APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Cara menghilangkan beban pikiran dan stress, atau yang lebih kita kenal dengan healing, ada bermacam-macam. Mulai dari yang praktis sampai absurd, setiap orang boleh memilih caranya masing-masing untuk menghilangkan stress pikiran. Kalau dilihat dari daftar di bawah ini, manakah cara menghilangkan stres pikiran yang biasanya kamu lakukan, Sobat?   1. Rutin Berolahraga Photo by Fitsum Admasu...

110

Permainan di kelas dalam dunia pendidikan adalah hal yang sering ditemukan. Dengan aneka ragam permainan, murid menjadi senang dan kelas aktif dan interaktif. Penerapan teknik dan strategi dari sebuah permainan ke dalam konteks non permainan misalnya ke dalam pembelajaran dikenal dengan istilah gamifikasi. Istilah gamifikasi pertama kali digunakan oleh Nick Pelling pada tahun 2002, saat...

00

Mahasiswa salah jurusan itu ada di mana-mana. Nah loh, kaget ga tuh, Sobat Pintar? Sebenarnya mahasiswa salah jurusan itu bukan fakta yang sangat mengejutkan. Irene Guntur, seorang Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), menyebutkan bahwa 87% mahasiswa di Indonesia itu salah jurusan. Hanya saja, ada mahasiswa yang mau jujur dan mengakui pada dirinya sendiri...

280

Menjadi orang tua yang baik di era millenial ini tidak cukup hanya dengan melahirkan dan menafkahi anak secara materi saja. Anak-anak juga memiliki kebutuhan psikologis yang harus dipenuhi oleh orang tua untuk membentuk karakter sekaligus mempersiapkan mereka menjadi anggota masyarakat. Belajar parenting adalah salah satu komitmen bagi orang tua, termasuk ibu muda milenial, untuk menjadi orang...

00

Biaya ujian Mandiri di setiap kampus negeri itu berbeda-beda, Sobat Pintar. Karena Seleksi Mandiri diselenggarakan oleh tiap-tiap kampus secara individual, tak heran bila biaya pendaftaran ujian Mandiri tak sama antara satu kampus dengan kampus lainnya. Nah, untuk mengikuti Jalur Mandiri bayar berapa, sih? Ini dia, daftar biaya pendaftaran Jalur Mandiri di berbagai perguruan tinggi negeri saat...

00

Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (Utul UGM) saat ini sedang berlangsung. Sobat Pintar tentu sudah tahu, ujian Mandiri UGM dikenal dengan Utul. Utul adalah singkatan dari Ujian Tulis. Namun sekarang kita tidak menggunakan kertas dan pensil lagi saat ujian, melainkan komputer. Itulah sebabnya Utul UGM secara resmi disebut sebagai CBT, kependekan dari Computer Based Test. Walau begitu, Utul...

10

Lulus Simak UI itu enggak semudah membalik telapak tangan, Sobat. Banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Indonesia – siapa sih, yang enggak pengin kuliah di kampus favorit ini? Apalagi, UI menduduki peringkat pertama dalam daftar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi QS Asia University Rankings 2022. Tak heran bila tak sedikit pelajar yang mati-matian berjuang di Seleksi...

50

Sebagai guru, tak jarang Guru Pintar menemukan siswa yang mencari perhatian atau melakukan hal-hal tertentu sehingga mereka dianggap sebagai siswa yang “nakal.” Hal-hal yang dianggap sebagai kenakalan siswa misalnya sering terlambat atau bolos sekolah, tidak mengerjakan tugas/ PR, ribut di kelas, jajan saat jam pelajaran, tidak sholat, dan lain sebagainya. Menghadapi hal-hal seperti ini,...

00

"Konseling psikologi itu cuma buat mereka yang stres dan depresi." Ada yang pernah bilang kayak gini sama kamu, Sobat Pintar? Kalaupun ada, sebaiknya abaikan saja, Sobat. Pasalnya, kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan badan – kalau malah enggak lebih penting. Maka dari itu, jangan tunggu sampai kamu depresi untuk melakukan konseling psikologi. Terus, gimana cara konsultasi ke...

30

Apa yang harus dilakukan jika tidak lulus SBMPTN? Seperti menelan pil pahit, ketika melihat pegumuman yang sekian hari dinanti-nanti dengan penuh kegelisahan, namun ternyata kita gagal SBMPTN. Gagal. Failed. Seakan segala jerih payah berbulan-bulan kita bergadang, ngecengin gebetan juga ngga sempat, kurang tidur... eh, semua menguap dengan pernyataan "anda tidak lulus SBMPTN". Nyesek ngga,...

130

Guru yang baik harus memahami berbagai kompetensi pedagogis supaya mampu menyelenggarakan pembelajaran yang benar-benar membuat siswa belajar. Oleh sebab itu, Guru Pintar harus memahami dan mampu menggunakan berbagai pendekatan dalam pembelajaran.  Salah satu pendekatan yang sering digunakan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan saintifik atau scientific approach.  Pendekatan...

00

"Biaya konsultasi ke psikolog itu berapa, sih? Kalau aku mau konsultasi psikologi, uang sakuku cukup, nggak?" Siapa nih, Sobat Pintar yang galau mikirin biaya konsultasi psikolog? Sejujurnya, biaya ke psikolog itu jarang kita taruh di prioritas teratas. Dengan uang saku yang terbatas, kita mungkin lebih mendahulukan pulsa, perlengkapan sekolah, sampai jajan. Kalau begitu, healing-nya...

00

Setiap orang tua pasti mendambakan dapat menjadi orang tua yang baik, yang dapat mendidik dan membesarkan anak-anaknya dengan baik. Apakah hal tersebut mudah dilakukan? Pada kenyataannya tidak semua orang tua merasa mendidik dan mengasuh anak adalah hal yang mudah. Tidak jarang ada orang tua yang merasa frustasi dan merasa gagal menjadi orang tua yang baik.  Cara menjadi orang tua yang...

00

Kuota atau daya tampung PTN 2022 dalam penerimaan mahasiswa barunya terbagi atas SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. LTMPT telah menetapkan bahwa kuota minimum SNMPTN dan SBMPTN masing-masing sebesar 20% dan 40% dari total daya tampung setiap PTN. Ini berarti ada kemungkinan kampus incaranmu menerima mahasiswa baru dalam persentase yang lebih besar dari angka tersebut, Sobat Pintar. Sedangkan untuk...

10

Penerapan kurikulum merdeka pada jenjang SMA sebagaimana penerapannya di jenjang PAUD, SD, dan SMP adalah upaya dari pemerintah untuk memulihkan pembelajaran. Hal ini dilatarbelakangi terjadinya learning loss selama masa pandemi. Dasar hukum penerapan kurikulum ini antara lain adalah Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang...

00

Biaya konsultasi psikolog online  terkadang masih menjadi penghalang untuk melakukan konseling. Sebagaimana jamak diketahui, biaya konseling dengan pertemuan yang intensif masih terbilang cukup besar, terutama bagi pelajar dan mahasiswa. Bagi mereka yang belum memiliki penghasilan secara mandiri, menyisihkan uang saku untuk melakukan konsultasi pendidikan hingga konsultasi cinta bukan...

30

Sudah tahu susunan proposal kegiatan itu apa saja, Sobat Pintar? Bagi yang pernah mengajukan sebuah proposal kegiatan, kalian tentu sudah tahu isi kerangka proposal kegiatan itu terdiri dari apa saja. Namun bila kamu baru akan menyusun sebuah proposal kegiatan, yuk pelajari sama-sama bagaimana cara membuat proposal kegiatan!   Pengertian Proposal Kegiatan Photo by Aaron Burden on Unsplash ...

510

Penerapan kurikulum merdeka di sekolah sebagai salah satu upaya pemerintah untuk memulihkan pembelajaran setelah terjadinya wabah pandemi covid 19. Kurikulum Merdeka Belajar belum wajib dilaksanakan oleh seluruh sekolah-sekolah di Indonesia. Pada tahun 2022 ini, pemerintah belum mewajibkan seluruh sekolah di Indonesia untuk menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Sekolah-sekolah diberikan...

10

Hai Sobat, pernahkah kalian mendorong meja di atas lantai yang kasar? Atau menaiki sepeda di lintasan yang kasar? Apa yang terjadi pada meja ataupun sepeda? Nah untuk mengetahui apa pengaruh bidang terhadap gaya dorong maka kita belajar mengenai gaya gesek. Yuk, kita simak pembahasannya! Pengertian Gaya Gesek Gaya gesek merupakan gaya yang bekerja akibat adanya sentuhan dari dua...

10

Apa itu love language? Pernah mendengar dua kata ini, Sobat Pintar? Bahasa cinta atau love language adalah cara orang mengungkapkan dan memahami rasa cinta. Biasanya kalau kita ngomongin rasa cinta atau rasa sayang itu relate-nya sama pasangan. Iya, nggak? Padahal emosi atau perasaan sayang dan cinta itu enggak melulu sama pasangan, Sobat. Kita juga merasa sayang sama sahabat, ayah, ibu,...

80

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog