redesain-navbar Portlet

Blog

Rss

Udah tau belum, kalau kita bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian? Nah, seru gak, tuh? Kamu yang introver enggak perlu khawatir salah memilih jurusan kuliah yang memaksamu bersikap layaknya ekstrover. Sedangkan kamu yang ekstrover, kuliah di jurusan yang tepat takkan membuatmu kebosanan setengah mati. Tapi gimana caranya memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian? Boro-boro...

00

Jujur deh, kalau ingat tugas sekolah kamu jadi bersemangat ngerjain atau malah pura-pura lupa? Udah, dijawab dalam hati saja, Sobat. Mengerjakan pekerjaan rumah (PR) atau tugas sekolah memang bukan kegiatan yang asyik banget. When it comes to school assignment, however, the only option we have is to get it done. Terus, bagaimana caranya biar tugas atau PR sekolah selesai, tapi kita juga enggak...

00

Sebelum istilah blended learning banyak dikenal masyarakat, istilah E-learning sudah terlebih dahulu booming di dunia pendidikan. E-learning adalah metode pembelajaran jarak jauh berbasis digital dengan memanfaatkan jaringan internet serta web server sebagai infrastruktur utama. Tercatat beberapa universitas di Indonesia seperti UI dan juga ITB telah memberlakukan metode belajar ini. Kemajuan...

00

Hai Sobat, pernahkah kalian naik permainan swing ride? Kira-kira bagaimana bisa kita bisa berputar dengan seimbang? Atau kalian pernah bermain gasing? Kenapa juga gasing bisa berputar dengan poros yang sangat kecil?. Yuk, kita simak pembahasannya! Pengertian Momen Inersia Momen Inersia merupakan kecenderungan benda untuk mempertahankan keadaan gerak rotasinya. Semakin jauh posisi massa...

00

Sudah siapkah dengan resolusi 2022 di bulan penghabisan tahun ini, Sobat Pintar? Resolusi tahun baru berawal di Babilonia kuno sekitar 4.000 tahun lalu, kemudian berlanjut di masa Romawi kuno. Tak heran bila resolusi tahun baru lebih umum kita jumpai di negara-negara Barat. Eitts, bukan berarti orang-orang di Benua Asia tak mengenal resolusi tahun baru. Hanya saja, latar belakang sejarah...

40

Komunikasi merupakan salah bentuk interaksi antara guru dan siswa di sekolah. Komunikasi menjadi salah satu poin penting dalam penyampaian pesan baik itu pesan pembelajaran maupun pesan moral yang ingin Guru Pintar ajarkan pada siswa. Supaya terjalin komunikasi yang baik antara Guru Pintar dan siswa yang diajar, maka perlu adanya strategi-strategi tertentu dalam berkomunikasi sehingga...

00

Kamu mau tahu bagaimana cara menjadi Duta Besar dan Diplomat? Baik profesi Duta Besar maupun profesi Diplomat sama-sama menarik buat kalian yang punya cita-cita bekerja dan menjadi bagian dari Departemen Luar Negeri. Apalagi kalau passionĀ­-mu memang di bidang diplomasi dan politik, maka bekerja sebagai delegasi yang mewakili Indonesia di dunia internasional bakal menjadi tantangan yang seru. ...

40

Hubungan guru dan murid di masa sekarang ini tidak hanya sebatas pemberi ilmu dan pencari ilmu. Saat ini guru tidak boleh menjadi sosok yang ditakuti oleh siswa. Guru harus dapat membangun kedekatan antara guru dengan siswa karena ternyata banyak sekali manfaat yang diperoleh jika guru lebih dekat dengan siswa. Mengapa penting untuk membangun hubungan yang baik Foto oleh Anastasia...

00

Buat kalian yang punya concern tinggi soal perubahan iklim, sekolah kedinasan STMKG mungkin masuk sebagai salah satu alternatif pilihan kampus. Enggak cuma isu-isu lingkungan global yang membuat STMKG menarik, tapi juga prospek yang ditawarkannya. Alumni sekolah dinas BMKG ini diserap oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Tertarik dengan prospek kerja Ikatan Dinas ini, Sobat Pintar?...

00

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membawa beberapa perubahan kebiasaan pada kehidupan sehari-hari dalam berbagai aspek. Munculnya kebijakan pemerintah untuk melaksanakan Social Distancing dan Physical Distancing, membatasi interaksi dengan orang lain membawa dampak sangat besar dalam sektor ekonomi, sosial, pendidikan dan lainnya. Salah satu perubahan kebiasaan yang dominan juga...

00

Hadirnya Pandemi Covid-19 memunculkan berbagai masalah bagi dunia pendidikan tidak terkecuali pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) dimana peserta didiknya memiliki beragam hambatan dan kemampuan. Covid-19 merupakan salah satu dari faktor yang menyebabkan terjadinya learning loss pada peserta didik penyandang disabilitas. Pandemi Covid-19 belum usai, Indonesia belum baik-baik saja, tapi...

20

Sebagian besar siswa di SMAS YPPK Tiga Raja Timika mengatakan bahwa fisika adalah mata pelajaran yang sulit dan banyak di antara mereka yang tidak menyukai mata pelajaran ini dengan alasan terlalu banyak rumus yang harus diingat. Sebagai pendidik yang mengampu mata pelajaran fisika dan ditempatkan sekolah di daerah 3T yaitu SMA YPPK Tiga Raja Timika Papua, begitu banyak kendala yang saya hadapi...

00

Pernah dengar tentang Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sobat Pintar? Mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara belajar apa, sih? Apakah mereka belajar tentang bagaimana menjalankan misi rahasia seperti di film-film agen rahasia yang pernah kamu tonton? Eitts, tunggu dulu. Jangan buru-buru berasumsi sebelum kamu tahu lebih banyak tentang Sekolah Tinggi Sandi Negara, yang sekarang telah menjadi...

750

Di masa pandemi yang hampir memasuki dua tahun lamanya masih menyisakan berbagai permasalahan. Kesulitan belajar siswa saat pembelajaran online maupun tatap muka terbatas banyak disuarakan tidak hanya oleh orang tua saja, bahkan guru juga ikut prihatin karenanya. Hal ini menyebabkan tidak hanya menurunnya prestasi siswa, tetapi juga semangat belajar siswa.  Kesulitan siswa belajar di masa...

00

Dunia pendidikan adalah dunia yang dinamis. Seiring dengan perkembangan zaman, perubahan-perubahan juga banyak terjadi pada dunia pendidikan. Saat menjadi seorang siswa, pasti Guru Pintar merasakan perbedaan-perbedaan yang signifikan dengan siswa zaman sekarang. Begitupun dengan cara guru mengajar, pasti juga terdapat perbedaan-perbedaan yang sangat mencolok. Berikut ini adalah 5 perbedaan cara...

00

Politeknik Statistika STIS adalah sekolah atau perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Statistik sendiri dipahami sebagai data berupa tabel, grafik, atau lainnya yang digunakan di berbagai bidang termasuk bisnis, ekonomi, pemasaran, manufaktur, dan lain-lain. Sobat Pintar pernah kedatangan tamu petugas Badan Pusat Statistik di rumah? Nah, sensus atau...

20

Siapa nih, Sobat Pintar yang sudah bersiap menunggu pendaftaran IPDN 2022? Institut Pemerintahan Dalam Negeri, atau lebih sering kita sebut dengan singkatannya IPDN, adalah salah satu sekolah kedinasan di bawah Kementerian Dalam Negeri. Pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri ini dibuka nyaris setiap tahun. Tak heran bila Sobat Pintar sudah menunggu-nunggu informasi pendaftaran IPDN untuk...

50

Keluhan yang sering dilontarkan siswa dan juga orang tua saat pembelajaran jarak jauh dan pertemuan tatap muka terbatas adalah tugas sekolah yang menumpuk. Tidak jarang berita tentang siswa yang mengalami gejala stress atau depresi karena banyak PR dari sekolah muncul dalam pemberitaan di media massa dan media sosial. Tidak salah memberikan tugas kepada siswa. Selain untuk mengukur...

00

Kenapa ada gambar pizza ya, Sobat Pintar? Benar sekali! Potongan pada pizza merupakan salah satu bentuk nyata dari bilangan pecahan. Misalkan terdapat satu loyang pizza yang terbagi menjadi 6 bagian yang sama besar, kemudian kamu memakan 2 bagian pizza, maka dapat dikatakan kamu sudah memakan 2 bagian dari 6 bagian pizza atau dalam bilangan pecahan bisa dituliskan dengan : 2/6. Dari contoh di...

10

Di abad 21 yang sudah memasuki era digital ini, dunia pendidikan menghadapi tantangan yang besar. Karakter dan kebutuhan siswa di zaman ini sangat berbeda dengan siswa di era-era sebelumnya. Salah satu karakter siswa generasi alpha yang menonjol adalah tech savvy. Siswa sangat antusias dengan hal-hal berbau digital dan teknologi. Sebagai guru yang mendidik dan mengajar generasi ini, tentu saja...

00

CssBlog

metablog-web Portlet