APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

UTBK 2020 – Apa Saja yang Baru dan Berubah?

UTBK dan SBMPTN 2020 tetap dilangsungkan dengan beberapa perubahan.

UTBK 2020, image via alliedmedtraining.com

Revisi jadwal UTBK 2020 sudah dirilis oleh LTMPT. Pemberitahuan diundurnya jadwal UTBK yang terjadi sebelumnya mungkin sempat membuat Sobat Pintar yang sudah bersiap ujian masuk PTN menjadi khawatir. Namun setelah jadwal baru dirilis, ternyata bukan hanya tanggal ujian yang mengalami perubahan, Sobat!

Ingin tahu bagaimana UTBK 2020 akan berbeda? Bukan hanya Sobat Pintar yang memang sudah bersiap UTBK, tapi Sobat yang hari ini harus putar haluan dari SNMPTN ke SBMPTN juga perlu tahu tentang seluk beluk UTBK 2020 yang serba baru.

 

1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN

LTMPT merancang pendaftaran UTBK dan SBMPTN dalam satu kali pelaksanaan. Alih-alih dijalankan sebagai dua kegiatan terpisah, UTBK dan SBMPTN 2020 akan dimampatkan dalam satu langkah saja. Maka, Sobat Pintar nanti harus memilih lokasi tes pusat UTBK sekaligus mencantumkan pilihan jurusan dan PTN tujuan untuk SBMPTN. Masa pendaftaran ini dijadwalkan berlangsung mulai 2 Juni hingga 20 Juni 2020.

 

2. Pelaksanaan UTBK

UTBK 2020 sempat direncanakan untuk dilakukan dua kali. Namun dalam revisi terbarunya, LTMPT memutuskan bahwa setiap peserta ujian hanya dapat mengikuti UTBK 2020 satu kali saja. Masa ujian ini dijadwalkan akan berlangsung sejak 5 Juli sampai 12 Juli 2020. Setiap harinya akan ada empat sesi ujian.

Selain jadwal, matauji UTBK 2020 juga berubah. LTMPT meniadakan TKA (Tes Kemampuan Akademik), jadi Sobat Pintar nanti hanya akan menghadapi soal-soal TPS (Tes Potensi Skolastik). TPS mengukur potensi masing-masing peserta ujian secara pribadi, terutama kemampuan logika dan nalar.

 

3. Pengumuman SBMPTN

Alih-alih pengumuman hasil ujian, peserta UTBK akan langsung dihadapkan pada hasil SBMPTN. Jadi, Sobat Pintar nanti hanya menunggu pemberitahuan lolos tidaknya dalam seleksi masuk PTN yang dipilih. Pengumuman SBMPTN ini dijadwalkan akan berlangsung pada 25 Juli 2020.

 

Apakah perubahan ini cukup drastis? It depends on how you see it, Sobat. Abaikan dulu keluh kesah waktu, tenaga, hingga biaya yang telah tercurah untuk persiapan TKA. Bukankah lebih baik bila kita menyiapkan diri dalam sisa waktu yang ada hingga Juli nanti untuk memperbanyak latihan soal-soal TPS? Tetap semangat berjuang, Sobat!

200

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog