redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Bioteknologi

Rumpun Ilmu Pertanian, Perikanan, dan Ternak
Pelajaran Terkait Pertanian, Perikanan, dan Ternak
astro-jurusan

Apa itu Bioteknologi ?

Jurusan Bioteknologi di perguruan tinggi tersedia pada Program Sarjana hingga jenjang berikutnya. Secara umum ilmu bioteknologi yang dipelajari di bangku kuliah dapat digolongkan ke dalam bioteknologi industri, pangan, perairan, pertanian, lingkungan, forensik, dan kesehatan. Produk-produk bermanfaat yang dihasilkan dengan bioteknologi contohnya bahan bakar yang ramah lingkungan, biosensor sebagai pengendali pencemaran lingkungan, dan lain sebagainya.

Mengapa harus

Jurusan Bioteknologi ?

  • Menyadari pentingnya peran ilmu bioteknologi dalam peningkatan kualitas kehidupan
  • Bioteknologi memiliki fungsi penting di berbagai aspek kehidupan. Di bidang pertanian, misalnya, alumni Jurusan Bioteknologi dapat mempercepat proses pembibitan ataupun mengembangkan jenis tanaman baru. Bioteknologi juga dapat membantu mengatasi pencemaran lingkungan melalui bakteri yang dikembangkan untuk daur ulang. Pengembangan vaksin juga merupakan bagian dari penerapan ilmu bioteknologi, loh. Roti kesukaanmu maupun nata de coco juga merupakan wujud keterlibatan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Perkembangan bioteknologi menawarkan prospek kerja yang baik
  • Jurusan Bioteknologi adalah salah satu jurusan kuliah dengan prospek yang terbilang cukup menjanjikan. Perkembangan dunia bioteknologi bergerak seiring dengan peningkatan kebutuhan manusia akan bioteknologi, terutama di bidang pertanian, perikanan, peternakan, kesehatan, makanan, farmasi, sampai kecantikan. Tambahan pula, ahli bioteknologi di Indonesia masih terbilang sedikit.

  • Memiliki keingintahuan dan ketelitian yang dibutuhkan untuk kuliah dan berkarier di bidang bioteknologi
  • Kuliah di Jurusan Bioteknologi membutuhkan minat dan ketelitian untuk melakukan observasi, riset, dan analisis. Dibutuhkan ketekunan untuk meneliti dan menyelesaikan suatu persoalan yang membutuhkan solusi dengan ilmu bioteknologi. Sobat Pintar yang menyukai kegiatan riset dengan struktur yang jelas bisa menikmati beragam profesi yang ditawarkan di bidang bioteknologi.

Apa yang dipelajari?

Di Jurusan Bioteknologi, ilmu terapan yang dipelajari adalah tentang pemanfaatan mikroorganisme dan makroorganisme berbasis teknologi seperti pada fermentasi maupun teknik kloning. Untuk itu, mahasiswa jurusan ini banyak melakukan penelitian dan praktikum di laboratorium, juga belajar bisnis serta ilmu teknologi yang terkait dengan industri masa depan. Kuliah di Jurusan Bioteknologi mengharuskanmu belajar illmu multidisiplin meliputi ilmu kimia, biologi, teknik biologi, teknik kimia, dan biokimia.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan Jurusan Bioteknologi memiliki keterampilan melakukan riset yang baik, diiringi dengan pemikiran yang kritis dan analitis
  • Mahasiswa Jurusan Bioteknologi menguasai ilmu-ilmu turunan seperti biokimia, mikrobiologi, dan fisiologi.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

MATEMATIKA DASAR

icon mata kuliah

Fisika Dasar

icon mata kuliah

KIMIA DASAR

icon mata kuliah

BIOLOGI DASAR

icon mata kuliah

KIMIA TERAPAN

icon mata kuliah

Dasar Pemrograman

icon mata kuliah

BIOLOGI SEL

icon mata kuliah

INVERTEBRATA

icon mata kuliah

Sistematika Tumbuhan Tingkat Rendah

icon mata kuliah

GENETIKA

icon mata kuliah

KIMIA ORGANIK

icon mata kuliah

MIKROBIOLOGI DASAR

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Bioteknologi

redesain-navbar Portlet