APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

UTBK Hanya TPS, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Persiapan materi TPS UTBK 2023 sepertinya akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

utbk 2023 hanya tps, Photo by Oli Dale on Unsplash

Materi UTBK 2023 hanya TPS. Ini enggak jadi breaking news lagi buat kamu kan, Sobat Pintar? Atau sebaliknya, masih ada Sobat yang sangsi, apakah tahun ini UTBK hanya TPS saja?

Memang bakal ada yang berbeda dengan UTBK 2023 – sebagian kita sudah tau itu. Namun kira-kira bakal seperti apa sih, UTBK-nya nanti? Jika memang materi UTBK 2023 hanya TPS, apa saja yang perlu kita siapkan?

 

Bagaimana Prediksi UTBK 2023?

yang perlu di persiapkan pada TPS UTBK
Photo by cottonbro on Pexels

Beberapa pekan kemarin Mendikbud, melalui salah satu kanal komunikasi Kementerian, menyampaikan bahwa akan ada perubahan seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Nah, salah satunya berkenaan dengan seleksi melalui tes atau SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Disebutkan bahwa seleksi nasional berdasarkan tes kini berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Tidak ada lagi tes mata pelajaran. Yang ada hanya tes skolastik yang mengukur:

1. potensi kognitif

2. penalaran matematika

3. literasi dalam Bahasa Indonesia

4. literasi dalam Bahasa Inggris

Dengan begitu, kita dapat menyimpulkan bahwa UTBK 2023 hanya TPS, Sobat Pintar. Oke, terus apa itu TPS?

 

Apa Itu TPS?

Materi UTBK 2023 hanya TPS
Photo by Tirachard Kumtanom on Pexels

TPS (Tes Potensi Skolastik) adalah tes untuk mengukur kemampuan pemahaman dan penalaran umum (kognitif) kita. Kemampuan kognitif mencakup kemampuan berpikir, mengingat, belajar, dan berbahasa. Selama kita sekolah, dan nantinya ketika kuliah, kemampuan kognitif inilah yang kita pupuk, Sobat. 

Tes skolastik dapat mengukur atau menilai potensi performa kita ketika kuliah di perguruan tinggi. Saat kuliah, kita membutuhkan seluruh kemampuan ini untuk memahami berbagai konsep dan informasi. Asal kamu tau, jenis ujian seperti ini juga ada di berbagai negara, seperti Inggris, Amerika Serikat, Swiss, Australia, dan Finlandia.

 

Seperti Apa Materi TPS UTBK 2023?

tps saintek dan soshum apakah sama
Photo by Pixabay on Pexels

Oke, UTBK 2023 hanya TPS. Terus, bakal kayak apa soalnya nanti? Menurut Kemendikbud, contoh soal TPS UTBK adalah sebagai berikut.

Contoh Soal Potensi Kognitif

Lima sekawan Sono, Joko, Adi, Rimba, dan Ratu selalu berangkat bersama menuju sekolah. Joko selalu menjemput Sana, setelah ia dijemput oleh Adi. Rimba menjadi anak terakhir yang dijemput. Sementara rumah Ratu terletak di antara rumah Joko dan rumah Adi.

Berikut pernyataan yang BENAR adalah...

a. rumah Ratu terletak paling jauh

b. rumah Adi terletak paling jauh

c. rumah Rimba terletak paling jauh

d. rumah Sono terletak paling dekat

e. rumah Adi terletak paling dekat

Contoh Soal Penalaran Matematika

Setiap material sampah akan mengalami penguraian. Material sampah dapat berupa sampah organik dan sampah anorganik. Waktu yang diperlukan untuk mengurai sempurna disebut sebagai waktu dekomposisi. Berikut waktu dekomposisi berdasarkan jenis material sampah.

Material organik

Waktu dekomposisi

Kulit pisang

6 minggu

Kulit jeruk

5 bulan

Kantong kertas

8 minggu

Sisa apel

2 bulan

Kertas tisu

5 minggu

(gambar: ©Kemendikbud RI)

Sampah anorganik lebih lama terurai dibandingkan dengan sampak organik. Waktu dekomposisi popok sekali pakai lebih lama dari plastik, namun kurang dari kulit sintetis. Berapa waktu dekomposisi yang mungkin dari popok sekali pakai?

a. 100 tahun

b. 250 tahun

c. 375 tahun

d. 475 tahun

e. 575 tahun

Contoh Soal Literasi dalam Bahasa Indonesia

Khasiat susu bagi tubuh kita sudah tidak diragukan lagi. Meskipun demikian, tidak setiap orang bersedia mengonsumsi susu. Ada dua kemungkinan penyebabnya: pertama, karena sifat yang terkandung dalam susu yang tidak disukai orang; kedua, karena sifat biologis orang yang bersangkutan (intoleran), yang ditandai dengan gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan sering buang angin setelah minum susu. Penyebab pertama dapat diatasi dengan penambahan sari jeruk, markisa, apel, atau lainnya. Sementara itu, penyebab kedua dapat diatasi dengan menggantinya dengan air susu yang telah mengalami perlakuan khusus, yaitu fermentasi.

Secara biologis, penderita intoleran susu tidak mampu mencerna laktosa dari makanan atau minuman dalam susu sehingga terjadi penimbunan laktosa dalam usus. Penderita yang demikian dapat meminum susu bubuk dengan kadar laktosa rendah atau air susu fermentasi, seperti yoghurt, kefir, dan koumis.

Berdasarkan bacaan di atas, bila seorang temanmu, Ari, mengeluh bahwa ia sebenarnya ingin minum susu seperti teman lainnya, tetapi selalu diare ketika minum susu. Apa yang akan kamu sarankan?

a. Ari dapat mencoba minum susu dengan menambah sari jeruk.

b. Ari dapat mencoba susu bubuk seperti susu yang diminum oleh balita.

c. Ari dapat mencoba minum yoghurt.

d. Arti tidak perlu minum susu sama sekali.

e. Ari dapat mencoba minum susu secara bertahap.

Contoh Soal Literasi dalam Bahasa Inggris

Measles, a childhood disease, had caused suffering to mankind for thousands of years. However, the search for an effective measles vaccine lasted two hundred years and has finally ended in success. Now, for the first time, measles is a preventable disease. You may ask, "How is this important to children?"

Every year measles kills twice as many Americans as polio does. More children die from measles than from any other common childhood disease. Also complications of some degree occur in about one child out of six. Most complication include pneumonia and ear disorders. Another after-effect of measles-brain damage is less common, but it can have such serious consequences that it deserves special attention.

Brain damage dut to measles sounds like something far away from our experience. In reality, it is not. Like other injury, damage to the brain can be very slight or very severe. It is quite possible that we have never seen or heard a child who has severe brain damage – the child would either have died or would be in an institution. However, in medical research a relation has been found between measles and such things as behavior problems, personality changes and dulling of metal ability. For example, a child may be bad-tempered or a little slow to learn after he has recovered from measles.

One of the important findings of the research on measles is that...

a. children who have got measles may become difficult to handle because of their behavior.

b. in reality, there are no measles patients who get brain damage.

c. personality changes already occur at the time a child has measles.

d. measles can cause children to become physically handicapped.

e. measles is the first killer of childhood disease in the world.

Adapun TPS Saintek dan Soshum apakah sama? TPS untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum pada UTBK sebelumnya tak berbeda, Sobat Pintar. Namun hingga saat ini belum dapat dipastikan mengenai materi TPS UTBK per kelompok ujian.

Yang jelas, UTBK yang akan datang dapat diselenggarakan beberapa kali dalam satu tahun. Kemudian, setiap peserta ujian dapat menempuh paling banyak dua kali ujian. Di sisi lain, pihak kampus dapat menambahkan persyaratan portofolio untuk jurusan seni dan olahraga. Bukan tidak mungkin syarat yang sama diterapkan untuk jurusan-jurusan lain yang membutuhkan keterampilan spesifik.

 

Apa yang Perlu di Persiapkan pada TPS UTBK 2023?

Apakah tahun ini UTBK hanya TPS saja
Photo by Vadim Bozhko on Unsplash

Kalau begitu, apa saja yang perlu di persiapkan pada TPS UTBK mendatang? Yang pasti, nilai TPS adalah cerminan dari kemampuan bernalar dan problem solving kita. Jika dirinci, berikut kompetensi yang dibutuhkan untuk menjawab soal-soal prediksi UTBK 2023.

- Soal potensi kognitif adalah mengenai logika, yang membutuhkan analisis kita atas suatu problem yang kontekstual. Soal-soal potensi kognitif seharusnya sudah pernah kita jumpai di asesmen nasional.

- Soal penalaran matematika membutuhkan analisis kita atas data, konteks, atau situasi riil yang disajikan. Kita harus bisa menggunakan informasi yang ada untuk memecahkan permasalahan dan menjawab pertanyaan.

- Soal literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris membutuhkan kemampuan kita untuk benar-benar mengerti esensi bacaan. Kita juga dituntut untuk mampu menganalisis argumen yang disampaikan dalam bacaan.

Kalau begitu, jangan habiskan waktu belajar materi TPS UTBK yang berupa hafalan ya, Sobat. Jangan lupa pula, persiapkan portofolio bila kamu akan memilih jurusan seni atau olahraga. Good luck dengan ujianmu nanti, ya!

110

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog