CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Sedang kuliah atau masih bingung menentukan pilihan? Apapun itu, jika memiliki visi kedepan tentang bekerja setelah kuliah rampung, maka kamu perlu memperhatikan skill apa yang tengah dibutuhkan pasar kerja saat ini. Asal kamu tahu, setiap tahunnya terjadi perubahan demand di pasar kerja, tapi tetap ada beberapa komponen yang masih selalu dibutuhkan selama beberapa waktu. Bagaimana dengan tahun...

550

Kita akan bertemu dengan hari baru pada tahun 2022. Bagaimana dengan hari-hari yang telah kita lalui sepanjang 2021, Sobat? Hal-hal baik apa saja yang telah kita terima dan jalani? Bila direnungkan, sudahkah kita benar-benar mensyukuri hal-hal baik sepanjang tahun ini? Setting new year resolutions is great, but reflecting to what we've learned along the year is necessary. Bukan hal-hal baik...

270

Eyo Sobat! Pastinya sobat disini udah ngga asing lagi kan dengan kata Comparative (perbandingan). Misal nih, kalian lagi asik nongkrong di cafe, terus liatin para ciwi-ciwi yang lagi ngobrol: “OMG, your Shoes is Cool” Suka banget ngga tuh, kalo dipuji keren!! SBL, SBL, SBL Suka banget lochh haha. Lanjut, si temen yang dipuji balik muji. “Aww, thanks but yours is cooler than mine” “Wait what?...

40

Libur telah tiba, semua siswa pasti gembira! Ya, liburan sekolah adalah masa yang dinantikan setelah mengikuti ujian. Biasanya di saat liburan sekolah seperti saat ini, tempat-tempat wisata penuh sesak dengan pengunjung. Ada yang pergi ke pantai atau bahkan ada yang ke luar negeri. Sayang sekali karena pandemi kegiatan liburan tidak memungkinkan dilakukan seperti dulu lagi. Terus ngapain,...

20

Kebayang ga sih, kalau kamu kerja tidak sesuai jurusan setelah lulus kuliah nanti? Of course, cita-cita kita bakal bekerja sesuai dengan bidang ilmu selama kuliah. Namun ternyata Bapak Mendikbud Ristek kita sekarang sempat mengungkapkan bahwa 80% lulusan universitas itu enggak nyambung antara jurusan dan pekerjaannya. Artinya, sebagian besar orang saat ini bekerja di bidang yang berbeda dengan...

10

Belajar Bahasa Korea menjadi tren tersendiri seiring dengan semakin populernya Korean Wave, atau lebih sering disingkat K-Wave. Hayo ngaku sini, siapa penggemar K-pop dan K-drama? Begitu seringnya ikut-ikutan nyanyi atau nonton seluruh drama idol-mu, sampai-sampai kamu pun tahu dan bisa mengucapkan satu-dua kata Bahasa Korea. Congratulations, Sobat Pintar! Pada satu sisi, keberhasilanmu...

40

Menjadi guru artinya Guru Pintar adalah pembelajar sejati yang tidak akan berhenti belajar sampai nanti. Sudah umum diketahui bahwa ada empat kompetensi guru yang harus dikuasai oleh siapapun yang menyandang status sebagai seorang guru. Empat kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Ada berbagai cara yang dapat Guru...

00

Memberikan tugas kelompok saat pembelajaran jarak jauh tampaknya sangat sulit. Bagaimana tidak, siswa tidak dapat saling bertatap muka dan melakukan belajar kelompok di sekolah seperti sebelum corona melanda. Dengan kendala jarak dan anjuran untuk tidak berkerumun untuk mencegah penyebaran virus covid 19, bukan berarti siswa tidak dapat diberikan tugas kelompok atau belajar kelompok ya, Guru...

00

Belajar desain grafis bisa dilakukan secara otodidak ga, sih? Mungkin kamu baru menyadari bahwa ternyata kamu pengin belajar desain belakangan ini. Sementara itu, jadwal sekolah atau kuliah udah enggak bisa diganggu gugat. Gimana, nih? Is it even possible to learn graphic design on your own? Bisa, Sobat Pintar. Belajar desain grafis tanpa guru itu bisa dilakukan, kok. Tapi ada rambu-rambu...

20

Generasi Z Indonesia atau sering disebut gen Z pada prinsipnya memiliki kesamaan dengan generasi-generasi Z di berbagai belahan dunia. Apa itu gen Z?  Generasi Z atau Gen Z adalah generasi yang lahir setelah generasi Y. Orang-orang yang termasuk ke dalam generasi ini adalah orang-orang yang lahir di antara tahun 1995 sampai dengan 2010. Generasi Z sering juga disebut sebagai i-Generation...

10

Sobat Pintar, ternyata tradisi Natal di Indonesia itu berbeda-beda di setiap daerah, loh. Terlepas dari makna religiusnya, perayaan Natal di Indonesia sendiri kental dengan budaya lokal yang unik. Mau tahu bagimana saudara-saudara sebangsa kita merayakan Natal? Yuk, kita "jalan-jalan" dan "melihat" bagaimana tradisi-tradisi di Indonesia mewarnai perayaan Natal.   1. Jakarta Punya Rabo-Rabo ...

00

Apakah ada universitas yang menerima lulusan SMK? Tentu saja ada, Sobat Pintar. Justru pertanyaan seperti ini terlalu pesimis, loh. Pasalnya, anak SMK itu sebenarnya tak dibatasi untuk masuk kuliah di kampus mana pun. Alih-alih bertanya apakah lulusan SMK bisa kuliah, yuk kita ganti pertanyaannya: apakah kamu mau kuliah setelah lulus SMK, Sobat?   Kuliah di Mana setelah Lulus SMK? Photo by...

60

Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Guru memiliki peran yang besar supaya siswa mengalami proses pembelajaran yang bermakna dan bermanfaat dalam kehidupan siswa. Dalam prosesnya, tidak semua siswa mengalami proses belajar yang lancar. beberapa siswa mengalami kesulitan dalam belajar sehingga tidak dapat mencapai target pembelajaran secara optimal....

00

Sobat Pintar, pernah gak sih kalian menemukan tanda titik (.) tanda koma (,) atau tanda hubung (-) ketika kalian membaca artikel atau buku? Nah, itulah sebagian contoh dari tanda baca. Iya, karena tanda baca tidak hanya tiga sobat, tapi ada lima belas. Penggunaan tanda baca berfungsi untuk menjaga keefektifan komunikasi. Setiap tanda baca dapat mengartikan apakah sebuah kalimat berbentuk...

20

Ngomongin soal pemeringkatan SNMPTN, ada dua yang perlu kamu tahu, Sobat Pintar. Pertama, pemeringkatan sekolah di SNMPTN dan yang kedua adalah pemeringkatan siswa di SNMPTN. Basically, kita sebagai siswa emang enggak bisa ngapa-ngapain di kedua pemeringkatan tersebut. Meski begitu, boleh dong kepo tentang pemeringkatan SNMPTN 2022? Jadi ya udah, yuk kita kepo bareng.   Pemeringkatan Sekolah...

80

Sejak pandemi virus corona (Covid-19) merebak di tahun 2019, proses pembelajaran dialihkan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh secara online (online learning). Meskipun penbelajaran tatap muka terbatas telah diaktifkan di beberapa daerah, Guru Pintar tetap membutuhkan teknologi digital untuk membantu kelancaran proses pembelajaran. pada situasi yang seperti ini,...

00

Siswa sudah diajar berkali-kali, masih belum mengerti? Guru Pintar ingin siswa belajar dengan efektif dan efisien? Apakah Guru Pintar tahu kapan waktu terbaik bagi otak siswa untuk belajar? Seperti tubuh, otak manusia ternyata punya iramanya sendiri. Otak memiliki masa-masa terbaik untuk melakukan sesuatu termasuk untuk belajar. Nah, jika Guru Pintar tahu kapan waktu terbaik untuk belajar,...

10

Memilih jurusan kuliah memang lebih dari sekadar belajar dan menuntut ilmu. Dari sisi yang lebih realistis, tak jarang orang memilih jurusan yang menjamin masa depan. Enggak salah juga kok, Sobat Pintar. Bukankah setelah lulus kuliah, kita harus mampu bertanggung jawab atas diri sendiri dan mandiri secara finansial? Tapi kira-kira prospek kerja masa depan setelah kamu lulus kuliah itu bakalan...

50

Sedang bingung mencari referensi universitas swasta terbaik, Sobat Pintar? Emang banyak beutt pilihan kampus atau universitas swasta sekarang ini! Sampai kita dibikin bingung tuh, mau pilih yang mana. But thankfully, ada berbagai university ranking yang bisa kita pakai acuan. Biar nggak nanggung, kita lihat yuk, university ranking versi Webometrics dan UniRank sekaligus. Photo by Priscilla Du...

90

Kemampuan berbahasa Inggris saat ini bukan lagi sekadar pilihan, tetapi kebutuhan. Eits, ini bukan soal berapa nilai mata pelajaran Bahasa Inggris di rapormu, Sobat Pintar. Tentu saja punya nilai rapor Bahasa Inggris yang bagus itu membanggakan, namun kemampuan berbahasa secara umum sebenarnya lebih penting. Keterampilan atau kemampuan berbahasa meliputi menyimak (listening), berbicara...

90

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog