APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Yuk Cobain Konsultasi Pendidikan Online

Konseling masalah sekolah dapat dilakukan secara online.

Photo by Alex Green on Pexels

Konsultasi pendidikan itu perlu atau enggak menurutmu, Sobat Pintar? Siapa nih, yang udah pernah nanya-nanya soal kuliah ke Guru BK? Kalau kamu pernah melakukannya, meskipun cuma sekali, itu juga bisa disebut sebagai konsultasi pendidikan, loh.

Kalau begitu, memangnya apa sebenarnya konsultasi pendidikan itu? Selain dengan Guru BK, dengan siapa kita bisa melakukan konsultasi pendidikan?

 

Konsultasi Pendidikan Itu Sebenarnya...

konsultan pendidikan terbaik di indonesia
Photo by Sora Shimazaki on Pexels

Nanya-nanya soal jurusan kuliah memang bisa dibilang juga sebagai sebuah bentuk konsultasi pendidikan. Namun sebenarnya cakupan konsultasi pendidikan itu jauh lebih luas ketimbang sekadar konsultasi jurusan kuliah.

Konsultasi pendidikan adalah proses yang kita jalani untuk mendapatkan saran, panduan, atau masukan dari seorang profesional pendidikan atau ahli pendidikan mengenai masalah pendidikan yang kita alami. Sekali lagi, cakupannya lebih luas dari sekadar konsultasi jurusan kuliah. Apa saja yang bisa kita konsultasikan kepada seorang konsultan pendidikan atau education consultant?

- Pemilihan jurusan atau program studi yang tepat

­- Pemilihan perguruan tinggi

- Masalah akademik seperti kesulitan belajar atau memahami materi pelajaran

- Kesulitan mengikuti ujian atau tes

- Masalah kedisiplinan dan motivasi belajar

- Masalah sosial seperti bullying atau pergaulan yang buruk di lingkungan sekolah, dll.

Sebagai pelajar, kita berhak dan bisa melakukan konsultasi pendidikan secara pribadi kepada education consultant yang kita pilih. Konsultan pendidikan tersebut akan membantu mengatasi masalah pendidikan kita melalui konseling masalah akademis.

 

Konsultan Masalah Akademis Kita Itu...

konsultasi masalah pendidikan online
Photo by Mikhail Nilov on Pexels

Nah, siapa yang dimaksud dengan konsultan pendidikan? Apa fungsi konsultan pendidikan? Terus, apa tugas konsultan pendidikan?

Konsultan pendidikan adalah seorang profesional yang memberikan saran dan bimbingan terkait pemilihan jalur pendidikan yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Selain kita sebagai pelajar, konsultan pendidikan juga bisa melayani orang tua kita, sekolah, maupun pihak-pihak terkait lainnya di bidang pendidikan.

Kamu tertarik melakukan konseling masalah akademis, Sobat Pintar? Ada beberapa pilihan konsultan pendidikan yang bisa dipilih sesuai dengan inti permasalahan kita masing-masing.

1. Guru BK

Kamu pasti sudah mengenal sosok education consultant yang satu ini. Guru BK dapat memberikan konseling masalah akademis, melayani konsultasi pemilihan jurusan kuliah, memberikan bimbingan karier, dan membantu kita untuk mengembangkan berbagai keterampilan hidup secara umum.

2. Wali Kelas

Siapa nih, Sobat Pintar yang punya Wali Kelas yang asyik? Bapak/Ibu Wali Kelas bukan hanya perwakilan sekolah yang memanggil orang tua saat kita "bikin masalah." Wali Kelas sebenarnya juga memiliki kapasitas terbatas untuk melakukan konseling masalah akademis. Meskipun terbatas, kita toh (semestinya) tetap bisa nggobrolin soal kesulitan belajar sampai konsultasi jurusan kuliah dengan Wali Kelas.

3. Konselor Pendidikan

Konselor pendidikan adalah konsultan spesialis yang memberikan konseling dan dukungan untuk masalah pendidikan. Education consultant ini bertugas secara profesional untuk membantu siswa dalam memilih jurusan atau program studi yang tepat, memberikan saran untuk meningkatkan kemampuan belajar, hingga memberikan dukungan emosional.

Jasa konsultasi terkait kuliah bersama seorang konselor pendidikan saat ini berkisar antara Rp50 ribu sampai Rp1 juta. Kita bisa memanfaatkan layanan konsultasi pendidikan sekolah yang gratis. Bila pun ada tawaran konsultasi berbayar, biayanya cenderung masih lebih terjangkau daripada melakukan konsultasi di luar sekolah.

Selain pendidikan dan sertifikasi, pengalaman konselor pendidikan itu sendiri juga turut menentukan tarif jasa yang diberikannya. Sebagai perbandingan, konsultan pendidikan luar negeri terbaik dan memiliki rekam jejak konseling pendidikan terpercaya cenderung menetapkan biaya jasa di atas rata-rata.

4. Psikolog

Psikolog, khususnya yang mendalami bidang pendidikan, dapat membantu kita mengatasi masalah emosional dan psikologis yang dapat memengaruhi prestasi akademis. Dalam hal ini, psikolog juga merupakan konsultan pendidikan yang dapat membantu pelajar mengatasi kecemasan, stres, atau depresi yang dapat memengaruhi performa akademis.

Konseling Pintar, misalnya, menyediakan layanan konsultasi masalah pendidikan online. Tak hanya menyediakan jasa konsultasi pendidikan murah, Konseling Pintar juga membantumu melalui layanan konsultasi jurusan kuliah online. Kamu bahkan dapat memilih konselor dan jadwal konsultasi pendidikan yang kamu inginkan sendiri!

Ada banyak konsultan pendidikan terbaik di Indonesia, tetapi sebenarnya terkadang yang kita butuhkan hanyalah seorang konselor yang bisa relate dengan permasalahan yang kita hadapi. Sudah pernah menemukannya, Sobat Pintar?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog