APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Yang namanya liburan, baik libur panjang maupun sekedar akhir pekan, pasti ditunggu-tunggu. Banyak banget yang mau dilakukan! Misalnya nih ya, pagi-pagi bisa nerusin bergelung didalam selimut, siangan dikit bangun bentar trus balik lagi ke kasur. Pas buka mata, eh udah sore. Trus baru inget, ada janjian main game online. Ya udah, cuss setelah cuci muka langsung nongkrong di depan PC. Wah,...

150

Juvenile delinquency atau kenakalan remaja adalah masalah yang masih kerap terjadi. Hal ini disebabkan pada masa pubertas ini, mereka memiliki rasa keingintahuan yang besar dan sedang melakukan proses pencarian jati diri.  Jika tidak diarahkan dengan benar, bukan tidak mungkin anak remaja akan terlibat dalam tindakan yang masuk dalam kategori kenakalan remaja. Pengertian Kenakalan Remaja ...

00

Biaya apa saja yang ada di kuliah? Pernah nggak, kamu ngitung-ngitung apa saja jenis biaya yang harus dibayarkan oleh orang tuamu selama kamu kuliah? Atau, ada nggak Sobat Pintar yang harus berhitung cermat sendiri sebelum masuk kuliah? Tentu saja, keadaan kita masing-masing tak ada yang sama. Namun apapun itu, kita perlu tahu loh, apa saja yang harus dibayar saat kuliah. Iya dong, kan kita...

80

Masa remaja adalah masa-masa pencarian jati diri. Pada masa ini  berbagai problematika remaja mulai bermunculan. Hal ini kebanyakan terjadi karena dalam fase ini remaja sering dipenuhi dengan kebingungan. Contoh masalah remaja yang sering muncul pada fase ini harus menjadi perhatian orang tua. Masalah mulai dari hal kecil atau sepele hingga masalah yang berdampak pada kesehatan mentalnya...

00

Perbedaan psikolog, psikiater, dan konselor itu apa, sih? Kalau kamu butuh ngobrolin kegalauanmu, lebih baik pilih konsultasi pikolog atau konsultasi psikiater? Terus, kira-kira biaya psikolog ataukah biaya psikiater yang lebih terjangkau oleh uang sakumu? Yuk, kita cari tahu, Sobat Pintar.   Psikolog Photo by Fa Barboza on Unsplash Kita mulai dari psikolog dulu deh, ya. Seorang psikolog...

60

Membaca adalah salah cara membuka dunia. Semakin banyak membaca, seseorang akan semakin banyak tahu. Maka tidak heran membaca adalah salah satu aspek penting yang disorot saat ini. Selain keterampilan numerasi, keterampilan literasi yang merujuk pada kemampuan seseorang dalam membaca banyak menjadi pusat perhatian. Membaca di sini tidak sekedar membunyikan rangkaian huruf saja, melainkan...

00

Pendaftaran Jalur Zonasi SMA 2022 di kebanyakan provinsi berlangsung di akhir bulan Juni. Di Jawa Tengah, misalnya, PPDB online 2022 berlangsung mulai tanggal 29 Juni sampai 1 Juli 2022. Sementara itu, PPDB online 2022 di Kalimantan Tengah berlangsung mulai tanggal 27 sampai 30 Juni 2022. Namun ada yang beda dengan PPDB DKI Jakarta, Sobat Pintar. Di provinsi ini, PPDB online 2022 tahap ke-2...

10

Anak berbohong adalah tindakan yang kerap membuat orang tua kesal atau bahkan marah besar. Menjadi anak yang jujur dan patuh tentu saja harapan dari semua orang tua. Akan tetapi hal ini tidak mungkin bisa terjadi tanpa adanya pola didik dan pola asuh yang tepat. Selain memarahi anak, orang tua harus terlebih dulu melakukan refleksi mengapa anak suka sekali berbohong. Setelah melakukan...

00

Cara menghilangkan beban pikiran dan stress, atau yang lebih kita kenal dengan healing, ada bermacam-macam. Mulai dari yang praktis sampai absurd, setiap orang boleh memilih caranya masing-masing untuk menghilangkan stress pikiran. Kalau dilihat dari daftar di bawah ini, manakah cara menghilangkan stres pikiran yang biasanya kamu lakukan, Sobat?   1. Rutin Berolahraga Photo by Fitsum Admasu...

110

Permainan di kelas dalam dunia pendidikan adalah hal yang sering ditemukan. Dengan aneka ragam permainan, murid menjadi senang dan kelas aktif dan interaktif. Penerapan teknik dan strategi dari sebuah permainan ke dalam konteks non permainan misalnya ke dalam pembelajaran dikenal dengan istilah gamifikasi. Istilah gamifikasi pertama kali digunakan oleh Nick Pelling pada tahun 2002, saat...

00

Mahasiswa salah jurusan itu ada di mana-mana. Nah loh, kaget ga tuh, Sobat Pintar? Sebenarnya mahasiswa salah jurusan itu bukan fakta yang sangat mengejutkan. Irene Guntur, seorang Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF), menyebutkan bahwa 87% mahasiswa di Indonesia itu salah jurusan. Hanya saja, ada mahasiswa yang mau jujur dan mengakui pada dirinya sendiri...

280

Menjadi orang tua yang baik di era millenial ini tidak cukup hanya dengan melahirkan dan menafkahi anak secara materi saja. Anak-anak juga memiliki kebutuhan psikologis yang harus dipenuhi oleh orang tua untuk membentuk karakter sekaligus mempersiapkan mereka menjadi anggota masyarakat. Belajar parenting adalah salah satu komitmen bagi orang tua, termasuk ibu muda milenial, untuk menjadi orang...

00

Biaya ujian Mandiri di setiap kampus negeri itu berbeda-beda, Sobat Pintar. Karena Seleksi Mandiri diselenggarakan oleh tiap-tiap kampus secara individual, tak heran bila biaya pendaftaran ujian Mandiri tak sama antara satu kampus dengan kampus lainnya. Nah, untuk mengikuti Jalur Mandiri bayar berapa, sih? Ini dia, daftar biaya pendaftaran Jalur Mandiri di berbagai perguruan tinggi negeri saat...

00

Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (Utul UGM) saat ini sedang berlangsung. Sobat Pintar tentu sudah tahu, ujian Mandiri UGM dikenal dengan Utul. Utul adalah singkatan dari Ujian Tulis. Namun sekarang kita tidak menggunakan kertas dan pensil lagi saat ujian, melainkan komputer. Itulah sebabnya Utul UGM secara resmi disebut sebagai CBT, kependekan dari Computer Based Test. Walau begitu, Utul...

10

Lulus Simak UI itu enggak semudah membalik telapak tangan, Sobat. Banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Indonesia – siapa sih, yang enggak pengin kuliah di kampus favorit ini? Apalagi, UI menduduki peringkat pertama dalam daftar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi QS Asia University Rankings 2022. Tak heran bila tak sedikit pelajar yang mati-matian berjuang di Seleksi...

40

Sebagai guru, tak jarang Guru Pintar menemukan siswa yang mencari perhatian atau melakukan hal-hal tertentu sehingga mereka dianggap sebagai siswa yang “nakal.” Hal-hal yang dianggap sebagai kenakalan siswa misalnya sering terlambat atau bolos sekolah, tidak mengerjakan tugas/ PR, ribut di kelas, jajan saat jam pelajaran, tidak sholat, dan lain sebagainya. Menghadapi hal-hal seperti ini,...

00

"Konseling psikologi itu cuma buat mereka yang stres dan depresi." Ada yang pernah bilang kayak gini sama kamu, Sobat Pintar? Kalaupun ada, sebaiknya abaikan saja, Sobat. Pasalnya, kesehatan mental itu sama pentingnya dengan kesehatan badan – kalau malah enggak lebih penting. Maka dari itu, jangan tunggu sampai kamu depresi untuk melakukan konseling psikologi. Terus, gimana cara konsultasi ke...

30

Apa yang sobat ketahui tentang atmosfer? lapisan-lapisan atmosfer ini fungsinya sangat vital bagi kehidupan di bumi lho sobat. Tanpa adanya atmosfer kemungkinan besar tidak akan ada kehidupan di bumi. Bagaimana karakteristik atmosfer? dan seberapa penting fungsi lapisan-lapisan atmosfer? Yuk kita bahas! Karakteristik Atmosfer Photo by Pixabay on Pexels  ​​​​​​​Atmosfer berasal dari...

30

Apa yang harus dilakukan jika tidak lulus SBMPTN? Seperti menelan pil pahit, ketika melihat pegumuman yang sekian hari dinanti-nanti dengan penuh kegelisahan, namun ternyata kita gagal SBMPTN. Gagal. Failed. Seakan segala jerih payah berbulan-bulan kita bergadang, ngecengin gebetan juga ngga sempat, kurang tidur... eh, semua menguap dengan pernyataan "anda tidak lulus SBMPTN". Nyesek ngga,...

130

Guru yang baik harus memahami berbagai kompetensi pedagogis supaya mampu menyelenggarakan pembelajaran yang benar-benar membuat siswa belajar. Oleh sebab itu, Guru Pintar harus memahami dan mampu menggunakan berbagai pendekatan dalam pembelajaran.  Salah satu pendekatan yang sering digunakan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan saintifik atau scientific approach.  Pendekatan...

00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog