APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

UTBK 2022: Seperti Ini Roadmap Perjuanganmu

Dengan perencanaan yang baik, lolos UTBK 2022 bukan hal yang mustahil.

UTBK 2022, Photo by delfi de la Rua on Unsplash

"Apa? UTBK 2022? Ah, masih lama! Sekarang masih 2021. Ngapain heboh persiapan UTBK 2022 yang masih tahun depan? Santuy, cuy!"

Hayo, siapa nih, yang suka jawab begini kalau diingetin tentang UTBK 2022? Emang, sih. Angka tahun 2022 itu kayaknya bikin UTBK masih terasa jauh. Padahal, Sobat Pintar ingat sekarang bulan apa? Nah, udah Oktober pekan terakhir, pula. Artinya, pekan depan kita akan berada di dua bulan terakhir tahun 2021. Iya, dalam dua bulan lagi, kita sudah tiba di tahun 2022. Iya, itu tahun yang dibilang UTBK masih lama tadi. Nah, loh. Gimana, nih?

 

Mantapkan Pilihan Jurusan Kuliahmu

utbk 2022 kapan
Photo by Startup Stock Photos on Pexels

Di bulan-bulan terakhir 2021 ini, jangan sampai kita masih bingung menentukan pilihan jurusan kuliah. Ibarat gebetan, jurusan kuliah adalah incaran yang bakal kita tembak. Nah, pedekate-nya gimana, nih? Apakah kita mau lewat SNMPTN atau UTBK-SBMPTN? Apakah nilai rapor yang harus kita perjuangkan, ataukah materi TKA dan TPS UTBK yang harus didalami lagi? Agar "jurus-jurus pedekate" ini dapat dilancarkan tanpa hambatan selama bulan-bulan ke depan, kita harus tahu dulu gebetannya siapa, kan? Eh, maksudnya, jurusan kuliah yang dipilih apa.

Menentukan jurusan kuliah tentu berbeda dengan menentukan gebetan. Alih-alih perasaan, memilih jurusan kuliah membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk riset. Mulai dari kurikulum perkuliahannya, mata kuliah apa saja yang akan dipelajari, praktikumnya apa saja, seperti apa karir alumninya saat ini, sampai prospek setelah kita lulus kuliah nanti harus dikepoin dengan maksimal. Meskipun mungkin memangkas waktu dan tenagamu untuk belajar, sebenarnya riset ini menjadi bagian dari persiapan UTBK 2022 yang cukup penting, loh.

 

Belajar Materi dan Latihan Soal TKA dan TPS UTBK

jadwal utbk 2022
Photo by lil_foot_ on Pixabay

Belajar untuk persiapan UTBK 2022 harus sudah mulai dilakukan sejak sekarang, bahkan sejak bulan-bulan kemarin, entah kita bakal mengikuti SNMPTN atau tidak. Bila perlu, kita bisa membuat jadwal belajar UTBK di Ruang Pintar agar tak merasa belajar sendirian.

Kalau ada rekomendasi buku UTBK 2022 dari teman, kakak kelas, guru, atau tutor, enggak ada salahnya didengerin. Buku UTBK 2022, terutama yang berbentuk latihan soal, ada banyak macamnya. Pilah-pilah saja mana buku yang nyaman buat dipelajari dan pembahasan soalnya mudah dipahami, kecuali Sobat Pintar memang sanggup mempelajari semua buku yang direkomendasikan dalam waktu yang terbatas ini.

Di akhir tahun, mungkin sekitar November, biasanya sudah mulai ada try out persiapan UTBK 2022. Nah, kesempatan seperti ini jangan sampai dicuekin, Sobat. Apalagi kalau try out-nya gratis seperti di aplikasi Aku Pintar. Mengikuti try out persiapan UTBK 2022 secara berkala dapat menunjukkan berapa potensi skor UTBK kita, bahkan mungkin materi TKA dan TPS UTBK yang masih perlu dipelajari lagi.

 

Jangan Ragu Mencoba di SNMPTN

jadwal belajar utbk
Photo by carolyn christine on Unsplash

Sambil terus menyiapkan UTBK 2022, jangan lupakan SNMPTN. "SNMPTN? Aduh, enggak pede sama rapor, deh." Udah, coba aja, Sobat. Just give it a try. Tanyakan informasi seputar SNMPTN 2022 ke Wali Kelas, guru favoritmu, atau Guru BK. Persiapkan bila jurusan yang dipilih menghendaki portofolio. Untuk pendaftaran SNMPTN di bulan Februari, registrasi akun LTMPT dan pemilihan siswa di sekolah kemungkinan besar berlangsung di bulan Januari.

Enggak ada libur setelah UAS? Come on. There is a time for everything. Semester pertama di tahun 2022 jelas bukan waktu rebahan buat kita yang sekarang duduk di kelas 12. Enggak percaya? Coba deh, cari info UTBK 2021/2022 ke kakak kelas. Apa yang mereka lakukan di awal tahun 2021 ini?

 

Mengulang Materi TKA dan TPS UTBK


Photo by StockSnap on Pixabay

Sebelum jadwal UTBK 2022, masih ada sedikit waktu buat kita mengulang sekilas materi TKA dan TPS UTBK. Jika UTBK 2021 berlangsung pada bulan April, artinya kita tak punya banyak waktu untuk persiapan UTBK 2022 setelah SNMPTN di bulan Februari. Makanya, dalam kerangka waktu tersebut, yang bisa kita lakukan adalah mengulang materi-materi yang telah dipelajari sebelumnya – bukan mempelajari materi TKA dan TPS UTBK untuk pertama kalinya ya, Sobat.

Tapi sebenarnya UTBK 2022 tanggal berapa, sih? Hingga saat ini belum ada rilis resmi dari LTMPT perihal jadwal UTBK 2022. Alih-alih ngeributin UTBK 2022 kapan dijadwalkan, bukankah sebaiknya kita menyiapkan diri untuk menghadapinya, Sobat?

Dengan begitu, ketika nanti LTMPT mengumumkan jadwal UTBK 2022, kita sudah bisa bilang, "Okay, bring it on!" Now, isn't it cool?

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog