redesain-navbar Portlet

Blog

Rss

Siapa nih, diantara Sobat Pintar, yang bakal mengikuti Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Airlangga (Unair)? Mumpung masih dalam masa SBMPTN nih, kita masih punya waktu untuk kepoin lebih banyak tentang apa saja jurusan di Universitas Airlangga. Why is it so? Eh, penting banget mengenal calon kampus kita nanti kuliah loh, Sobat. Biar makin semangat gitu, kita berjuang di UTBK! Betul,...

20

Hai Sobat Pintar, apakah kalian pernah merasa bingung kenapa saat berbicara di alam terbuka, suaramu bisa terdengar sampai jauh? Apalagi kalau berada di dalam goa, suara kalian bisa terdengar berulang seperti ada yang menirukan. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya karakteristik dari getaran gelombang dan bunyi. Penasaran? Yuk, kita belajar mengenai konsep gelombang bunyi bersama-sama yang...

10

Ada berbagai trik belajar cepat Matematika. Namun sayangnya, hanya sedikit yang kita tahu tentang cara belajar Matematika yang menyenangkan. Yes, Sobat Pintar. Learning Math can be fun. Kita hanya perlu tahu seperti apa sih, cara belajar Matematika yang menyenangkan itu. Then, let's get down to it.   Cara Menikmati Pelajaran Matematika dan Belajar Matematika Photo by Annie Spratt...

90

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada 22 Maret 2021. SNMPTN 2021 diikuti oleh 595.093 peserta eligible. Dari jumlah itu, 110.459 peserta dinyatakan lolos seleksi pada saat pengumuman hasil SNMPTN. SNMPTN 2021 diikuti oleh 17.436 sekolah di Indonesia dan sekolah Indonesia yang berlokasi di luar negeri. Dari total peserta yang dinyatakan lolos pada...

20

Sudahkah Sobat Pintar tahu ada berapa fakultas dan jurusan di ITB (Institut Teknologi Bandung)? Tak seperti kampus-kampus negeri yang lain, ITB tidak memberi kita pilihan jurusan saat SNMPTN atau SBMPTN. Bagaimana kalau kita ingin kuliah Biologi di ITB? Haruskah kita memilih FMIPA ITB karena Biologi biasanya ada di FMIPA? No! Biologi di ITB bukan di FMIPA, Sobat. Nah, jangan sampai kita tak...

90

Sobat Pintar, sudah tahukah apa saja fakultas dan jurusan di UPI Bandung? Buat Sobat yang memang bercita-cita kuliah di jurusan kependidikan, Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung ini tentu tak asing lagi. Fakultas dan jurusan yang ada di UPI juga tentu sudah tahu dari ujung ke ujung, tuh – iya, nggak? Tapi yakin nih, tak ada yang terlewat? Dan... buat Sobat yang belum familier dengan...

20

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2021 sudah berlangsung dalam satu pekan ini. Bagaimana denganmu Sobat Pintar? Sudahkah melakukan login pendaftaran SBMPTN? Pendaftaran UTBK serta pendaftaran SBMPTN dijadwalkan akan berlangsung hingga 1 April 2021 mendatang. Nah, belum terlambat nih, ayo pastikan seluruh tahapan daftar SBMPTN 2021 di bawah ini tak sampai terlewat, Sobat!   Tahap Pendaftaran...

50

Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin dapat disajikan dalam bentuk tabel atau grafik, Sobat. Grafik data penduduk menurut umur dan jenis kelamin pada saat tertentu yang digambarkan dalam bentuk piramida disebut piramida penduduk. Jadi, apa sih, pengertian dari piramida penduduk? Apa saja jenis piramida penduduk? Bagaimana kondisi piramida penduduk di Indonesia? Apa manfaat adanya...

30

Setelah SNMPTN 2021, kita bertemu dengan SBMPTN – nggak di depan mata lagi Sobat, tapi udah nemplok di ujung hidung kayak komedo! Sobat Pintar yang rajin pasti sudah mendaftar SBMPTN 2021, memasukkan pilihan jurusan dan PTN favorit. Congratulations, deh! Buat Sobat yang masih entar-entar aja daftar SBMPTN 2021, coba lihat tujuh PTN favorit di Indonesia di bawah ini. Ketujuh Perguruan Tinggi...

20

Sudah tahukah Sobat tentang tingkatan pangkat TNI? Kalau cita-citamu menjadi prajurit, Sobat Pintar mungkin sudah hafal pangkat TNI dari terendah sampai tertinggi. Sebaliknya, bagi yang bercita-cita menjadi dokter atau pengusaha, pengetahuan tentang lambang pangkat TNI mungkin dirasa biasa saja. But hey! It wasn't a waste of time if you learned something, was it? So, kita cari tahu semua...

20

Sudah pernahkah Sobat Pintar merensi buku? Atau, sudah pernahkah Sobat belajar cara membuat resensi buku – di kelas Bahasa Indonesia, misalnya? Anyway, meresensi buku itu seru dan menarik – especially for you who enjoys reading and writing. Melalui resensi buku, kita bisa menumpahkan isi pikiran setelah membaca sebuah buku, baik fiksi maupun nonfiksi. Eitts, tapi menulis resensi buku non-fiksi...

30

Setelah belajar Antropologi di sekolah, apakah Sobat Pintar ingin kuliah di Jurusan Antropologi di perguruan tinggi nanti? Tapi bakalan sama nggak sih, Antropologi yang kita pelajari saat sekolah dan kuliah? Jangan-jangan keduanya berbeda... atau sama? Psstt... jangan pilih Jurusan Antropologi sebelum membaca bahasan ini sampai tuntas, ya!   Pengertian Antropologi Photo...

10

Dari berbagai istilah viral yang muncul, belakangan ini ghosting adalah salah satu yang paling populer. Sobat Pintar sudah tahu ghosting itu apa? Eitts! Hati-hati, Sobat. Kalau ngasal aja pakai istilah ghosting sampai-sampai menggunakannya dalam konteks yang kurang tepat... ugh! You make yourself a joke. Makanya, kita kepoin yuk, apa itu nge-ghosting.   Ghosting Itu Apa? Photo...

120

Sosiologi adalah salah satu mata pelajaran di sekolah. Setidaknya, begitulah yang selama ini kita ketahui. Tapi tahukah Sobat, kalau Ilmu Sosiologi juga dapat kita pelajari di perguruan tinggi? If it happens to be your favorite subject at school, you may want to know more about Sociology.   Apa Itu Sosiologi? Photo by cottonbro on Pexels Sudah mempelajarinya di sekolah, tahukah...

60

Tahukah kamu bahwa matriks Matematika digunakan dalam sistem komputer, Sobat? Pemanfaatan matriks antara lain pada bidang keamanan komputer serta untuk pemrograman yang membutuhkan array dalam Ilmu Komputer. Selain itu, enkripsi data dapat dilakukan dengan menggunakan beragam operasi matriks. Jadi, Sobat Pintar yang ingin menjadi seorang programer atau masuk ke Jurusan Teknik Informatika akan...

20

Kita sempat menyaksikan public figure yang meminta maaf karena telah melakukan plagiarisme. Sementara itu, ada pula sebagian orang yang menyangkal telah melakukannya. Tapi sebenarnya apa itu plagiat, Sobat Pintar? Apa yang membuat suatu karya disebut plagiarisme? Cari tahu, yuk!   Apa Itu Plagiat? Photo by Lukas on Pexels Yup, first thing first, we need to know what plagiarism...

40

Apakah Sobat Pintar sudah mengenal tentang metode penelitian kualitatif dan kuantitatif? Metode penelitian adalah langkah-langkah yang diambil oleh peneliti untuk mengumpulkan data atau informasi untuk diolah dan dianalisis secara ilmiah. Kita memang tak terlalu banyak belajar tentang metodologi penelitian di sekolah. Tapi saat kuliah, kita harus memahami dan mampu menggunakan metode...

00

Ini dia, salah satu pilihan favorit anak IPA di SBMPTN: Jurusan Teknik Sipil. Seiring dengan pembangunan yang tengah berjalan, alumni dari jurusan ini banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Tak perlu lagi dipertanyakan lulusan teknik sipil jadi apa karena sudah ada sederet profesi yang membutuhkan keahlian dari Jurusan Teknik Sipil. Tapi apa itu Jurusan Teknik Sipil? Apakah Jurusan Teknik Sipil...

40

Menulis kata pengantar yang baik dan benar itu ternyata tak mudah bagi semua orang. Betulkah begitu, Sobat Pintar? Ada yang sudah bersiap mengawali menyusun proposal, laporan, makalah, ataupun karya tulis yang lain, namun sampai setengah jam kemudian tak satupun kata yang tertulis. Pernah mengalaminya, Sobat? Kata pengantar makalah, laporan, atau prosposal memang tak sama persis, tapi...

50

Nggak sabar nunggu-nunggu tanggal 22 Maret nih, Sobat? Iya, hari itu harapan kita lolos di SNMPTN akan menjadi kenyataan... atau justru sebaliknya? Bagaimana kalau ternyata harapan kita lolos di SNMPTN tinggal harapan saja? Siapkah kita mengikuti jalur SBMPTN untuk masuk kuliah? Apa yang harus dilakukan, mengingat jadwal UTBK sudah menunggu di pertengahan April? Yap, UTBK hanya berselang bulan...

30

CssBlog

metablog-web Portlet