redesain-navbar Portlet

null

Blog

Webometrics 2020: Peringkat 10 PTN dan PTS di Indonesia

Pemeringkatan Webometrics dapat digunakan sebagai tambahan informasi untuk memperkaya sudut pandang dalam memilih kampus kuliah.

PTN dan PTS di Indonesia, image via www.studiosity.com

Terdapat berbagai tolok ukur atau standar yang diterapkan dalam pemeringkatan perguruan tinggi. Kemenristekdikti, ketika masih memiliki kewenangan pendidikan tinggi, sempat membuat pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia. BAN-PT, sebagai badan akreditasi nasional, juga mengelola evaluasi prodi dan institusi perguruan tinggi.

Demikian pula pada skala global. Salah satu pemeringkatan perguruan tinggi dilakukan oleh Cybermetrics Lab, sebuah badan penelitian publik di Spanyol. Dikenal sebagai Webometrics Ranking of World Universities, pemeringkatan dilakukan berbasis website pada perguruan tinggi sedunia.

 

Kenapa Dilakukan Pemeringkatan Berbasis Website?

Sekarang ini, apa sih yang tak kita cari secara online? We highly rely on the internet in so many ways, including in getting information on higher education.

Disisi lain, sistem pemeringkatan Webometrics membantu publikasi website suatu perguruan tinggi. It's a win-win benefit, isn't it?

Selain itu, Webometrics  juga merupakan bentuk dukungan akses elektronik dalam publikasi materi akademik dan jurnal ilmiah. Jadi bukan hanya pihak kampus yang diuntungkan oleh keterbukaan pemeringkatan ini, tapi dosen dan mahasiswa juga medapat dukungan untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas akademiknya.

 

Apa Saja Indikator Pemeringkatan Webometrics?

Sebagaimana jamaknya pemeringkatan, dibutuhkan kriteria tertentu sebagai standar acuan untuk menentukan siapa yang berada pada peringkat pertama, kedua, dan seterusnya. Demikian pula dengan sistem pemeringkatan Webometrics.

Ada empat indikator yang diterapkan dalam pemeringkatan ini. Indikator pertama adalah presence, yaitu jumlah situs web dan sub domain universitas. Indikator kedua yaitu impact, yang dinilai dari seberapa banyak back-link dari situs luar.

Ketiga adalah openness, indikator yang diukur dari jumlah file pdf, doc, ps, eps, docx, ppt, atau pptx yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Indikator terakhir adalah excellence yang menyoroti jumlah artikel atau publikasi karya ilmiah dari seluruh civitas akademika universitas.

 

PTN Mana Saja dalam Pemeringkatan Webometrics?

Dari keempat indiakator tersebut, lantas PTN mana saja yang masuk dalam pemeringkatan Webometrics pada 2020? Berikut ini 10 PTN di Indonesia yang memiliki nilai tertinggi pada empat indikator diatas beserta world rank-nya:

1. Universitas Indonesia – 766

2. Universitas Gadjah Mada – 876

3. Institut Teknologi Bandung – 976

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember – 1318

5. Universitas Sebelas Maret – 1333

6. Universitas Brawijaya – 1356

7. Universitas Airlangga – 1714

8. Universitas Sumatera Utara – 1871

9. Universitas Hasanuddin – 1888

10. Universitas Diponegoro – 2035

 

PTS Mana Saja dalam Pemeringkatan Webometrics?

Bukan hanya PTN, sistem pemeringkatan Webometrics 2020 juga mencakup PTS di Indonesia. Bagi Sobat Pintar yang terbuka dengan opsi PTS sebagai pilihan kuliah, 10 PTS dan world rank-nya berikut ini penting untuk diperhatikan:

1. Universitas Telkom - 2404

2. Universitas Bina Nusantara – 2635

3. Universitas Dian Nuswantoro – 2806

4. Universitas Mercu Buana – 3156

5. Universitas Katolik Parahyangan – 3695

6. Universitas Surabaya – 3735

7. Universitas Kristen Satya Wacana – 3747

8. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya – 3819

9. Universitas Kristen Petra – 3834

10. Universitas Gunadarma – 3919

 

Once again, pemeringkatan perguruan tinggi dilakukan dengan berbagai kriteria atau standar. Bukan berarti standar tertentu lebih baik dari yang lain. Bukan pula berarti suatu pemeringkatan menjadi satu-satunya acuan yang kita gunakan untuk memilih kampus kuliah.

As always, kita bisa menggunakan tambahan informasi tentang perguruan tinggi sebagai sudut pandang ekstra. Karena semakin banyak dan baik informasi yang kita peroleh, harapannya semakin tepat dan baik pula keputusan yang dapat kita ambil – khususnya, dalam memutuskan tempat menuntut ilmu.

80

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp