redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Teknik Industri

Rumpun Ilmu Teknik Industri
Pelajaran Terkait Teknik Industri
astro-jurusan

Apa itu Teknik Industri ?

Teknik Industri adalah jurusan kuliah di perguruan tinggi yang tersedia pada semua jenjang, baik Diploma maupun Sarjana. Jurusan ini meluluskan Ahli Madya (Program D3), Sarjana Terapan (Program D4), dan Sarjana (Program S1) yang bertanggung jawab atas pengoptimalan produksi pabrik hingga manajemen perusahaan. Bidang keahlian Teknik Industri ada tiga, yaitu Manajemen Industri, Sistem Industri dan Tekno ekonomi, serta Sistem Manufaktur. Teknik Industri juga tersedia pada Program Magister (S2) dan Doktoral (S3).

Mengapa harus

Jurusan Teknik Industri ?

  • Minat pada bidang ilmu manajerial dan teknik
  • Ibarat irisan pada sebuah diagram, begitulah ilmu yang dipelajari di jurusan ini. Mahasiswa Teknik Industri tak hanya belajar ilmu teknik yang tergolong ke dalam ilmu sains, tetapi juga manajerial yang menjadi bagian dari ilmu sosial. Kompetensi lintas disiplin ilmu seperti ini dapat memberimu peluang yang lebih baik di dunia kerja, baik di bidang engineering maupun manajemen sumber daya manusia, peningkatan komunikasi dan sistem informasi, hingga pemeliharaan sistem industri.

  • Prospek atau probabilitas lingkup kerja yang baik
  • Tak selamanya alumni Teknik Industri harus bekerja di pabrik. Karena menguasai ilmu sains dan sosial sekaligus, alumni jurusan ini memiliki fleksibilitas dan kompetensi untuk bekerja di berbagai sektor seperti jasa keuangan ataupun teknologi informasi, bahkan menjadi bagian dari tim SHE. Keterampilan praktis yang dipelajari di jurusan ini, seperti pengelolaan keuangan, juga berguna dalam kehidupan sehari-hari.

  • Alternatif jurusan untuk kuliah Teknik Mesin
  • Tentu saja, teknik industri tidak sama dengan teknik mesin. Lagipula, kuliah Teknik Industri mengupas lebih banyak ilmu manajerial ketimbang kuliah Teknik Mesin yang lebih banyak muatan tekniknya. Namun teknik industri sejatinya merupakan turunan dari bidang ilmu teknik mesin. Oleh sebab itu, Jurusan Teknik Industri bisa menjadi alternatifmu untuk kuliah Teknik Mesin.

  • Jurusan teknik untuk laki-laki dan perempuan
  • Stereotipenya jurusan teknik masih identik dengan laki-laki. Namun tidak demikian dengan Teknik Industri. Jurusan ini terbilang ramah bagi mahasiswa maupun mahasiswi. Selain lingkup keilmuannya, bidang kerja teknik industri juga memberikan peluang yang sama besar bagi laki-laki dan perempuan.

  • Salah satu jurusan pilihan untuk calon entrepreneur
  • Kuliah Teknik Informatika membekalimu dengan dua kemampuan sekaligus, yaitu mengembangkan produk serta mengelola sumber daya manusia. Berbekal dua keahlian ini, Sobat Pintar bisa menjadi entrepreneur yang handal sehingga mampu membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Apa yang dipelajari?

Mahasiswa Teknik Industri belajar merancang, mengelola, menerapkan, dan mengembangkan suatu sistem. Kegiatan perkuliahan ditujukan agar diperoleh pengetahuan, pola pikir, pendekatan, prinsip, dan keterampilan ilmu teknik demi terintegrasinya sistem tersebut, yang terdiri dari material, mesin, energi, informasi, dan manusia sehingga fungsi pabrik menjadi optimal. Maka, perancangan tata letak pabrik, pengembangan aplikasi sistem informasi, hingga pengelolaan organisasi menjadi bagian penting perkuliahan.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Problem solving dengan pendekatan matematis
  • Berpikir analitis dan sistematis
  • Pengetahuan dasar teknologi dan kemampuan manajerial
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

Matematika

icon mata kuliah

TEORI PROBABILITAS

icon mata kuliah

KALKULUS

icon mata kuliah

Fisika Dasar

icon mata kuliah

KIMIA DASAR

icon mata kuliah

GAMBAR TEKNIK

icon mata kuliah

MATERIAL TEKNIK

icon mata kuliah

MEKANIKA TEKNIK DASAR

icon mata kuliah

STATISTIKA INDUSTRI

icon mata kuliah

Elektronika Industri

icon mata kuliah

PSIKOLOGI INDUSTRI

icon mata kuliah

PROSES MANUFAKTUR

Daftar Alumni Penting

Aktor, model

alumni

Rezky Adhitya

Direktur Utama Pertamina ke-15

alumni

Nicke Widyawati

Musikus, komponis

alumni

Purwacaraka

Komisaris Utama PT Blue Bird Tbk

alumni

Noni Sri Ayati Purnomo

Pembawa acara, aktor, model, edupreneur

alumni

Ivanaldy Lie Kabul

Dosen SBM ITB, Managing Director PT Jababeka Infrastruktur

alumni

Agung Wicaksono

Penulis

alumni

Eria Chuzaimiah

Pembalap gokart

alumni

Silvano Christian

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Teknik Industri

redesain-navbar Portlet