APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Oke, kamu sudah salah jurusan – that's a fact. Another fact is... kuliah udah mau kelar, alias kamu sekarangsedang disemester-semester akhir. Bukan cuma nanggung lagi kalau mau pindah jurusan, tapi udah telat keles! Jadi gimana ngakalinnya situasi 'terlanjur basah' seperti ini?   Lanjutkan... Maju Terus Pantang Mundur First thing first, yang harus kamu lakukan ya kelarin ...

140

Bila punya minat serius pada Biologi dan Ekonomi, mungkin kamu sempat galau mau kuliah yang lebih fokus ke IPA atau IPS. Tapi ada Agribisnis lho, yang dapat mengakomodasi kedua minatmu tersebut. Mau tau kan, kaya apa sih, jurusan yang menggabungkan sisi sains dan bisnis ini?   Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan yang Tak Semata-Mata tentang Penelitian Mahasiswa Agribisnis akan...

110

Berapa lama rata-rata waktu yang kamu butuhkan untuk terlelap tidur dimalam hari? Tak sampai lima menit kamu udah 'ilang?' Atau butuh satu dua jam setelah berguling ke kanan dan kiri 'melawan' gadgetmu? Saat berniat tidur (eh, pakai niat segala, ya?), seharusnya kamu tak perlu waktu lama untuk mulai menjelajah dialam mimpi – paling tidak, dalam durasi 10 sampai 20 menitan, lah. Tapi kenapa...

290

Memilih kampus untuk kuliah Kedokteran Gigi tak cukup hanya berpatokan padapopularitas universitasnya, lho. Akreditasi jurusan – lebih dikenal sebagai fakultas (Fakultas Kedokteran Gigi) – juga tak kalah penting. Kenapa sih, perlu kuliah Kedokteran Gigi dijurusan yang terakreditasi A? Alasan utama kuliah di FKG terakreditasi A adalah kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan. Bahkan,...

510

Kemampuan lulusan Agribisnis dalam mengelola produksi pertanian dan aspek bisnisnya akan menjadi kontribusi besar bagi bangsa kita, terutama dalam ketahanan pangan. Ehmm... maksudnya gimana, tuh? Pada intinya, dijurusan ini kamu belajar untuk menghasilkan produk pertanian secara efisien dan menguntungkan. Yup, bidang pertanian juga bisa menghasilkan profit, nggak cuma bisnis – makanya, ...

100

Ditingkat SMK, kita mengenalnya sebagai program keahlian Jasa Boga maupun Patiseri. Ditingkat pendidikan tinggi, kita punya Tata Boga. Baik Pendidikan Tata Boga maupun murni Tata Boga, jurusan ini memang ada untuk membuatmu mahir dalam bidang kuliner. Selain tumbuhnya minat dikalangan generasi kekinian, permintaan akan profesi chef sendiri memang sedang meningkat. Pastinya, jurusan ...

1710

Miss, miss apa yang gak nyambung? Mismatch! Eh, ini serius, lho – bukan lucu-lucuan. Jadi, istilah mismatch ini digunakan pula dalam dunia kerja, dimana para pekerja dan bidang pekerjaan yang dilakukannya tidak punya kesesuaian atau kecocokan. Masih belum jelas? Yuk, lanjutin dikit lagi bacaannya.   Ketidaksesuaian Antara Latarbelakang Pendidikan dan Bidang Pekerjaan yang...

290

Udah pada tau kan, kalau jadi Psikolog tuh nggak bisa sekonyong-konyong begitu kamu lulus kuliah S1 di Jurusan atau Program Studi Psikologi? Trus, apa ya lulusan jurusan ini hanya bisa jadi Psikolog atau konselor saja? Bagaimana dengan kemungkinan profesi lain? Pekerjaan seseorang yang lulus dari Jurusan Psikologi terkait erat dengan gelar yang dimilikinya. Dan di dunia ini, ada beberapa jenis...

1520

Ada lho, pelajar yang merasa nanggung – Matematika bisa, Bahasa Inggris bisa, Fisika oke, Akuntansi lancar. Semua matapelajaran lancar-lancar saja, tapi juga nggak bagus-bagus amat, sih. Bagaimana dengan minat? Bakat? Keterampilan non-akademik yang bisa jadi acuan dalam memilih jurusan kuliah? Biasa-biasa juga – nggak ada yang spesial, nggak ada yang menonjol. Trus, kuliah ke jurusan...

580

Berapa kali kamu kena Tatib gegara nggak pake kaos kaki? Rasa-rasanya nggak penting banget deh, tuh kaos kaki. Udah bikin gerah, nggak nyaman, bau pula! Dan kamupun bikin resolusi: nggak bakalan pake kaos kaki saat kuliah. Eitts, tunggu dulu, sobat. Langsung membungkus telapak kakimu dalam sepatu adalah kesalahan tak perlu yang sebaiknya dihindari. Mau tahu kenapa?   Pake dan...

150

Telah memantapkan pilihan untuk kuliah di Jurusan Psikologi? Bidang ilmu terapan tentang perilaku dan mental manusia ini memang menarik – tak kalah menarik dengan Kedokteran, bidang ilmu yang mempelajari tentang fisik manusia. Meskipun mungkin persaingan masuknya cukup ketat, tapi kuliah Psikologi di tiga kampus terbaik di Indonesia ini tentu merupakan pengalaman yang dapat meningkatkan...

410

Lulus kuliah, nyari kerja? Itu udah biasa! Yang nggak biasa tuh kalau kamu lulus, dan pekerjaan di suatu firma besar sudah menantimu. Keren nggak, tuh? Nah, kalau mau keren begitu, perguruan tinggi berikut ini dapat membantumu.   1. Harvard University Berdiri sejak abad ke-17, universitas swasta ini punya rasio mahasiswa undergraduate dan postgraduate yang unik: mahasiswa program...

530

Homofon adalah dua kata yang jika diucapkan akan menghasilkan suara yang mirip atau bahkan sama. Akan tetapi, kedua kata tersebut maknanya berbeda jauh. Misalnya, kata "bisa" berbeda makna dalam: - Ular yang memiliki bisa sangat berbahaya untuk dijadikan hewan peliharaan. - Saya tak bisa menghadiri undangan yang anda berikan. Dapat membedakan makna kata "bisa" pada kedua...

510

Gen Z yang selalu update dengan segala hal yang terjadi di dunia maya – itukah kamu? Ya mana ada pelajar ataupun mahasiswa sekarang ini yang nggak aktif di media sosial? Nggak ada, kan? Tapi udah tahu belum, apa-apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam bermedsos? Seberapa bebasnya kamu bercuit-cuit atau mengisi kolom komentar? Sebagai generasi yang terpelajar, perlu tahu, kan?   ...

330

Kamu termasuk orang yang susah bangun pagi? Sering ditunggu guru Tatib di pintu gerbang sekolah atau disuruh dosen menutup pintu kelas dari luar? Well, barangkali beberapa tips ini dapat membantumu agar lebih mudah bangun pagi dan menuju kelas.   1. Malam yang tenang Bangun pagi bukan direncanakan sejak pagi ya, melainkan malam sebelumnya. Usahakan jangan makan kekenyangan sebelum...

500

Pernah dengar "the man behind the gun?" Bukan judul film sih, yang dimaksud disini, tapi istilah yang secara bebas bisa dimaknai sebagai peran pentingnya seseorang yang mengendalikan atau berada dibalik sesuatu (alat). Contoh gampangnya gini, deh. Kalau kamu dikasih sebilah pisau, apa yang bisa kamu buat? Dibanding bila seorang chef yang pegang pisau tersebut – ya, pisau...

1000

Yang namanya jenuh atau bosan, ya wajar saja adakalanya datang dan mengganggu. Yup, mengganggu! Pasalnya, saat udah jenuh, rasa-rasanya otak nggak mau jalan dan badanpun mendukung dengan berbagai keluhan yang tiba-tiba muncul. "Nggak ada ide nih, mana badan meriang pula," kira-kira begitulah kompaknya otak dan badan saat kamu udah mantengin halaman yang sama – entah tumpukan...

670

Menguasai bahasa lain yang nggak cuma Bahasa Indonesia saat ini sudah menjadi kebutuhan, lho. Kamu bisa "ketinggalan kereta" kalau keukeuh merasa cukup dengan Bahasa Indonesia saja. Makanya, belajar bahasa asing, apapun itu, harusnya menjadi salah satu program belajarmu. Tapi bagaimana kalau kamu tak ada waktu atau biaya untuk kursus? Tenang Sobat Pintar, ternyata kamu ...

540

Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald adalah seorang pakar Paleontologi dari Jerman yang menemukan fosil manusia Jawa, Homo erectus paleojavanicus. Tahukah kamu di mana lokasi penemuan fosil ini? Lokasi ekskavasi fosil purba ini di Sangiran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Yup, di Indonesia, Sobat Pintar! Dan apa yang kita tahu tentang Paleontologi, sampai-sampai ada orang Jerman yang mau-maunya...

110

Setahun silam, dua makam misterius diekskavasi di tepi sisi barat Sungai Nil, di kawasan Thebes, Kota Luxor, Mesir. Dua makam tersebut diperkirakan berusia 3.500 tahun, berisikan harta karun khas kuburan Mesir – termasuk mumi. Pernah nggak, kamu penasaran bagaimana cara para ahli menemukan angka 3.500 tahun tersebut? Bagaimana mereka menentukan usia sebuah mumi, atau sebuah candi, atau sebuah...

130

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog