redesain-navbar Portlet

Blog

Rss

Di Telkom University jurusan yang tersedia apa saja, sih? Bukan tanpa alasan bila salah satu universitas swasta favorit di Bandung ini suka dikepoin calon mahasiswa. Habisnya, enggak cuma sekali Telkom University ikutan nangkring di the best top ten universities di Indonesia. Di pemeringkatan versi Webometrics, misalnya, Telkom University berada di urutan ke-8. Cakep ngga, tuh!   Universitas...

90

Dalam Permendikbud Nomor 62 tahun 2014 dituliskan, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Di dalam peraturan pemerintah tersebut juga disebutkan bahwa tujuan ekstrakurikuler diselenggarakan adalah untuk mengembangkan potensi,...

00

Jurusan di IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) terkadang masih menjadi teka-teki buat Sobat Pintar yang sekadar tau tentang Sekolah Kedinasan ini. Padahal, masa pendaftaran Sekolah Kedinasan, termasuk IPDN, sudah semakin dekat – menghitung hari, kata lagu emak-emak kita. Jadi yuk, segera kita kepoin jurusan di IPDN dan penjelasannya berikut ini.   Tentang Institut Pemerintahan Dalam...

70

Sobat, frasa dan klausa merupakan dua unsur penting yang terdapat dalam suatu kalimat. Kedua unsur tersebut memiliki karakteristik masing-masing yang membuat keduanya berbeda antara satu dengan lainnya. Yuk simak penjelasan berikut! Pengertian Frasa Frasa merujuk pada kombinasi dua atau lebih kata yang terikat dan bertindak sebagai satu kesatuan, tetapi tidak mengandung pasangan...

00

Halo, Sobat Pintar! Artikel kali ini akan membahas tentang materi matematika turunan fungsi aljabar dengan topik pembahasan meliputi pengertian, rumus, aplikasi, dan contoh soal. Pengenalan tentang konsep turunan fungsi aljabar diawali pada jenjang sekolah menengah atas dimana turunan fungsi aljabar ini masih ada kaitannya dengan materi fungsi  yang telah dipelajari pada jenjang sekolah...

00

Ngomongin jurusan kuliah yang ada di Unimed, kita dengan mudah bisa berasumsi, "Ah, paling-paling jurusannya buat calon guru." Eitts, tunggu dulu, Sobat Pintar. Sama seperti IKIP negeri yang lain, Universitas Negeri Medan juga berkembang dari sebuah institusi keguruan, yakni IKIP Medan. Tentu saja ada jurusan-jurusan kependidikan di Unimed, namun jurusan di Unimed sekarang tak terbatas pada...

50

Pengertian Modals Hai, Sobat! Sobat Pintar pasti pernah denger dong tentang modals. Iya, kita akan belajar modals tapi modal grammar dalam Bahasa Inggris loh yaa, bukan istilah modal dalam bidang Ekonomi hehe. Tapi Sobat Pintar tau ga sih apa itu modals? Okay, modals adalah jenis kata yang digunakan untuk membantu kata kerja dalam mengungkapkan suatu hal. Modals disebut juga sebagai...

00

Video pembelajaran saat ini telah menjadi salah satu media pembelajaran yang populer dan paling banyak digunakan oleh para guru sebagai penunjang saat mengajar. Hal ini dikarenakan  video pembelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan dianggap sebagai media yang menarik dan interaktif. Saat pandemi dan siswa harus belajar secara online, video menjadi salah satu...

10

Apakah jurusan yang ada di Untirta (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) bisa menjadi alternatif kuliah di kampus-kampus sekitarnya? Eitts, tunggu dulu, Sobat Pintar. Alternatif tempat kuliah memang boleh-boleh saja dipilih berdasarkan lokasi, tetapi apakah jurusan kuliah juga bisa begitu? Kamu perlu Tes Penjurusan yang bisa membantumu menentukan jurusan kuliah yang paling sesuai dengan minat,...

10

Apabila guru sedang menjelaskan maka siswa harus fokus dan mendengarkan dengan baik supaya dapat memahami materi yang sedang diajarkan. Guru Pintar pasti tidak senang jika saat menyampaikan materi pelajaran siswa gaduh atau sebaliknya malah mengantuk. Apa yang Guru Pintar lakukan jika menghadapi hal seperti ini? Siswa, terutama yang berada pada jenjang TK atau Sekolah Dasar tidak dapat duduk...

