redesain-navbar Portlet

Blog

RSS

Entri dengan tag kuliah .

Sudah menyertakan pertimbangan bakat dan minat pada pilihan jurusan kuliahmu nanti? Okay, that's great. Bagaimana dengan prospek saat kamu lulus kuliah nanti? Mempertimbangkan peluang kerja setelah selesai kuliah merupakan faktor yang tak kalah penting juga lho, Sobat Pintar. Mau tahu sebabnya?   Pengangguran para Lulusan Perguruan Tinggi Dari tahun ketahun, kita sudah jenuh mendengar...

210

Kamu unik, berani, dan anti mainstream? Mau kuliah juga dijurusan yang beda dari yang sudah-sudah, tapi dijamin teteup keren? Gimana kalau kuliah di Aktuaria? Eh, udah tau tentang Aktuaria belum, sih?   Jurusan Apaan, Sih – IPA apa IPS? Kamu udah kenal sama Matematika sama Ekonomi, kan? Ibaratnya, Aktuaria ini Ekonominya IPA, tapi dengan pendekatan yang lebih saintifik – bahkan Aktuaria...

290

Sebenarnya, Aktuaria adalah jurusan atau program studi yang sudah lama eksis di luar negeri. Tapi di Indonesia, bahkan dalam tiga tahun terakhir, gaungnya masih samar. Kemenristekdikti sendiri bertujuan mengembangkan dunia Aktuaria dengan menugaskan pilot project Jurusan atau Program Studi Aktuaria pada sembilan perguruan tinggi, lima diantaranya adalah perguruan tinggi negeri ini.   1....

1230

Pernah nggak, kamu menduga-duga, celebrity chef yang banyak berseliweran di televisi itu latar belakang pendidikannya apa? Apa kamu juga pingin seperti mereka suatu hari nanti? Barangkali kamu bisa mengawalinya dengan kuliah di Jurusan Tata Boga.   Pada Jenjang Strata 1 atau Diploma III? Sebagian besar, walaupun bukan seluruhnya, Tata Boga pada jenjang Strata 1 adalah Jurusan...

160

Oke, kamu sudah salah jurusan – that's a fact. Another fact is... kuliah udah mau kelar, alias kamu sekarangsedang disemester-semester akhir. Bukan cuma nanggung lagi kalau mau pindah jurusan, tapi udah telat keles! Jadi gimana ngakalinnya situasi 'terlanjur basah' seperti ini?   Lanjutkan... Maju Terus Pantang Mundur First thing first, yang harus kamu lakukan ya kelarin ...

140

Bila punya minat serius pada Biologi dan Ekonomi, mungkin kamu sempat galau mau kuliah yang lebih fokus ke IPA atau IPS. Tapi ada Agribisnis lho, yang dapat mengakomodasi kedua minatmu tersebut. Mau tau kan, kaya apa sih, jurusan yang menggabungkan sisi sains dan bisnis ini?   Sosial Ekonomi Pertanian, Jurusan yang Tak Semata-Mata tentang Penelitian Mahasiswa Agribisnis akan...

110

Memilih kampus untuk kuliah Kedokteran Gigi tak cukup hanya berpatokan padapopularitas universitasnya, lho. Akreditasi jurusan – lebih dikenal sebagai fakultas (Fakultas Kedokteran Gigi) – juga tak kalah penting. Kenapa sih, perlu kuliah Kedokteran Gigi dijurusan yang terakreditasi A? Alasan utama kuliah di FKG terakreditasi A adalah kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan. Bahkan,...

510

Kemampuan lulusan Agribisnis dalam mengelola produksi pertanian dan aspek bisnisnya akan menjadi kontribusi besar bagi bangsa kita, terutama dalam ketahanan pangan. Ehmm... maksudnya gimana, tuh? Pada intinya, dijurusan ini kamu belajar untuk menghasilkan produk pertanian secara efisien dan menguntungkan. Yup, bidang pertanian juga bisa menghasilkan profit, nggak cuma bisnis – makanya, ...

100

Ditingkat SMK, kita mengenalnya sebagai program keahlian Jasa Boga maupun Patiseri. Ditingkat pendidikan tinggi, kita punya Tata Boga. Baik Pendidikan Tata Boga maupun murni Tata Boga, jurusan ini memang ada untuk membuatmu mahir dalam bidang kuliner. Selain tumbuhnya minat dikalangan generasi kekinian, permintaan akan profesi chef sendiri memang sedang meningkat. Pastinya, jurusan ...

1710

Miss, miss apa yang gak nyambung? Mismatch! Eh, ini serius, lho – bukan lucu-lucuan. Jadi, istilah mismatch ini digunakan pula dalam dunia kerja, dimana para pekerja dan bidang pekerjaan yang dilakukannya tidak punya kesesuaian atau kecocokan. Masih belum jelas? Yuk, lanjutin dikit lagi bacaannya.   Ketidaksesuaian Antara Latarbelakang Pendidikan dan Bidang Pekerjaan yang...

290

Udah pada tau kan, kalau jadi Psikolog tuh nggak bisa sekonyong-konyong begitu kamu lulus kuliah S1 di Jurusan atau Program Studi Psikologi? Trus, apa ya lulusan jurusan ini hanya bisa jadi Psikolog atau konselor saja? Bagaimana dengan kemungkinan profesi lain? Pekerjaan seseorang yang lulus dari Jurusan Psikologi terkait erat dengan gelar yang dimilikinya. Dan di dunia ini, ada beberapa jenis...

1510

Ada lho, pelajar yang merasa nanggung – Matematika bisa, Bahasa Inggris bisa, Fisika oke, Akuntansi lancar. Semua matapelajaran lancar-lancar saja, tapi juga nggak bagus-bagus amat, sih. Bagaimana dengan minat? Bakat? Keterampilan non-akademik yang bisa jadi acuan dalam memilih jurusan kuliah? Biasa-biasa juga – nggak ada yang spesial, nggak ada yang menonjol. Trus, kuliah ke jurusan...

580

Berapa kali kamu kena Tatib gegara nggak pake kaos kaki? Rasa-rasanya nggak penting banget deh, tuh kaos kaki. Udah bikin gerah, nggak nyaman, bau pula! Dan kamupun bikin resolusi: nggak bakalan pake kaos kaki saat kuliah. Eitts, tunggu dulu, sobat. Langsung membungkus telapak kakimu dalam sepatu adalah kesalahan tak perlu yang sebaiknya dihindari. Mau tahu kenapa?   Pake dan...

150

Telah memantapkan pilihan untuk kuliah di Jurusan Psikologi? Bidang ilmu terapan tentang perilaku dan mental manusia ini memang menarik – tak kalah menarik dengan Kedokteran, bidang ilmu yang mempelajari tentang fisik manusia. Meskipun mungkin persaingan masuknya cukup ketat, tapi kuliah Psikologi di tiga kampus terbaik di Indonesia ini tentu merupakan pengalaman yang dapat meningkatkan...

410

Setahun silam, dua makam misterius diekskavasi di tepi sisi barat Sungai Nil, di kawasan Thebes, Kota Luxor, Mesir. Dua makam tersebut diperkirakan berusia 3.500 tahun, berisikan harta karun khas kuburan Mesir – termasuk mumi. Pernah nggak, kamu penasaran bagaimana cara para ahli menemukan angka 3.500 tahun tersebut? Bagaimana mereka menentukan usia sebuah mumi, atau sebuah candi, atau sebuah...

130

Kuliah di Jurusan Pariwisata tuh enak, kerjaannya jalan-jalan mulu! Pernah dengar orang ngomong begini? Jurusan ini memang salah satu yang paling sering dapat stereotipe – kesannya secara umum ngegampangin banget, deh. Tapi sebenarnya nggak gitu­-gitu amat, lho. Coba baca ini kalau nggak percaya.   Mahasiswa Pariwisata Jalan-Jalan Terus Coba lihat dijurusan-jurusan lain, apa yang...

260

Pariwisata adalah salah satu bidang yang terus tumbuh. Bahkan akhir-akhir ini, pertumbuhan bidang pariwisata sangat pesat dengan adanya berbagai program acara di televisi maupun sokongan sosial media. Nah, jika kamu tertarik dan punya minat pada bidang ini, ada juga jurusan kuliahnya ditingkat pendidikan tinggi, lho!   Perguruan Tinggi Mana Saja yang Punya Jurusan Pariwisata?...

330

"Kuliah apa?" Kamupun menjawab "DKV." Dua detik kemudian, topik pembicaraan beralih pada hal lain. Atau kalau tidak, kamu mendapat pertanyaan tentang jurusan kuliahmu sehingga harus menjelaskan panjang lebar – termasuk hal-hal yang masih kurang familiar bagi si penanya. Tapi cerita seperti ini hanya terjadi beberapa tahun yang lalu, Sobat Pintar. Mayoritas orang saat ini langsung paham kalau...

310

Singapura, negara kecil yang lokasinya bertetangga dengan kita ini punya sederet perguruan tinggi yang berkualitas, lho! Bahkan, beberapa diantaranya masuk dalam daftar 100 terbaik di dunia. Nah, dua diantaranya adalah pesaing ketat. Mau tahu apa bedanya kedua universitas ini?   National University of Singapore (NUS) Tak hanya menjadi yang tertua di Singapura, NUS juga menjadi...

190

Kalau ngomongin tentang budaya pop kekinian di Asia, kita pasti langsung nunjuk ke Korea Selatan. Tapi kalau pendidikan? Apa ya masih negara yang sama? Nope! Jepanglah juaranya di Asia, Sobat Pintar. Negara ini punya sistem pembelajaran yang terbaik di benua tempat tinggal kita saat ini. Nggak percaya? Coba lihat kampus-kampus jempolan di Jepang berikut.   1. Nagoya University...

280

CssBlog

metablog-web Portlet