APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Rss

Masih bingung mau ngelanjutin kuliah ke PTN mana? Kamu bisa cek rangking atau peringkat PTN berikut ini untuk memperkirakan kemungkinan kompetisinya. Asal kamu tahu, ada banyak lembaga yang menyusun urutan peringkat perguruan tinggi dengan kriterianya masing-masing. Beberapa sistem rangking di bawah ini dapat memberimu beberapa sudut pandang sekaligus.   Kemenristekdikti (Kementerian...

120

"Sekolah mau jadi apa?" "Mau jadi dokter." Tanya jawab seperti ini mungkin terjadi jutaan kali, apalagi saat kita masih kecil. Beranjak pada masa sekolah, cita-cita jadi dokter sepertinya semakin dekat tergapai, terutama buat kamu-kamu yang punya otak super encer. Tapi bila kamu termasuk super jenius, ternyata otak brilian itu tak cukup untuk mengantarkanmu jadi...

60

Enak-enak lagi jalan di selasar sambil ngelamun, eh tiba-tiba kakak kelas main nongol aja. Udah gitu, minta duit, pula. Atau, teman-teman sekelas dipaksa untuk mengabaikanmu, jadi sejak pagi sampai pulang sekolah kamu enggak bisa ngobrol sama siapapun. Pernah mengalami kejadian semacam itu? Atau kamu melihat salah seorang temanmu yang mengalaminya? Eitts, barangkali kamu yang membuat ...

60

Kalau membahas tentang perguruan tinggi, PTS hampir selalu kalah telak sama PTN. Sudah menjadi keyakinan umum kalau bisa masuk PTN berarti kamu lebih pandai dari mereka yang masuk PTS. Apalagi, biaya perkuliahan di PTS juga cenderung lebih mahal dibanding PTN – setidaknya, begitulah yang diyakini para orang tua kita. Padahal sebenarnya, sama seperti bila kamu membandingkan dua hal –...

140

Kamu sering mengeluhkan sakit kepala atau sakit perut? Coba perhatikan lagi, apa kamu gampang sakit, misalnya bentar-bentar pilek? Kamu juga cukup sering merasa kesal, bete, bad mood tanpa alasan jelas, atau semacamnya? Bukan tanpa sebab, gejala-gejala di atas bisa terkait dengan beban psikologismu. Bukannya bermaksud ngatain atau asal diagnosa nih ya, tapi bisa jadi kamu sedang...

120

Siapa sih, yang tak ingin menuntut ilmu hingga kejenjang perguruan tinggi? Namun sayang, adakalanya biaya menjadi kendala terbesar, sekalipun di PTN. Karenanya, mengetahui skema pembiayaan perkuliahan di PTN juga merupakan faktor yang penting. Yuk, cari tahu tentang pembiayaan perkuliahan ini.   Sejak tahun 2013 Peraturan pembiayaan kuliah saat ini mengacu pada Permendikbud tahun ...

40

Tak cuma pilihan jurusan yang musti dipersiapkan jauh-jauh hari, tapi juga biaya yang diperlukan untuk kuliah. Dengan banyaknya skema pembiayaan perkuliahan saat ini, ada baiknya kita tahu berapa kisaran biaya di beberapa PTN berikut pada tahun akademik 2018/2019, khusus untuk mahasiswa reguler melalui SNMPTN dan SBMPTN.   1. Universitas Indonesia Berbeda dari PTN-PTN lain pada...

70

Bila SMK telah menawarkan program keahliannya dimuka, hal ini tidak berlaku pada SMA/MA. Ambil contoh, kamu tinggal berdiri di depan suatu gedung SMK dan bisa membaca program keahlian yang dimiliki di sekolah tersebut. Bagaimana dengan SMA/MA? Tak banyak yang kamu tahu saat hendak mendaftar ke suatu SMA/MA, apalagi dengan sistem zonasi yang sudah cukup menyita tenaga. Padahal, kamu...

520

Ada ujaran bijak, katanya uang bukanlah segalanya. Tapi hari gini, apa sih yang tak butuh uang? Dan jika faktor yang satu ini penting buatmu, sangat disarankan kamu tak sampai salah memilih jurusan kuliah. Apa sebabnya? Karena jurusan kuliahmu adalah pintu gerbang pada dunia yang akan mewujudkan impianmu, bisa jadi karena pergaulan ataupun karena prestasi akademikmu – dan semua itu terkait...

90

Nyaris tak ada satu halpun dalam hidup kita yang terlepas dari komunikasi. Begitu pentingnya komunikasi dalam keseharian kita, hingga kesalahan kecil dalam prosesnya dapat mengakibatkan pertengkaran dan pertikaian. Pernah kejadian sama kamu? Jika komunikasinya saja sebegitu pentingnya, bagaimana dengan lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi? Penting enggak, sih? Yuk coba lihat peluang kerja...

40

Pelan-pelan asal selamat – pepatah ini tepat digunakan saat kamu berkendara di jalan raya, tapi bagaimana dengan kuliah? Mau berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pendidikan S1 nanti? Bagaimana dengan S2 atau bahkan S3? Bisa saja kamu menghibur diri dengan mengatakan lulus kuliah adalah sebuah kepastian, pada saatnya nanti. Iya, tanggapan seperti ini lebih berupa...

70

Kalau bosan sama pilihan kuliah yang mainstream, kamu layak mempertimbangkan Teknik Metalurgi. Udah perdah denger, belum?   Teknik Metalurgi Metalurgi berasal dari Bahasa Yunani, Metallougos. Bagi para ahli kimia, nama tersebut mengacu pada proses ekstraksi logam dari mineral. Pada perkembangannya dimasa sekarang, Metalurgi tak hanya berkaitan dengan ekstraksi logam, namun juga...

30

Sudah berapa komputer atau laptop yang sukses kamu bongkar? Bisa balikin lagi, gak? Awal-awalnya memang agak susah kalau harus merakit kembali setiap keping hardware yang sudah berantakan. Tapi lama-kelamaan, kamu akan sanggup memperbaiki bagian-bagian yang rusak – semoga, ya! Dan bila sudah berada di level kece ini, ada kemungkinan kamu memang punya kemampuan terpendam dibidang Teknik...

120

Kamu akan terkejut kalau tahu kerjaannya orang Kimia ternyata juga berimajinasi dan mencipta, mirip-mirip sama orang Seni. Tapi alih-alih menciptakan karya seni, orang Kimia menciptakan produk bernilai komersial dari bahan mentah. Bahkan, orang Kimia jugalah yang dapat menciptakan pabrik! Mau tahu bagaimana menjadi orang Kimia?   Karya Besar Teknik Kimia Kalau cita-citamu suatu hari...

80

Bukan sekali dua kamu mendengar tentang energi terbarukan. Topik tentang energi terbarukan memang telah bergaung selama beberapa waktu. Krisis minyak bumi adalah salah satu penyebabnya, sehingga terobosan-terobosan baru terus digalakkan guna mencari alternatif energi dimasa depan. Oke, kalau topik seperti di atas memang menarik buatmu, kuliah di Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi...

40

Tak mau ketinggalan dengan perkembangan dunia digital yang kekinian? Bila kamu punya antusiasme yang tak kunjung padam pada segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer, minat kuliahmu tentunya takkan jauh-jauh dari komputer juga.   Teknologi Digital yang Menjanjikan Walau tak benar-benar memperhatikan, tapi sebenarnya kita semua telah tinggal dalam dunia virtual. Coba cek, berapa kali...

40

Kamu bercita-cita ingin menjadi seorang Apoteker? Bekerja dengan jubah lab dan meracik obat-obatan? Jika profesi ini memang telah menjadi idamanmu, maka tentu kamu tahu musti kemana pendidikanmu berlanjut dijenjang perguruan tinggi. Eh tapinya, ternyata enggak sesederhana itu juga lho, kalau kuliah di Farmasi. Misalnya saja, Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung. Disini, Farmasi...

100

Mengantuk, bosan, enggak paham selama jam pelajaran berlangsung di sekolah? Kecuali kamu jenius yang rajin tanpa cela, selalu ada satu dua matapelajaran yang mendatangkan rasa bosan dan kantuk. Apalagi kalau kamu udah ngerasa rumiiit aja sama pelajaran-pelajaran eksak sejenis Matematika, Fisika, bahkan Ekonomi juga. Coba rasa-rasakan lagi, apakah kamu tipenya suka gateeel pengen bikin ...

80

Sampah. Ups, enggak bermaksud ngata-ngatain, sih. Tapi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan memang berkaitan dengan sampah. Seriusan kuliah dan jadi sarjana untuk berurusan dengan sampah? Engng... gak sesederhana itu juga, sih. Dan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan enggak cuma tentang sampah, kok.   Rekayasa Infrastruktur Lingkungan (RIL) dan Teknik Lingkungan (TL) Rekayasa Infrastruktur...

40

Kamu bisa bikin sebidang tanah kosong kering kerontang di sekitar rumah menjadi hijau subur? Suka melakukannya? Bagaimana kalau sebidang lahan dalam ukuran jutaan hektar? Bisa melakukannya? Kedengarannya mustahil, ya. Tapi nyatanya bisa dikerjakan, kok. Tentu caranya beda, enggak sekedar main tanam sekian ribu bibit pohon. Mau tahu gimana caranya? Yuk, kuliah di Rekayasa Kehutanan.   ...

30

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog