redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Kesehatan Lingkungan

Rumpun Ilmu Ilmu Lingkungan
Pelajaran Terkait Ilmu Lingkungan
astro-jurusan

Apa itu Kesehatan Lingkungan ?

Kesehatan Lingkungan merupakan program studi yang mempelajari hubungan antara lingkungan dengan kehidupan manusia. Lingkungan dan manusia memiliki hubungan erat, khususnya di bidang kesehatan. Lingkungan yang bersih maka akan memberikan dampak positif bagi manusia begitu pun sebaliknya. Mahasiswa jurusan ini akan banyak belajar tentang komponen lingkungan yang dapat memberikan dampak bagi kehidupan manusia, analisa pencegahan kerusakan dan pencemaran lingkungan, hingga cara melestarikan dan menjaga kesehatan lingkungan.

Mengapa harus

Jurusan Kesehatan Lingkungan ?

  • Prospek kerja yang luas dan menjanjikan
  • Sarjana kesehatan lingkungan tidak hanya memiliki satu bidang kerja, tenaga mereka dibutuhkan oleh banyak sektor termasuk pemerintah, perusahaan industri, perusahaan swasta, NGO, dan LSM. Berbagi pilihan karirnya pun beragam membuat peluang kerja lulusan jurusan ini semakin luas dan menjanjikan.

  • Ketertarikan tentang masalah lingkungan dan alam
  • Kalau sobat pintar punya ketertarikan di bidang pelestarian lingkungan dan alam maka jurusan ini akan cocok denganmu. Sebab kamu akan banyak belajar tentang permasalahan lingkungan, komponen di dalam lingkungan, dan cara melestarikan serta merawat kesehatan lingkungan hidup.

  • Turut meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak dari kerusakan lingkungan bagi manusia
  • Belajar di jurusan ini akan membuat kamu memahami tentang bahaya kerusakan lingkungan bagi kehidupan manusia. Kamu juga dapat turut serta berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu menjaga kesehatan lingkungan.

  • Peluang karir di lembaga NGO atau LSM
  • Lembaga NGO dan LSM khususnya yang memiliki fokus di bidang kelestarian lingkungan membutuhkan banyak tenaga ahli dari jurusan kesehatan lingkungan untuk dapat menjalankan program mereka. Kamu bisa berkarir di NGO atau LSM baik di skala nasional atau internasional.

Apa yang dipelajari?

Jurusan Kesehatan Lingkungan merupakan bidang ilmu yang mendalami dan menganalisis faktor lingkungan (fisik, biologis, kimia, sosial) yang berpengaruh pada derajat kesehatan masyarakat. Mahasiswa jurusan ini akan banyak belajar tentang komponen lingkungan yang dapat memberikan dampak bagi kehidupan manusia, analisa pencegahan kerusakan dan pencemaran lingkungan, hingga cara melestarikan dan menjaga kesehatan lingkungan.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan kesehatan lingkungan mampu mengidentifikasi dan menganalisis dampak kesehatan lingkungan.
  • Lulusan kesehatan lingkungan mampu menganalisis faktor terjadinya permasalahan lingkungan dan prediksi risiko dampak yang muncul
  • Lulusan kesehatan lingkungan mampu melakukan upaya pencegahan dan pengendalian strategis terhadap permasalahan lingkungan.
  • Lulusan jurusan ini memiliki kepekaan terhadap perkembangan ilmu, teknologi, dan permasalahan terkait kesehatan lingkungan.
  • Sarjana kesehatan lingkungan mampu berpikir secara holistik, strategis, dan bekerja sama secara tim.
  • Sarjana kesehatan lingkungan mampu bergerak secara inisiatif untuk turut mengkampanyekan kelestarian kesehatan lingkungan.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

Dasar - Dasar Kesehatan Lingkungan

icon mata kuliah

Entomologi Kesehatan

icon mata kuliah

FISIKA LINGKUNGAN

icon mata kuliah

KIMIA LINGKUNGAN

icon mata kuliah

Patofisioanatomi

icon mata kuliah

Mikrobiologi Lingkungan

icon mata kuliah

EKOLOGI KESEHATAN

icon mata kuliah

PENGAWASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN FISIK

icon mata kuliah

PENYEHATAN AIR DAN PENGELOLAAN LIMBAH CAIR - B

icon mata kuliah

ETIKA PROFESI SANITARIAN

icon mata kuliah

EKOTOKSIKOLOGI

icon mata kuliah

Epidemiologi Kesehatan Lingkungan

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Kesehatan Lingkungan

redesain-navbar Portlet