10

Tentu saja, jurusan di Universitas Negeri Makassar mencakup rumpun Saintek dan Soshum. Tetapi, adakah jurusan incaranmu di universitas negeri ini? Emangnya apa saja jurusan yang ada di Universitas Negeri Makassar? Dan, ngomong-ngomong, apa yang kamu tahu tentang universitas di Sulawesi Selatan ini, Sobat Pintar?   Sebuah Universitas Negeri di Makassar Photo by Joseph Chan on Unsplash ...

10

Sobat Pintar sudah tahu apa itu teks cerita sejarah? Jika Sobat Pintar pernah membaca sebuah teks yang berisi mengenai asal usul benda atau kronologi peristiwa pada masa lampau, itulah yang disebut dengan teks cerita sejarah. Lalu apa sebenarnya teks cerita sejarah? Yuk, Kita belajar bersama mengenai pengertian, struktur, jenis, dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah, Sobat! Pengertian Teks...

10

Sobat Pintar, pernahkah kalian kesulitan saat disuruh membuat teks pidato?, yuk belajar struktur teks pidato agar kita mampu membuat sebuah teks pidato yang mudah dipahami oleh para pendengar atau audience. Pengertian Teks Pidato Pidato merupakan piranti yang sering digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan tujuannya dalam suatu forum. pidato juga disebut sebagai kegiatan berbicara di depan...

00

Metode pembelajaran Jigsaw adalah salah satu metode pembelajaran aktif yang melibatkan semua siswa. Menguasai berbagai model pembelajaran atau metode pembelajaran adalah salah satu aspek kompetensi pedagogik yang harus dimiliki guru. Sebisa mungkin Guru Pintar harus membuat semua siswa terlibat dalam pembelajaran sehingga masing-masing siswa memiliki pengalaman belajar yang sama.  ...

00

Jurusan yang ada di UHO Kendari itu apa saja, Sobat Pintar? Halu Oleo, atau lebih dikenal dengan singkatan UHO, adalah sebuah universitas negeri di Provinsi Sulawesi Tenggara. Sobat yang tinggal di Kota Kendari pasti tak asing dengan Universitas Halu Oleo (UHO). Buat kalian yang masih belum kenal dengan UHO, yuk sini kita kepoin kampus ini!   Tentang Halu Oleo Photo by Dang Nguyen on...

20

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian suku adalah sebagai golongan bangsa sebagai bagian dari bangsa yang besar. Berdasarkan buku "Suku Bangsa Dunia dan Kebudayaannya" oleh Pram, Suku bangsa didefinisikan sebagai suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya. Yuk Sobat, kita belajar Suku-Suku Bangsa yang Ada di Indonesia dan...

10

Istilah Computational Thinking atau Berpikir/Pemikiran Komputasi pertama kali diperkenalkan oleh Seymour Papert (1980) dalam bukunya yang berjudul “Mindstorm”. Dalam bukunya, pada saat itu Papert fokus pada dua aspek komputasi yaitu bagaimana menggunakan komputasi untuk menciptakan pengetahuan baru dan bagaimana menggunakan komputer untuk meningkatkan pemikiran dan perubahan pola akses ke...

00

Pilihan jurusan di Universitas Mataram ada banyak banget loh, Sobat Pintar. Tak hanya S1, universitas negeri di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini juga membuka program-program vokasi pada jenjang D3. Sejak berdiri pada tahun 1963, Universitas Mataram telah berkembang pesat, menaungi banyak fakultas dan jurusan. Pada masa awalnya, Universitas Mataram berdiri dengan satu saja fakultas, yakni...

10

Aktivitas apa saja yang biasa Guru Pintar lakukan saat libur sekolah? Apakah guru tetap bisa produktif saat libur di rumah? Hari libur meskipun hanya hari Sabtu dan Minggu, adalah hari yang dinanti-nantikan. Sebagian orang menganggap hari libur adalah waktunya bermalas-malasan alias rebahan seharian. Padahal hari libur tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, lho. Kan meskipun libur tidak...

00

Jurusan di UIN Bandung itu enggak melulu jurusan-jurusan agama loh, Sobat Pintar. Memang, UIN Sunan Gunung Djati merupakan perguruan tinggi Islam. Akan tetapi, kalian juga bisa kok, kuliah di jurusan-jurusan yang bukan keagamaan di UIN Bandung. Nah, bagaimana caranya? Terus, di UIN Bandung jurusan apa saja sih, yang terbuka buat lulusan SMA/sederajat seperti kamu, Sobat?   Jalur Masuk Kuliah...

30

CssBlog

metablog-web Portlet