APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Update: 5 Kampus Negeri dan Nilai UTBK untuk Seleksi Mandiri

Beberapa kampus negeri mengubah metode Seleksi Mandirinya.

Seleksi Mandiri, image credit I Putu Balda Yogi Pranata

Beberapa bulan yang lalu kita sudah mendapat informasi tentang digunakannya nilai UTBK untuk masuk PTN pada Jalur Mandiri. Sedianya, beberapa kampus negeri memang sudah merencanakan Jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK. But then, kita menghadapi pandemi yang mengharuskan berbagai penyesuaian di sana sini.

Begitu pula dengan Jalur Mandiri yang menggunakan nilai UTBK. Kita sudah mengantongi beberapa universitas yang menggunakan nilai UTBK untuk Jalur Mandiri 2020. Akan tetapi, sebagaimana jadwal UTBK yang berubah, apakah universitas-universitas tersebut masih menggunakan nilai UTBK untuk Jalur Mandirinya?

 

1. Seleksi Mandiri Institut Teknologi Bandung (SM ITB)

Kuota SM ITB mencapai 30% dari total daya tampung mahasiswa baru. Ada prioritas khusus bagi peserta SM ITB, yaitu mereka yang belum lolos SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi Kelas Internasional ITB. And yes, ITB termasuk sebagai salah satu PTN dengan Jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK.

Akan tetapi, nilai UTBK tidak menjadi satu-satunya acuan dalam SM ITB. Nilai rapor juga menjadi pertimbangan Seleksi Mandiri di kampus negeri ini. Dan khusus bagi pendaftar FSRD ITB, ada Tes Kemampuan Seni Rupa yang harus diikuti.

 

2. Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer Institut Pertanian Bogor (UTMBK IPB)

Sedianya, IPB menawarkan dua metode Seleksi Mandiri. Akan tetapi, karena diundurnya pelaksanaan UTBK serta pengumuman SBMPTN, IPB memutuskan untuk menggunakan satu sistem seleksi saja yaitu melalui UTMBK. Ujian tulis ini bersifat online dan akan dikerjakan dari rumah masing-masing peserta.

So, bye-bye Mandiri nilai UTBK 2020 di ITB! Sobat Pintar yang mempersiapkan UTMBK, perbanyak berlatih soal-soal Kemampuan Skolastik dan HOTS, ya! Pendaftaran ujiannya sendiri akan dimulai besok, 20 Juni sampai 7 Agustus 2020. Jangan sampai ketinggalan, Sobat!

 

3. Seleksi Kemitraan dan Mandiri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (SKM ITS)

Kuota SKM ITS masih belum berubah, yaitu sebesar 50% dari total daya tampung setiap jurusan. SKM pun tetap merupakan Jalur Mandiri yang menggunakan nilai UTBK di ITS. Selain nilai UTBK, SKM ITS dapat diikuti dengan menggunakan nilai rapor atau dengan mengikuti Tes Kemampuan Akademik.

TKA ITS dirancang untuk mengukur kemampuan spasial, logika, kuantitatif, dan verbal peserta – in other words, it's yours, Sobat! Pendaftaran TKA ITS sendiri dijadwalkan dalam dua gelombang, yaitu 15-28 Juni 2020 dan 20-29 Juli 2020. Tes akan dilaksanakan secara online, dan jangan lupa mendaftar dulu bila Sobat akan mengikutinya, ya!

 

4. Seleksi Mandiri Universitas Gadjah Mada

Siapa sih yang tak kenal UTUL (Ujian Tulis) UGM? Ujian ini sudah menjadi andalannya masuk UGM di Jalur Mandiri. Tapi tahun ini berbeda, Sobat. Karena pandemi pula, UGM menjadi salah satu universitas yang menggunakan nilai UTBK untuk Jalur Mandiri 2020.

Nilai UTBK dan nilai rapor digunakan oleh UGM untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya pada 2020 di Jalur Mandiri – baik untuk jenjang S1 maupun Sarjana Terapan/D4. Pendaftaran dijadwalkan mulai 15 Juli hingga 10 Agustus 2020. Perlu dicatat, penerimaan mahasiswa baru Sekolah Vokasi gelombang 2 ditiadakan.

 

5. Jalur Mandiri Universitas Padjadjaran

Menurut Rektor Unpad, Jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK – tanpa ada tes tambahan. Sebaliknya, Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) diselenggarakan secara daring dari rumah setiap peserta. Harus bagaimana menyikapi perbedaan ini, Sobat?

The only way to deal with it is by keeping yourself updated. Pada laman kampusnya, pengumuman pembukaan Jalur Mandiri (SMUP) dimulai pada tanggal 27 Juni 2020. Jika ini pilihanmu, pastikan untuk mengakses pendaftarannya, ya!

 

All in all, berbagai hal berubah pada masa pandemi seperti sekarang ini – termasuk pula jadwal dan metode Seleksi Mandiri di kampus-kampus negeri. Karena seleksi mahasiswa baru hanya berlangsung pada bulan-bulan ini, sebelum kalender akademik perkuliahan dimulai, jangan sampai ketinggalan update informasi tentang Jalur Mandiri pada kampus incaranmu ya, Sobat!

60

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog