redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Entri dengan tag kuliah .

Idealnya sih, lulus kuliah trus kerja. Tak jarang kamupun mendapat iming-iming menggiurkan tentang prospek kerja jurusan tertentu. Tapi sebenarnya ada berbagai hal yang terjadi diseputar kelulusanmu, baik dari kampus maupun dari SMK, sehingga perlu ditimbang dan dipikirkan lagi tentang hal-hal seperti berikut ini.   1. Tilik Ulang Dimana Passionmu Coba cermati lagi, apakah selama ini...

410

Menuntut ilmu itu memang wajib, apalagi kalau kuliahmu menjadi bagian dari wujud tanggung jawab pada orang tua. Tapi, sembari belajar di kampus, kamu juga masih bisa tetap menikmati hidup dengan cara yang bermanfaat. Nggak percaya? Yuk lihat, kegiatan positif apa saja yang bisa kamu lakukan sambil kuliah.   1. Mengikuti Perlombaan atau Kompetisi pada Bidang yang Kamu Kuasai Pernah...

200

Setiap mahasiswa dari jurusan atau program studi tertentu pasti punya ceritanya masing-masing. Kesan perkuliahan mahasiswa Statistika tentunya berbeda dari yang dialami oleh mahasiswa Kedokteran, dan seterusnya. Bagaimana dengan mahasiswa Pertanian? Jika nantinya kuliah di Fakultas Pertanian, bersiaplah mengalami beberapa hal seru ini.   1. Sering Belajar di Luar Ruangan Namanya juga...

150

Berapa kali dalam sehari kamu diingatkan untuk berprestasi dan jadi juara kelas? Seberapa besar harapan yang tertumpuk di pundakmu agar kamu bisa jadi orang sukses dan berguna bagi nusa bangsa? Sebelum terjatuh kedalam jurang depresi terlalu jauh, mari kita coba untuk mengurai harapan dan kenyataan yang ternyata harus kamu hadapi.   Cerdas Penting, IPK Penting, Tapi... Tak bisa...

340

Kalau dibanding Teknik Informatika atau Desain Komunikasi Visual, rasa-rasanya Pertanian jauh dari menarik sekarang ini. Padahal, seiring waktu, bidang pertanian juga tak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi. Misalnya saja, pada jurusan-jurusan dibidang pertanian berikut ini, kamu tak hanya belajar tentang cara mencangkul dan menanam padi.   1. Teknologi Industri Pertanian ...

170

Udah memasuki pertengahan bulan Januari, nih. Udah tau belum, kalau pertengahan Januari tuh masa-masa dibukanya pendaftaran Beasiswa Bidikmisi? Tapi kalau kamu masih belum familiar dengan beasiswa ini, tak ada salahnya tahu lebih banyak. Mungkin beasiswa ini dapat membantumu menuntaskan pendidikan sampai perguruan tinggi, atau barangkali ada teman yang layak mendapatkannya.   ...

560

Hai! Ada yang nolak beasiswa nggak, nih? Ajaib juga kalau ada yang sampe nolak, yang ada malah kita pada nyari. Nah, awal tahun ini ada beasiswa betebaran juga, lho. Capcuss dilihat yuk, beasiswa apa saja yang bisa kamu peroleh dalam semester pertama tahun 2019 ini.   1. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Kemendikbud setiap tahun rutin menggelar Beasiswa Unggulan untuk ...

470

Tingginya minat kuliah Teknik Informatika, berbarengan dengan tingginya kebutuhan personel Informatika dibursa kerja, mengakibatkan jurusan ini nggak sepi mahasiswa baru. Kalau melihat tren kita selama ini, PTN masih menjadi prioritas utama para lulusan SMA maupun SMK. Tapi tahukah kamu, ternyata PTS-PTS ini juga punya Teknik Informatika yang sama kerennya dengan yang ada di PTN.   1....

160

Kenapa sih, kuliah Informatika? Apa karena teman-temanmu pada mau kuliah disini? Apa karena jurusan ini yang lagi hits dan kayanya bakal keren? Atau, sekedar kepo aja, kali-kali cocok, gitu? Banyak banget sih, alasan yang bisa kamu gunakan untuk memilih jurusan kuliah. Tapi kalau Teknik Informatika, baca ini dulu deh, biar tau lebih banyak dulu tentangnya.   Apa yang Dipelajari di...

270

Ada yang baru nih, Sobat Pintar! Tahun 2019 ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) direncanakan membuka sebuah Politeknik. Hmm... bisa jadi alternatif kuliah, bukan? Eitts, tapi ada jurusan pilihanmu nggak, nih? Ya udah, yuk cari tahu.   Jurusan atau Program Studi yang Relevan dengan Kebutuhan PUPR Sesuai dengan bidangnya pada konstruksi pekerjaan umum,...

90

Udah sering denger kan, kalau mau sukses tuh pinter aja nggak cukup? Banyak pakar dari berbagai bidang yang menyebutkan pentingnya peran soft skill dalam menentukan kesuksesan seseorang. Perpaduan dari people skill, keterampilan sosial, keterampilan berkomunikasi, karakter, perilaku, social intelligence, dan emotional intelligence quotience, soft skill memang membantumu dalam...

640

Sedang kuliah atau masih bingung menentukan pilihan? Apapun itu, jika memiliki visi kedepan tentang bekerja setelah kuliah rampung, maka kamu perlu memperhatikan skill apa yang tengah dibutuhkan pasar saat ini. Asal kamu tahu, setiap tahunnya terjadi perubahan demand dipasar kerja, tapi tetap ada beberapa komponen yang masih tetap dibutuhkan selama beberapa waktu. Bagaimana dengan...

480

Sebagai penyedia sumber asupan protein dan oksigen yang mendukung keberlangsungan hidup umat manusia, luas wilayah laut di negara kita lebih besar dibanding wilayah daratan. Beruntungnya kita dicukupi dengan sumberdaya pendukung yang sekaya ini. Bayangkan, bagaimana kalau populasi kita lebih besar dibanding ketersediaan sumberdaya alam tersebut? Namun, siapkah kita mengelola kekayaan...

180

Meskipun tak tinggal di wilayah perairan ini, laut punya peran penting dalam mendukung keberlangsungan kehidupan kita di darat. Laut memproduksi 50 hingga 70% oksigen yang kita hirup. Selain menjadi sumber terpenting menu protein di meja makan, laut juga berperan penting dalam pengaturan iklim. Jika kamu sempat bertanya-tanya tentang perubahan iklim yang kita alami belakangan ini,...

140

Kenapa ada saja yang tertarik kuliah Filsafat? Apa ya hari gini ada filsuf? Selow, Sobat Pintar. Nggak perlu dipikir kenceng-kenceng. Nyatanya, lulusan Jurusan Filsafat bisa bekerja pada berbagai bidang. Banyak juga alumninya yang menjalani profesi-profesi ini.   1. Penulis Buku Terbiasa berpikir filosofis, lulusan Jurusan Filsafat punya seribu satu cara untuk menuangkan hasil...

240

Dari generasi apapun, kamu pasti tahu Dian Sastrowardoyo. 'Aset negara' ini adalah salah satu lulusan Jurusan Filsafat, bahkan menuntaskan Program Masternya pada bidang ilmu yang sama. Nah, ternyata orang-orang Filsafat tuh nggak aneh, kan?   Filsafat, Salah Satu Jurusan yang Mahasiswanya Paling Mudah Terkena Stereotipe Kenyataannya, Filsafat adalah salah satu jurusan yang...

120

Kuliah Filsafat di Indonesia memang lebih menantang – ada-ada saja stereotipenya, euy! Namun sebenarnya, jurusan ini dapat memberimu gambaran tentang tren-tren pemikiran jaman old (dark age maupun renaissance) hingga jaman now. Nah, kuliahnya di mana, nih? Berikut ini adalah kampus-kampus di mana kamu bisa memperdalam Ilmu Filsafat.   1. Universitas Indonesia Program Studi...

240

Tak hanya cerdas dalam memilih jurusan kuliah, kamu juga harus cermat memilih kampusnya. Demikian pula dengan Ilmu Komputer. Begitu banyaknya kampus yang menawarkan jurusan ini, setidaknya kamu bisa memilih Ilmu Komputer yang memiliki akreditasi A. Berikut inilah kampus-kampus dengan Jurusan atau Program Studi Ilmu Komputer terakreditasi A menurut BAN-PT.   1. Universitas Pendidikan...

160

Penghujung tahun 2018 diisi dengan prestasi gemilang mahasiswa Indonesia. Adalah Seoul International Invention Fair (SIIF), sebuah acara kompetisi inovasi internasional terbesar di Asia. Berlangsung pada tanggal 6 hingga 9 Desember 2018, acara ini telah menunjukkan betapa kerennya mahasiswa Indonesia.   SIIF, Event Tahunan Dunia di Korea Selatan Bermula pada tahun 2002, SIIF pada...

170

Kamu suka Matematika dan permainan logika, bahkan tertarik dengan algoritma komputasi. Muncul pertanyaan berikutnya: kuliah di Jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika? Keduanya sama-sama punya passing grade yang cukup tinggi, sehingga kamu nggak bisa menjadikan salah satunya sebagai pilihan kedua. Persaingan masuknya juga sama-sama ketat, jadi peluangmu pada kedua jurusan ini juga harus...

280

CssBlog

metablog-web Portlet