airlangga, peringkat universitas 465, skor total 25,3

5. Institut Pertanian Bogor, peringkat universitas 511-520

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, peringkat universitas 751-800

7. Universitas Padjadjaran, peringkat universitas 801-1000

8. Universitas Bina Nusantara, peringkat universitas 1001-1200

9. Universitas Diponegoro, peringkat universitas 1001-1200

10. Telkom University, peringkat universitas 1001-1200

11. Universitas Brawijaya, peringkat universitas 1001-1200

12. Universitas Hasanuddin, peringkat universitas 1001-1200

13. Universitas Andalas, peringkat universitas 1201+

14. Universitas Muhammadiyah Surakarta, peringkat universitas 1201+

15. Universitas Sebelas Maret, peringkat universitas 1201+

16. Universitas Sumatera Utara, peringkat universitas 1201+

Itulah urutan universitas terbaik di Indonesia menurut QS World University Rankings 2022. Ada kampus incaranmu dalam QS ranking Indonesia ini, Sobat Pintar?

Congratulations deh, kalau kampus incaranmu sudah nongol dalam daftar QS World University Rankings 2022 dan menjadi salah satu dari perguruan tinggi terbaik dunia. Otherwise, barangkali kita perlu menyusun ulang kampus mana saja yang berada dalam daftar incaranmu.

Bagaimanapun juga, pilihan kampus tempat kuliah itu penting, loh. Tak hanya menimba ilmu, kita juga ingin mengasah skills dan memperkaya pengalaman dengan kuliah. Berada di tempat yang tepat, bersama orang-orang yang tepat dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, bukan? Itulah kenapa mengetahui urutan universitas terbaik di Indonesia terbilang penting. Semoga QS ranking Indonesia ini membantumu ya, Sobat.

 

 

 

Sumber:
www.topuniversities.com
110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
hehe
00
hehe
00
hehe
00
hehe
00
hehe
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog