APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Entri dengan tag mahasiswa .

Tak bisa dipungkiri, IPK masih menjadi tolok ukur utama kualitas lulusan perguruan tinggi saat ini. Apalagi kalau kamu mau melanjutkan kuliah ke program magister atau S2 dengan beasiswa, IPK benar-benar menjadi patokan penting untuk seleksinya. Jadi gimana caranya untuk mengamankan IPK-mu? Nah, buat kamu-kamu para calon mahasiswa dan mahasiswa baru, wajib catet nih sebelum terlambat....

310

Dunia kampus dengan segala seluk beluknya seakan tak habis dibahas. Ada saja yang baru, terutama bagi calon mahasiswa maupun mahasiswa baru. Eh, tapi bukan berarti mahasiswa lama juga nggak butuh update, lho. Apalagi kalau soal dosen, pasti seru-seru dan nggak boleh ada yang terlewat dari topik ini – terutama tentang bagaimana menghadapi para pengajar di perguruan tinggi tersebut. Mau...

100

Hoahhmmm... tiap kali pegang buku pelajaran, belum lima menit pasti menguap. Kok beda ya, sama pegang komik atau novel? Beda jauh lagi kalau main game, bisa berjam-jam sampai malam sekalipun tetep nggak ada ngantuk-ngantuknya. Jadi gimana sih, biar mata ini awet melek kalau belajar?   1. Niat "Aku harus belajar biar besok bisa ngerjain ujian." Niat semacam ini tak cukup....

410

Biasanya diakhir semester, menjelang UAS, tiba-tiba kamu merasa ada saja sederet tugas yang belum kelar. Nggak tau gimana, tiba-tiba saja deadline berjajar rapi dalam satu pekan. Heran kenapa mimpi buruk ini bisa tiba-tiba muncul dipelupuk mata? Sebenarnya nggak ada yang serba tiba-tiba. Yang ada, kamu nggak menghasilkan apapun saat temanmu bisa menyelesaikan tugasnya tepat waktu –...

280

Kamu sempat mengalami aturan zonasi sekolah? Masih ingat gimana rasanya saat kamu tak punya banyak pilihan? Situasimu akan jauh berbeda saat dihadapkan pada pilihan perguruan tinggi. Kamu bebas memilih mau masuk kampus mana, asalkan lolos tes masuknya saja. Tapi kekebasan pilihan ini bukan berarti tanpa pantangan, ya. Setidaknya, ada hal-hal berikut ini yang sebaiknya kamu perhatikan....

270

Kamu sudah tahu mau kuliah dijurusan apa? Memilih jurusan memang cukup mendebarkan karena terkait dengan bidang yang akan kamu tekuni seumur hidupmu. Tapi jangan sampai kamu masuk jurusan yang tepat di kampus yang salah, tetep aja ujung-ujungnya pilihanmu salah juga. Jadi, apa aja sih yang perlu diperhatikan saat memilih kampus?   1. Akreditasi Jurusan Pilihanmu Sebelum memilih...

190

Bekerja di Pertamina, PLTU PJB, Bapetan, ataupun BATAN adalah cita-citamu? Atau bahkan mungkin targetmu adalah International Atomic Energy Agency (IAEA) di Geneva, Toronto, New York, atau Vienna? Eh, menggantungkan cita-cita kan setinggi langit, jadi boleh-boleh aja punya keinginan berkarir dilevel internasional. Tapi udah tahu belum, kemana sekolahnya kalau kamu pengen jadi pakar...

80

Bekerja dan mencukupi kebutuhanmu sendiri adalah langkah awal kemandirian yang bisa dilakukan dengan atau tanpa ijazah sarjana. Tapi kenapa rasa-rasanya masih sulit saja dapat kerja, bahkan ketika ijazah sarjana sudah ditangan? Apakah ini berarti kamu yang masih calon lulusan SMA atau SMK, maupun yang belum lulus kuliah, bakalan lebih sulit dapat kerja – yang paruh waktu sekalipun?...

140

Kamu tipe orang yang nggak betah duduk berjam-jam di dalam kelas? Kamu selalu antusias dengan pelajaran Olahraga, bahkan termasuk siswa berprestasi? Dan bagaimana dengan cita-citamu? Apakah ahli fisioterapi, pelatih atau instruktur olahraga dan kebugaran, konsultan diet, pelatih pribadi, atlit profesional, hingga guru Olahraga adalah salah satu dari profesi yang ingin kamu kerjakan...

60

Kamu udah terlanjur jatuh hati sama sastra, baik Sastra Indonesia maupun sastra asing yang lain? Tapi masih ragu, sarjana Bahasa dan Sastra tuh entar ngapain ya, setelah lulus kuliah? Bisa kerja apa aja, sih? Yuk lihat pilihan karir lulusan Bahasa dan Sastra berikut ini.   1. Penyunting Bahasa Kenapa untuk menjadi seorang Penyunting Bahasa atau Editor, kamu harus lulus dari Jurusan...

120

Seandainya biaya kuliah saat ini ada yang ditawarkan seperti sale akhir tahun atau masuk kotak diskon department store, seru kali, ya? Tapi ya mana mungkin bisa terjadi. Kalau pepatah Jawa bilang, jer basuki mowo beya. Maksudnya, keberhasilan seseorang memerlukan pengorbanan – dalam hal ini pembiayaan. Tapi 5 jurusan di bawah ini seriusan mahal.   1. Kedokteran Baik kamu mau jadi calon...

110

Masih ngandelin uang saku dari orang tua? Hari gini? Kenapa sih, ga coba nyari uang saku sendiri? Lumayan kan, bisa nambah-nambah pundi rupiahmu? Apalagi kalau kamu memang punya minat bisnis, tentu mencoba berbagai lini usaha adalah salah satu ide yang menggoda. Tapi bagaimana dengan pendidikan? Oh, tak perlu kuatir. Kamu masih tetep bisa menuntut ilmu sambil menjalankan beberapa usaha...

90

Kamu nonton Law and Order dan jatuh hati pada sosok lawyer yang beratraksi di ruang sidang? Bukan berarti masuk Fakultas Hukum, lantas kamu bisa menangani semua perkara, ya! Fakultas ini membagi bidang hukum sesuai dengan konsentrasinya, dan berikut ini lima diantaranya.   1. Hukum Perdata Konsentrasi inilah yang harus dipilih jika kamu ingin jadi notaris. Yup, disinilah kamu...

80

Masa-masa persiapan magang bisa jadi cukup menegangkan, baik bagi siswa SMK maupun mahasiswa. Tapi anggap saja kesempatan ini sebagai celah yang menguntungkan karena kamu bisa incip-incip gimana sih rasanya nyari kerja. Jadi apa saja yang perlu kamu perhatikan untuk memperbesar kemungkinanmu diterima magang? Berikut ini ringkasannya. 1. Manfaatkan layanan Bimbingan Karir di sekolah atau Pusat...

140

Tahukah kamu, kalau peserta SBMPTN yang lolos enggak sampai seperempatnya saja? Beruntunglah kamu jika termasuk kedalam sebagian kecil peserta ujian dan diterima di PTN. Tapi bagaimana dengan tiga perempat peserta yang tersisihkan dari seleksi fenomenal ini? Tak perlu patah semangat, tak lolos SBMPTN bukalah suatu kegagalan yang menjadi akhir dunia karena kamu masih punya 5 alternatif...

70

Sebagian besar dari kita yang masih berusia muda dan belia cenderung mengabaikan kesehatan. Ada aja alasannya, "Ah masih muda, masih sehat," atau "Ah kolesterol tuh cuma buat yang tua-tua, yang muda sih asyik-asyik aja," dan "Mumpung masih muda, puas-puasin makan enak, jangan banyak mikir soal kesehatan." Padahal, kesehatan itu soal penting pada semua...

90

Kalau ditanya tentang lama waktu kuliah pada jenjang S1, semua orang juga bisa menjawab – empat tahun. Rata-rata perkuliahan S1 memang memerlukan 8 semester, dan kamu akan menyandang gelar Sarjana diujung masa kuliah. Tahun berikutnya setelah wisuda, mungkin kamu tengah menikmati hasil jerih payahmu menuntut ilmu, tapi tak demikian halnya dengan mahasiswa kedokteran. Pasalnya, tahapan...

430

Masih bingung mau ngelanjutin kuliah ke PTN mana? Kamu bisa cek rangking atau peringkat PTN berikut ini untuk memperkirakan kemungkinan kompetisinya. Asal kamu tahu, ada banyak lembaga yang menyusun urutan peringkat perguruan tinggi dengan kriterianya masing-masing. Beberapa sistem rangking di bawah ini dapat memberimu beberapa sudut pandang sekaligus.   Kemenristekdikti (Kementerian...

120

"Sekolah mau jadi apa?" "Mau jadi dokter." Tanya jawab seperti ini mungkin terjadi jutaan kali, apalagi saat kita masih kecil. Beranjak pada masa sekolah, cita-cita jadi dokter sepertinya semakin dekat tergapai, terutama buat kamu-kamu yang punya otak super encer. Tapi bila kamu termasuk super jenius, ternyata otak brilian itu tak cukup untuk mengantarkanmu jadi...

60

Kalau membahas tentang perguruan tinggi, PTS hampir selalu kalah telak sama PTN. Sudah menjadi keyakinan umum kalau bisa masuk PTN berarti kamu lebih pandai dari mereka yang masuk PTS. Apalagi, biaya perkuliahan di PTS juga cenderung lebih mahal dibanding PTN – setidaknya, begitulah yang diyakini para orang tua kita. Padahal sebenarnya, sama seperti bila kamu membandingkan dua hal –...

140

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog