redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Budidaya Pertanian

Rumpun Ilmu Pertanian, Perikanan, dan Ternak
Pelajaran Terkait Pertanian, Perikanan, dan Ternak
astro-jurusan

Apa itu Budidaya Pertanian ?

Budidaya Pertanian merupakan program studi yang mencakup berbagai macam bidang studi yang berhubungan dengan budidaya tanaman, seperti teknik budidaya, ilmu tanah, ilmu hama dan penyakit tanaman, ilmu tanaman obat, ilmu genetika tanaman, dan lain-lain. Lulusan jurusan ini mengelola dan meningkatkan produktivitas tanaman, mengendalikan hama dan penyakit tanaman, serta memanfaatkan teknologi modern dalam budidaya tanaman.

Mengapa harus

Jurusan Budidaya Pertanian ?

  • Memiliki ketertarikan di bidang pertanian
  • Bagi sobat pintar yang memiliki minat yang kuat terhadap pertanian dan ingin mengetahui lebih jauh tentang cara mengelola tanaman dengan baik, maka jurusan Budidaya Pertanian dapat menjadi pilihan yang tepat.

  • Keinginan memiliki karir di bidang pertanian
  • Jurusan ini akan memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang pertanian, seperti di perusahaan pertanian, di pemerintahan, di organisasi non-pemerintah, dll.

  • Berkontribusi terhadap lingkungan
  • Jurusan ini dapat membekali sobat pintar dengan pengetahuan tentang bagaimana mengelola tanaman dengan baik tanpa merusak lingkungan, serta memberikan solusi untuk permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh pertanian.

  • Menjadi pelopor pertanian bagi Indonesia
  • Jurusan ini akan memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui penerapan teknologi dan manajemen yang baik.

Apa yang dipelajari?

Bidang Budidaya Pertanian ini merupakan bagian dari rumpun ilmu-ilmu hayati (bio sains) yang bersifat terapan dan multidisiplin. Ilmu pertanian mencakup budidaya tumbuhan dan hewan, di darat maupun di air, serta teknik budidaya pertanian seperti teknik perbanyak tanaman, teknik pembibitan tanaman, pembesaran tanaman, dan teknik meningkatkan hasil pertanian.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Memiliki pengetahuan dasar tentang ilmu tanah, ilmu hama dan penyakit tanaman, genetika tanaman, dan fisiologi tanaman.
  • Mampu menganalisis kondisi lingkungan dan tanah serta mengembangkan teknik budidaya yang sesuai dengan kondisi tersebut.
  • Memahami cara mengelola dan meningkatkan produktivitas tanaman, serta mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
  • Mampu mengaplikasikan teknologi modern dalam budidaya tanaman, seperti teknologi pertanian ramah lingkungan, teknologi budidaya
  • Memiliki keterampilan dalam manajemen dan pengelolaan lahan pertanian, seperti perencanaan, penganggaran, dan pengendalian hama.
  • Memahami kaidah-kaidah regulasi yang berlaku dalam bidang pertanian, seperti standar produksi, perlindungan lingkungan, dll.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

PENGANTAR ILMU PERTANIAN

icon mata kuliah

BOTANI

icon mata kuliah

EKONOMI PERTANIAN

icon mata kuliah

BUDIDAYA TANAMAN PANGAN

icon mata kuliah

BUDIDAYA HIDROPONIK

icon mata kuliah

DASAR-DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN

icon mata kuliah

MIKROBIOLOGI PERTANIAN

icon mata kuliah

BIOTEKNOLOGI PERTANIAN

icon mata kuliah

BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN

icon mata kuliah

TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Daftar Alumni Penting

Pendakwah, Penulis

alumni

Felix Siauw

Birokrat, Akademisi

alumni

Musliar Kasim

Pengusaha

alumni

Ai Dudi Krisnadi

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Budidaya Pertanian

redesain-navbar Portlet