redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Sanitasi

Rumpun Ilmu Sanitasi
Pelajaran Terkait Sanitasi
astro-jurusan

Apa itu Sanitasi ?

Sanitasi merupakan program studi yang sangat berkaitan dengan kebersihan lingkungan dan pencegahan penyebaran penyakit. Jurusan Sanitasi mempelajari tentang aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, hingga potensi pencemaran yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat dan penyebaran penyakit di masyarakat. Jurusan sanitasi biasanya terkait erat dengan bidang-bidang seperti kesehatan masyarakat, ilmu lingkungan, dan teknik lingkungan.

Mengapa harus

Jurusan Sanitasi ?

  • Dapat meningkatkan kesehatan masyarakat
  • Jurusan sanitasi sangat berkait erat dengan pengendalian penyakit, sanitasi lingkungan, dan pengelolaan limbah. Tindakan ini sangat penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran penyakit. Dengan mempelajari ilmu ini sobat pintar dapat berpartisipasi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

  • Sanitasi merupakan sebuah isu global
  • Isu sanitasi adalah masalah global dan menjadi tugas penting dalam upaya untuk mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Dengan memilih jurusan sanitasi, sobat pintar dapat berkontribusi untuk ikut memberikan solusi global untuk masalah ini.

  • Prospek kerja yang luas
  • Sanitasi adalah kebutuhan dasar manusia, bahkan permintaan akan tenaga ahli sanitasi di berbagai industri sangatlah tinggi. Hal ini membuat peluang kerja di bidang ini pun menjadi sangat luas dan menjanjikan.

  • Memiliki pengalaman dan berbagai keterampilan
  • Jurusan sanitasi melibatkan banyak bidang seperti mikrobiologi, teknik lingkungan, dan manajemen limbah. Jurusan sanitasi memberikan kesempatan bagi lulusannya untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan yang beragam dari berbagai disiplin ilmu.

Apa yang dipelajari?

Mahasiswa jurusan sanitasi mempelajari tentang penanganan limbah, pengolahan air, pengelolaan sampah, pencegahan penyebaran penyakit, dan pemantauan kualitas lingkungan. Mereka juga akan mempelajari tentang regulasi kesehatan dan keselamatan, serta praktik terbaik dalam bidang sanitasi. Tujuannya agar kesehatan dan pencemaran lingkungan dapat dikendalikan sehingga tidak berdampak pada penyebaran penyakit di masyarakat.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan jurusan sanitasi memahami prinsip-prinsip sanitasi dan hygiene.
  • Lulusan sanitasi memahami cara-cara pencegahan dan pengendalian penyakit menular, sanitasi lingkungan, dan manajemen limbah.
  • Lulusan sanitasi mampu melakukan analisis risiko kesehatan di lingkungan kerja atau masyarakat, dan memberikan rekomendasi.
  • Lulusan jurusan sanitasi memahami regulasi sanitasi dan hygiene baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Mampu membuat program sanitasi dan hygiene yang efektif dan efisien dalam bidang pengelolaan limbah dan pengendalian penyakit.
  • Mampu mengelola data dan informasi sanitasi, termasuk dalam bidang pemantauan dan evaluasi program sanitasi dan hygiene.
  • Mampu berkomunikasi dengan efektif dengan berbagai pihak terkait, baik itu dengan masyarakat, pihak swasta, maupun pemerintah.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

DASAR KESEHATAN LINGKUNGAN

icon mata kuliah

Entomologi Kesehatan

icon mata kuliah

KIMIA LINGKUNGAN

icon mata kuliah

FISIKA LINGKUNGAN

icon mata kuliah

Patofisioanatomi

icon mata kuliah

EKOLOGI KESEHATAN

icon mata kuliah

PENYEHATAN AIR DAN PENGELOLAAN LIMBAH CAIR - B

icon mata kuliah

ETIKA PROFESI SANITARIAN

icon mata kuliah

EKOTOKSIKOLOGI

icon mata kuliah

Epidemiologi Kesehatan Lingkungan

icon mata kuliah

FISIOANATOMI

icon mata kuliah

STATISTIK KESEHATAN

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Sanitasi

redesain-navbar Portlet