redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Keperawatan Gigi

Rumpun Ilmu Keperawatan
Pelajaran Terkait Keperawatan
astro-jurusan

Apa itu Keperawatan Gigi ?

Berdasarkan falsafah asuhan keperawatan gigi, terdapat adanya batasan otonomi profesi keperawatan gigi. Jurusan ini merupakan program studi yang memiliki fokus untuk menghasilkan ahli keperawatan gigi yang mampu melaksanakan kegiatan pelayanan seperti tindakan terapeutik sederhana (Dental Therapist Care), Mengelola dan menerapkan pelayanan asuhan keperawatan gigi dan mulut, Melakukan upaya upaya pencegahan penyakit gigi dan mulut, serta melakukan kegiatan promosi kesehatan gigi dan mulut.

Mengapa harus

Jurusan Keperawatan Gigi ?

  • Peluang karir yang menjanjikan
  • Dengan menjadi ahli keperawatan gigi, seseorang memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai macam tempat seperti klinik dokter gigi, rumah sakit, atau klinik swasta.

  • Ilmu pendidikan yang menyeluruh
  • Jurusan keperawatan gigi menyediakan pendidikan yang menyeluruh, yang meliputi teori dan praktik dalam bidang kesehatan gigi dan mulut, sehingga lulusan akan memiliki kompetensi yang baik dalam bidang ini.

  • Bermanfaat bagi masyarakat luas
  • Ahli keperawatan gigi bekerja sama dengan dokter gigi dan berkontribusi dalam melakukan perawatan pasien, ini dapat memberikan kesenangan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

  • Ketertarikan di bidang kesehatan
  • Jurusan keperawatan gigi mengajarkan tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut serta melakukan perawatan dan pengobatan yang diperlukan. Apabila sobat pintar memiliki minat pada bidang ini, maka jurusan ini mungkin cocok untuk kamu.

Apa yang dipelajari?

Jurusan keperawatan gigi mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pelayanan asuhan keperawatan gigi. Lulusan dari jurusan keperawatan gigi dikenal dengan sebutan "dental nurse" yang memiliki kompetensi dalam melakukan tugas-tugas seperti membersihkan gigi, menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan saat pengobatan, dan bekerja sama dengan dokter gigi dalam melakukan perawatan dan pengobatan pasien.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Memiliki pengetahuan yang baik tentang fisiologi, anatomi, dan patologi, serta cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.
  • Melakukan perawatan gigi dan mulut seperti membersihkan gigi, melakukan pengobatan, dan menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan.
  • Mampu bekerja sama dengan dokter gigi dalam melakukan perawatan pasien dan menjalankan tugas-tugas yang diperlukan.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dengan pasien dan dokter gigi, serta dapat memberikan informasi yang jelas dan dapat dipahami.
  • Memahami administrasi yang terkait dengan keperawatan gigi, seperti menangani dokumen medis dan pengelolaan data pasien.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

HISTOLOGI DAN ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA

icon mata kuliah

Dental Morfologi

icon mata kuliah

ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

icon mata kuliah

Penatalaksanaan Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Kedokteran Gigi

icon mata kuliah

Manajemen Kesehatan Gigi dan Mulut

icon mata kuliah

Farmakologi

icon mata kuliah

BAHAN KEDOKTERAN GIGI ( DENTAL MATERIAL )

icon mata kuliah

PENGENDALIAN INFEKSI SILANG

icon mata kuliah

PENYAKIT GIGI DAN MULUT

icon mata kuliah

APLIKASI KOMUNIKASI DALAM KESEHATAN GIGI

icon mata kuliah

Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Kedokteran Gigi Spesialistik

icon mata kuliah

PENCEGAHAN PENYAKIT GIGI DAN MULUT

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Keperawatan Gigi

redesain-navbar Portlet