redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.ampcontrolgroup.com

Yang Belum Kamu Tahu tentang Teknik Elektro

Cari Tahu Jurusanmu

Jangan bingung kalau mendengar atau membaca nama Jurusan Teknik Listrik. Mungkin kamu lebih akrab dengan Teknik Elektro, betul? Sebenarnya sama saja, baik Listrik maupun Elektro, karena dalam Bahasa Inggris nama jurusan ini adalah Electrical Engineering. Jadi ya biarpun namanya berbeda, barangnya tetep satu aja, kok.

Dan ada apa dengan Teknik Elektro? Yuk kita tanya sama-sama.

 

Induknya Ilmu Teknik

Katanya nih ya, Teknik Elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik yang tertua. Entah berapa umurnya, tapi Teknik Komputer yang lahir belakangan adalah perpaduan dari Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Yang lebih baru lagi, Teknik Telekomunikasi juga terhitung sebagai salah satu sempalan dari Teknik Elektro.

Bisa dibilang, Jurusan Teknik Elektro dapat menjadi salah satu alternatif kuliahmu selain Teknik Komputer atau Teknik Telekomunikasi. Pada Jurusan Teknik Komputer dan Teknik Telekomunikasi, kamu akan mendapati sebagian Teknik Elektro dan demikian pula sebaliknya.

 

Teknik Elektro di Perguruan Tinggi

Sebagai induknya Ilmu Teknik, Teknik Elektro memiliki cakupan yang sangat luas. Bermula dari sumber pembangkit tenaga listrik, kajian Teknik Elektro berlanjut pada sistem jaringan distribusi hingga pemanfaatan listrik pada pengguna akhir.

Meskipun demikian, bukan kerarti mahasiswa Teknik Elektro akan berjibaku dengan seluruh topik kelistrikan. Misalnya saja di Universitas Gadjah Mada, bidang konsentrasi Jurusan Teknik Elektro terbagi menjadi Teknik Tenaga Listrik, Teknik Pengolahan Isyarat Eletronika dan Biomedika, Teknik Instrumentasi Kendali, Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Komputer. Dan mahasiswa Teknik Elektro akan mempelajari bidang konsentrasi tersebut mulai pada tahun ketiga perkuliahan, setelah menempuh matakuliah-matakuliah dasar.

Tapi pilihan kuliah di Jurusan Teknik Elektro tak cuma di Universitas Gadjah Mada. Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga punya Jurusan Teknik Elektro dengan empat bidang konsentrasi, yaitu Teknik Sistem Tenaga, Teknik Sistem Pengaturan, Teknik Telekomunikasi Multimedia, dan Teknik Elektronika.

Masih perlu contoh atau alternatif kampus lain? Adalah Universitas Mataram, dimana Jurusan Teknik Elektro dikelompokkan kedalam empat bidang konsentrasi pada tahun ketiga. Tak persis sama dengan dua kampus sebelumnya, bidang konsentrasi Universitas Mataram ialah Sistem Tenaga Listrik, Elektronika dan Digital, Informatika dan Komputer, dan Telekomunikasi.

 

Persaingan Teknik Elektro

Tak hanya ketiga perguruan tinggi di atas yang memiliki Jurusan Teknik Elektro – pilihan kampusmu masih banyak, misalnya Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Telkom University, Sekolah Tinggi PLN, Universitas Mercu Buana, dan masih banyak lagi. Enggak bakalan kekurangan stok kampus deh, kalau soal Teknik Elektro!

Salah satu sebabnya, Teknik Elektro adalah satu dari sekian jurusan favorit kategori sains atau IPA. Bahkan, peminat jurusan ini hampir sama banyaknya dengan peminat Teknik Informatika dan Pendidikan Dokter. Kamu siap berebut kursi?

Lebih masukan Blog

Mau Jadi Serba Bisa? Mulakan dari Jurusan Teknik Komputer

Sudah berapa komputer atau laptop yang sukses kamu bongkar? Bisa balikin lagi, gak? ...

Teknik Mesin, Jurusannya Calon Montir?

Salah satu dampak nyata dari Revolusi Industri di Inggris yang terjadi sekian tahun silam...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line