PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Entri dengan tag jurusan .

Sebagai penyedia sumber asupan protein dan oksigen yang mendukung keberlangsungan hidup umat manusia, luas wilayah laut di negara kita lebih besar dibanding wilayah daratan. Beruntungnya kita dicukupi dengan sumberdaya pendukung yang sekaya ini. Bayangkan, bagaimana kalau populasi kita lebih besar dibanding ketersediaan sumberdaya alam tersebut? Namun, siapkah kita mengelola kekayaan...

Meskipun tak tinggal di wilayah perairan ini, laut punya peran penting dalam mendukung keberlangsungan kehidupan kita di darat. Laut memproduksi 50 hingga 70% oksigen yang kita hirup. Selain menjadi sumber terpenting menu protein di meja makan, laut juga berperan penting dalam pengaturan iklim. Jika kamu sempat bertanya-tanya tentang perubahan iklim yang kita alami belakangan ini,...

Kenapa ada saja yang tertarik kuliah Filsafat? Apa ya hari gini ada filsuf? Selow, Sobat Pintar. Nggak perlu dipikir kenceng-kenceng . Nyatanya, lulusan Jurusan Filsafat bisa bekerja pada berbagai bidang. Banyak juga alumninya yang menjalani profesi-profesi ini.   1. Penulis Buku Terbiasa berpikir filosofis, lulusan Jurusan Filsafat punya seribu satu cara untuk...

Dari generasi apapun, kamu pasti tahu Dian Sastrowardoyo. 'Aset negara' ini adalah salah satu lulusan Jurusan Filsafat, bahkan menuntaskan Program Masternya pada bidang ilmu yang sama. Nah , ternyata orang-orang Filsafat tuh nggak aneh, kan ?   Filsafat, Salah Satu Jurusan yang Mahasiswanya Paling Mudah Terkena Stereotipe Kenyataannya, Filsafat adalah salah satu...

Kuliah Filsafat di Indonesia memang lebih menantang – ada-ada saja stereotipenya, euy ! Namun sebenarnya, jurusan ini dapat memberimu gambaran tentang tren-tren pemikiran jaman old ( dark age maupun renaissance ) hingga jaman now . Nah , kuliahnya di mana, nih ? Berikut ini adalah kampus-kampus di mana kamu bisa memperdalam Ilmu Filsafat.   1. Universitas Indonesia ...

Penghujung tahun 2018 diisi dengan prestasi gemilang mahasiswa Indonesia. Adalah Seoul International Invention Fair (SIIF), sebuah acara kompetisi inovasi internasional terbesar di Asia. Berlangsung pada tanggal 6 hingga 9 Desember 2018, acara ini telah menunjukkan betapa kerennya mahasiswa Indonesia.   SIIF, Event Tahunan Dunia di Korea Selatan Bermula pada tahun...

Kamu suka Matematika dan permainan logika, bahkan tertarik dengan algoritma komputasi. Muncul pertanyaan berikutnya: kuliah di Jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika? Keduanya sama-sama punya passing grade yang cukup tinggi, sehingga kamu nggak bisa menjadikan salah satunya sebagai pilihan kedua. Persaingan masuknya juga sama-sama ketat, jadi peluangmu pada kedua jurusan...

Hidup kita saat ini sudah tak terpisahkan lagi dari smartphone ataupun komputer. Hayo , tunjuk tangan, siapa yang lebih akrab sama barang-barang elektronik ini ketimbang orang sekitar? Jika kamu punya minat super tinggi pada mesin-mesin macam ini, mungkin kamu sedang mempertimbangkan untuk kuliah Ilmu Komputer? Tapi udah tahu belum, apakah ini jurusan kuliah yang sesuai ...

Buat kamu yang ingin kuliah Bahasa Korea, sudah menyeleksi kampus-kampus mana yang punya jurusan ini? Bahasa Korea memang bukan jurusan populer yang ada di seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, tapi kampus-kampus berikut membuka jurusan yang kamu impikan ini.   1. Universitas Gadjah Mada Pada awalnya, UGM membuka Program Studi D3 Bahasa Korea, sebuah sekolah vokasi....

Memilih jurusan kuliah tuh bukan hal yang mudah, memang. Dan salah satu yang bisa menjadi faktor penentu pilihan adalah minat. Bagaimana kalau minatmu ada pada segala hal yang berbau tentang Korea – dramanya, filmnya, musiknya, penyanyinya, atau aktornya? Cukupkah ini menjadi alasan untuk kuliah di Jurusan Bahasa Korea?   Bahasa dan Budaya, Dua Saudara tak Terpisahkan ...

Siapa nih , yang suka nanya-nanyai orang? Ups , bukan gitu juga, sih . Kalau sekedar kepo sama orang, siapapun asal ditanya-tanya tentang dirinya saja, itu namanya nyebelin . Tapi kalau ada sesuatu yang menarik, misalnya sebuah fenomena atau kejadian, trus kamu bertanya atau membahasnya dengan orang yang berkepentingan, barangkali memang ada bakat jurnalisme dalam...

Untuk yang kesekian kalinya, kamu ketemu lagi sama saran-saran memilih jurusan kuliah. Bosen nggak, sih ? Well , siapa tahu ada informasi baru yang terlewat, belum sempat kamu perhatikan. So , langsung aja deh , berikut ini empat pertimbangan penting yang wajib kamu perhatikan dalam memilih jurusan atau program studi kuliah pada jenjang pendidikan tinggi.   1. Memilih...

Perguruan tinggi negeri ini adalah salah satu yang tertua dan terbaik di negeri kita. Banyak anak Saintek yang goal nya kuliah disini, padahal sebenarnya ada juga jurusan-jurusan seninya. Kita lihat sama-sama yuk , apa saja fakultas yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).   Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Fakultas ini adalah sumbernya...

Sudah menyertakan pertimbangan bakat dan minat pada pilihan jurusan kuliahmu nanti? Okay, that's great . Bagaimana dengan prospek saat kamu lulus kuliah nanti? Mempertimbangkan peluang kerja setelah selesai kuliah merupakan faktor yang tak kalah penting juga lho, Sobat Pintar. Mau tahu sebabnya?   Pengangguran para Lulusan Perguruan Tinggi Dari tahun ketahun, kita sudah jenuh...

Kamu unik, berani, dan anti mainstream ? Mau kuliah juga dijurusan yang beda dari yang sudah-sudah, tapi dijamin teteup keren ? Gimana kalau kuliah di Aktuaria? Eh , udah tau tentang Aktuaria belum, sih ?   Jurusan Apaan, Sih – IPA apa IPS? Kamu udah kenal sama Matematika sama Ekonomi, kan? Ibaratnya, Aktuaria ini Ekonominya IPA, tapi dengan pendekatan yang lebih...

Sebenarnya, Aktuaria adalah jurusan atau program studi yang sudah lama eksis di luar negeri. Tapi di Indonesia, bahkan dalam tiga tahun terakhir, gaungnya masih samar. Kemenristekdikti sendiri bertujuan mengembangkan dunia Aktuaria dengan menugaskan pilot project Jurusan atau Program Studi Aktuaria pada sembilan perguruan tinggi, lima diantaranya adalah perguruan tinggi negeri...

Pernah nggak , kamu menduga-duga, celebrity chef yang banyak berseliweran di televisi itu latar belakang pendidikannya apa? Apa kamu juga pingin seperti mereka suatu hari nanti? Barangkali kamu bisa mengawalinya dengan kuliah di Jurusan Tata Boga.   Pada Jenjang Strata 1 atau Diploma III? Sebagian besar, walaupun bukan seluruhnya, Tata Boga pada jenjang Strata 1 adalah...

Oke, kamu sudah salah jurusan – that's a fact . Another fact is ... kuliah udah mau kelar , alias kamu sekarangsedang disemester-semester akhir. Bukan cuma nanggung lagi kalau mau pindah jurusan, tapi udah telat keles ! Jadi gimana ngakalinnya situasi 'terlanjur basah' seperti ini?   Lanjutkan... Maju Terus Pantang Mundur First thing first , yang harus kamu...

Bila punya minat serius pada Biologi dan Ekonomi, mungkin kamu sempat galau mau kuliah yang lebih fokus ke IPA atau IPS. Tapi ada Agribisnis lho , yang dapat mengakomodasi kedua minatmu tersebut. Mau tau kan, kaya apa sih, jurusan yang menggabungkan sisi sains dan bisnis ini?   Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan yang Tak Semata-Mata tentang Penelitian Mahasiswa Agribisnis...

Ditingkat SMK, kita mengenalnya sebagai program keahlian Jasa Boga maupun Patiseri. Ditingkat pendidikan tinggi, kita punya Tata Boga. Baik Pendidikan Tata Boga maupun murni Tata Boga, jurusan ini memang ada untuk membuatmu mahir dalam bidang kuliner. Selain tumbuhnya minat dikalangan generasi kekinian, permintaan akan profesi chef sendiri memang sedang meningkat. Pastinya, jurusan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru