APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Yang Perlu Diketahui tentang UM Undip 2019

UM merupakan salah satu alternatif masuk Undip.

UM Undip 2019, photo via hai.grid.id

Melewatkan kesempatanmu pada SNMPTN dan SBMPTN bukan akhir dunia, Sobat. Masih ada Seleksi Mandiri yang bisa menjadi peluangmu masuk PTN tahun ini. Kali ini Aku Pintar berbagi informasi tentang Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro. Siapa yang ingin kuliah disini?

 

Apa Saja Persyaratan Mengikuti UM Undip?

First thing first, UM Undip hanya ditujukan bagi calon mahasiswa S1. Universitas Diponegoro sendiri memiliki 34 jurusan atau program studi Saintek dan 17 jurusan atau program studi Soshum pada program pendidikan Sarjana. Jika mengikuti UM Undip, Sobat Pintar berhak mengajukan tiga pilihan jurusan atau program studi.

Berikutnya, yang perlu diperhatikan adalah tahun kelulusan dari SMA/SMK/MA. Pastinya, UM Undip dapat diikuti oleh Sobat yang lulus tahun ini. Bahkan, UM Undip juga boleh diikuti oleh Sobat yang lulus pada 2018 dan 2017. Ini artinya, UM Undip hanya dapat diikuti oleh tiga angkatan terakhir lulusan SMA/sederajat (termasuk Program Paket C).

 

Apa Saja yang Diujikan pada UM Undip?

Setelah memastikan tahun kelulusan dan menentukan pilihan jurusan, Sobat Pintar harus mempersiapkan diri untuk mengikuti ujiannya. Yes, it is unfortunately another test to pass.

Untuk Sobat dari kelas Saintek, mataujinya meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, dan Kimia. Untuk Sobat dari kelas Soshum, mataujinya yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS Terpadu (Sejarah-Sosiologi-Ekonomi-Geografi), dan Kewarganegaraan.

 

Kapan Jadwal Pendaftaran UM Undip?

Untuk diketahui, Undip telah menerapkan billkey dalam sistem pembayaran perkuliahannya sejak 2008. So, get yourself accustomed to the method while you take the admission test.

Billkey sendiri merupakan kode angka pembayaran yang bisa diakses secara online. Gunakan billkey tersebut untuk membayar biaya pendaftaran ke Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, atau Bank Mandiri.

Terdapat dua variasi biaya pendaftaran. Sobat Pintar yang mengikuti UM Undip di Semarang dikenakan biaya sebesar Rp300.000,00. Sementara itu, peserta UM Undip di luar Semarang dikenakan biaya sebesar Rp375.000,00.

Langkah berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran secara online, kemudian mencetak kartu ujian. Seluruh proses ini selesai dalam jangka waktu antara 1 Mei hingga 5 Juli 2019.

 

Kapan dan Di Mana Pelaksanaan UM Undip?

Waktu pelaksanaan UM Undip dijadwalkan pada 20 Juli 2019. Pada tanggal tersebut, Sobat Pintar datang ke lokasi ujian dengan membawa ID – bisa Kartu Pelajar, SIM, atau KTP. Selain ID, jangan lupa membawa copy legalisir ijazah – hanya ditunjukkan kepada pengawas saat ujian. Oh ya, kartu ujianmu jangan sampai ketinggalan, ya!

Sobat Pintar diharapkan tiba di lokasi ujian sebelum pukul 07.30 pagi. Dibutuhkan waktu 30 menit untuk verifikasi data dan/atau pengisian biodata peserta ujian. Ujian dijadwalkan mulai pukul 08.00 dan selesai pukul 10.30 – berlaku bagi Saintek maupun Soshum. Hasil ujian ini akan diumumkan pada tanggal 29 Juli 2019.

Bagaimana dengan lokasi ujiannya? UM Undip dapat diikuti di 20 kota di Indonesia, yaitu Semarang, Jepara, Yogyakarta, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Cibubur, Bandung, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarbaru, Batam, Bandar Lampung, Balikpapan, Denpasar, Makasar, Padang, dan Banda Aceh. Sobat Pintar bisa memilih lokasi terdekat.

 

Sudah dicatat tanggal-tanggal penting diatas, Sobat? Jangan sampai ketinggalan memperoleh billkey-mu, ya! Keep yourself updated by visiting um.undip.ac.id.

230

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog