redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Teknik Sistem Perkapalan

Rumpun Ilmu Perkapalan
Pelajaran Terkait Perkapalan
astro-jurusan

Apa itu Teknik Sistem Perkapalan ?

Teknik Sistem Perkapalan atau Siskal merupakan program studi yang mempelajari tentang perancangan, pengendalian, dan pengoperasian sistem transportasi laut seperti kapal, pelabuhan, dan jaringan sistem lainnya termasuk sistem propulsi, sistem kontrol, sistem monitoring, sistem pipa, serta sistem kelistrikan pada transportasi laut dan bangunan di atas air atau lepas pantai. Jurusan ini umumnya terdapat di perguruan tinggi yang memiliki program studi teknik laut atau teknik perkapalan.

Mengapa harus

Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ?

  • Pengetahuan di bidang teknologi dan transportasi laut
  • Bagi sobat pintar yang memiliki minat di bidang teknologi dan transportasi laut maka jurusan ini menjadi pilihan yang tepat. Kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang perancangan desain, sistem perkapalan, hingga pemeliharaan yang diterapkan pada industri transportasi laut.

  • Prospek kerja yang cukup luas
  • Jurusan teknik sistem perkapalan memiliki prospek jurusan yang cukup luas. Lulusannya banyak dibutuhkan oleh industri transportasi perkapalan seperti perusahaan pelayaran, perusahaan pembuatan kapal, penyedia jasa transportasi laut, dan sebagainya.

  • Wawasan tentang sistem transportasi laut
  • Bagi sobat pintar yang memilih jurusan ini, kalian tidak hanya belajar mengenai teknik atau mesin. Melainkan, juga tentang aspek ekonomi, sosial, dan politik yang berkaitan dengan industri dan laut.

  • Memiliki minat dan passion di bidang teknik
  • Bagi sobat pintar yang memiliki minat dan passion di bidang teknik, maka jurusan teknik sistem perkapalan dapat menjadi salah pilihan yang tidak boleh dilewatkan.

Apa yang dipelajari?

Jurusan Teknik Sistem Perkapalan mempelajari teknik rancang bangun dan teknik rekayasa sistem komponen kapal. Mempelajari kontruksi kapal serta sistem permesinan, listrik, navigasi serta sistem perpipaan dari kapal. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga mempelajari tentang analisis risiko dan sebaran emisi.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan jurusan ini mampu melakukan perancangan desain dan memahami prinsip-prinsip pembuatan sistem perkapalan yang dibutuhkan.
  • Lulusan jurusan teknik sistem perkapalan mampu melakukan pemeliharaan dan perbaikan terhadap sistem perkapalan sesuai standar.
  • Lulusan jurusan ini memiliki pengetahuan tentang regulasi dan standar yang berlaku dalam industri transportasi laut.
  • Lulusan jurusan teknik sistem perkapalan diharapkan memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah pada sistem perkapalan.
  • Lulusan jurusan teknik sistem perkapalan memiliki kemampuan kerja sama tim yang baik.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

ELEKTRONIKA KAPAL

icon mata kuliah

MEKANIKA TEKNIK

icon mata kuliah

Mekanika Fluida

icon mata kuliah

Ilmu Bahan dan Pengerjaan Logam

icon mata kuliah

Tahanan dan Propulsi

icon mata kuliah

TERMODINAMIKA

icon mata kuliah

Sistem Perpipaan Kapal

icon mata kuliah

PENCEMARAN LAUT

icon mata kuliah

Bisnis Maritim

icon mata kuliah

KESELAMATAN KAPAL

icon mata kuliah

INSPEKSI LAS

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Teknik Sistem Perkapalan

redesain-navbar Portlet