redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Entri dengan tag kampus .

Nggak perlu dikasih tau lagi kan, kalau kuliah sama sekolah tuh beda jauh? Kalau kuliah, kamu nggak perlu pake seragam. Jam masuk kuliah juga nggak sama dengan jam masuk sekolah. Dan yang pasti beda lagi adalah skema pembiayaan. Yuk, kenalan sama istilah-istilah pembiayaan kuliah ini – biar kalian makin akrab!   Uang Kuliah Tunggal (UKT) Jika nanti kuliah di PTN, kamu pasti akan ketemu...

260

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) adalah organisasi mahasiswa ditingkat jurusan atau program studi yang bersifat layaknya kegiatan ekstrakurikuler. Kalau pernah menjabat sebagai ketua OSIS, atau menjadi salah satu pengurus OSIS di sekolah, maka kamupun takkan asing dengan kegiatan berorganisasi dalam lingkup kampus nantinya. Eitts, nggak perlu nunggu nanti, sekarangpun kamu bisa cari ...

270

Kalau mencari perguruan tinggi terbaik di dunia, acuan rangking yang sering digunakan adalah dari Times Higher Education (THE) ataupun Quacquarelli Symonds (QS). Keduanya memang pernah bekerja sama, namun setelah 2009 THE dan QS menetapkan kriteria dan merilis rangkingnya masing-masing. Bagaimana lima besar rangking keduanya untuk tahun 2019? Mari kita lihat.   1. THE: University...

90

Ada nggak, diantara kamu yang pingin kuliah di Jogja, apapun kampusnya? Percaya nggak percaya, ada aja lho, yang begitu. Yogyakarta memang punya daya tarik tersendiri bagi kalangan pelajar, sampai-sampai provinsi ini dikenal sebagai kota pelajar – bingung gak sih, provinsi kok jadi kota? Ya udah deh, daripada musingin hal gak jelas begitu, mending langsung kepoin aja perguruan ...

390

United Kingdom, atau dikenal sebagai Inggris, dan Amerika Serikat adalah dua negara dengan gengsi tersendiri bila kamu bisa kuliah disalah satunya. Tapi udah tahu belum perbedaan seleksi mahasiswa baru di kedua negara besar ini? Yuk, cari tahu, biar kamu tahu lebih banyak dan bisa membandingkan keduanya.   Perbedaan Ujian Masuk Kampus: A-level vs. SAT Nilai A-level yang kamu peroleh...

110

Baru dibuka pada tahun 2015, Jurusan Teknologi Pasca Panen Institut Teknologi Bandung adalah terobosan baru didunia pendidikan tinggi. Apa sebabnya? Sebelum adanya Strata 1 ITB, Teknologi Pasca Panen adalah jurusan yang hanya ditawarkan pada jenjang Strata 2. Namun karena pentingnya penanganan dan pengolahan pangan, akhirnya ITB membuka Jurusan Teknologi Pasca Panen pada jenjang...

70

Banyak yang bilang, Teknik Perminyakan adalah salah satu jurusan kuliah yang bisa bikin kamu tajir. Nah, apa gak bikin penasaran tuh, seperti apa sih jurusan ini, kok bisa bikin seseorang berduit banyak? Yuk, kepoin, deh.   Petroleum Engineering, Tak Cuma Belajar Tentang Perminyakan Namanya memang Teknik Perminyakan, tapi jangan salah, dijurusan ini kamu nggak melulu belajar tentang...

180

Yang namanya kuliah, menjadi mahasiswa, dan hidup didunia kampus tentu berbeda dari masa-masa sekolah. Selama 12 tahun kamu berangkat pagi secara teratur, mengikuti pelajaran di kelas sesuai jadwal, bahkan mungkin ada beberapa guru yang masih sempat memeriksa buku catatanmu. Tapi semua berubah setelah kamu berstatus sebagai mahasiswa. Nah, agar tak terlalu terkejut dengan dua dunia...

250

Mitos dalam Bahasa Latin (mythos) berarti perkataan atau cerita. Yang namanya cerita – kata orang – seringnya sih, dilebih-lebihkan dari kenyataannya. Nah, apa yang jadi mitos seputar dunia kampus dan perkuliahan? Yuk, cari tahu!   1. Ada Jurusan Kuliah yang Gampang, Ada yang Sulit Mau kuliah nyantai? Di Jurusan Seni Rupa aja! Kalau kuliah Kedokteran tuh, banyak stresnya! Coba deh,...

170

Jadwal wisuda makin dekat! Dagdigdug deh, rasanya. Pake toga, siap-siap kasih kabar ke orang tua, kerabat, kalau perlu tetangga-tetangga juga. Mejeng bergaya pada momen wisuda kan kesempatan sekali seumur hidup, kecuali kamu berencana kuliah lagi dan lagi. Eh tapinya, apa kamu udah siap melepas kehidupan kampusmu? Udah siap menyongsong dunia diluar sana yang kejam bagai ibu tiri? –...

70

Selama ini, prestis PTN seakan tak pernah surut. Tapi kamu juga perlu tahu, PTS cukup gigih mengejar ketertinggalannya hingga nyaris tak ada lagi bedanya kualitas pendidikan tinggi di PTN dan PTS. Tetep saja, kamu musti pilih-pilih pilah-pilah juga – eh, tapi bukannya emang musti begitu ya, dalam semua hal – kalau ingin melanjutkan ke PTS. Berpatokan pada Kemenristekdikti sebagai ...

40

SBMPTN 2018 meninggalkan cerita yang tak basi untuk dibahas berulang-ulang. Pasalnya, ada banyak pelajaran yang bisa dipetik untuk ujian masuk PTN tahun depan walaupun mungkin sistematikanya berubah. Dan, apa saja yang perlu kamu catet dari SBMPTN 2018?   Top Ten PTN Berbeda pada Jurusan IPA/ Saintek dan IPS/ Soshum Masih meyakini Universitas Indonesia yang terbaik? Atau...

190

Terlepas dari isu perubahan SBMPTN menjadi Test Center, PTN-nya tetep sama, kok. Jadi, pilihan PTN-mu pada tahun 2019 nggak akan banyak berubah dibanding PTN yang terdaftar dalam SBMPTN 2018. Beberapa PTN favorit pada SBMPTN 2018, seperti Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Brawijaya, besar kemungkinan masih tetap akan jadi favorit...

100

Saat membaca tulisan ini, mungkin kamu belum menyelesaikan kuliah Strata 1. Tapi kenapa kamu perlu tahu tentang status kelulusan cum laude atau Dengan Pujian, terkait dengan penerimaan CPNS? Asal kamu tahu, ya. Pada penerimaan CPNS 2018, pemerintah punya alokasi khusus untuk mahasiswa yang lulus dengan status cum laude sebesar 10% untuk instansi pusat dan 5% untuk instansi daerah....

80

Apakah kamu seorang aktivis? Sebagai mahasiswa dan aktivis, kamu adalah bagian dari mereka yang aktif dalam berbagai kegiatan organisasi. Trus kapan kuliah dan ngerjain tugasnya? Nah, disitulah masalah utama para aktivis. Gimana bisa punya IPK tinggi kalau banyak kegiatan organisasi yang musti diikuti? Tapi jangan khawatir, tips berikut ini dapat membantumu tetep punya IPK tingi...

130

Asyik nih, jadi mahasiswa! Udah nggak terikat waktu sekolah dari pagi sampai sore. Bahkan kadang, ada beberapa hari dalam sepekan yang tak ada jadwal kuliah, jadi kamu bisa hang out, ngafe (nongkrong di kafe), ikutan UKM baru, atau yang lain. Tapi kenapa nggak manfaatin waktu luang itu buat nambah-nambah uang saku? Iya, make money, bisnis. Nggak pake ribet, cuma modal laptop atau...

240

Salah satu negara di dunia yang menawarkan beasiswa untuk pelajar Indonesia adalah Belanda. Ya, negara yang punya keterkaitan sejarah dengan Indonesia ini punya berbagai program beasiswa yang cukup terkenal, antara lain Orange Tulip Scholarship (OTS), Studeren in Nederland (StuNed), Orange Knowledge Programme (OKP), ataupun Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kamu nggak bisa...

70

Saat sekolah, kamu aktif di OSIS? Bagaimana dengan Pramuka? Barangkali kegiatan ekstrakurikuler lain seperti musik, pecinta alam, atau kegiatan keagamaan? Jika kamu suka berorganisasi, wajar saja merasa sayang meninggalkan kesibukan seperti ini di perguruan tinggi. Dan kabar baiknya, ada lebih banyak jenis organisasi kampus dimana kamu bisa mencurahkan segenap semangatmu...

180

Menjadi mahasiswa mungkin adalah impianmu selama ini. Bayangin aja, kamu bisa pergi kuliah tanpa seragam – salah satu alasan kamu bisa tampak lebih keren. Tapi sebenarnya, jadi mahasiswa tuh nggak sekedar urusan keren-kerenan, lho. Dibalik seru dan menariknya kehidupan kampus, ada hal-hal berikut ini yang tak kalah penting untuk diambil pelajaran.   1. IPK Memang Penting Banget, tapi...

190

Yaayyy! Finally! Sekarang kamu jadi mahasiswa, bebas dari seragam sekolah, bebas dari rutinitas berangkat pagi-pagi. Tapi sadarkah kamu, menjadi mahasiswa juga berarti menghadapi banyak hal baru yang berbeda dari setiap hal yang selama 12 tahun terakhir ini terasa akrab denganmu. Biar nggak tersesat, perhatikan hal-hal basic yang perlu kamu ketahui diawal-awal kuliah berikut ini.   ...

160

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp