redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Ekonomi Pembangunan

Rumpun Ilmu Ilmu Ekonomi
Pelajaran Terkait Ilmu Ekonomi
astro-jurusan

Apa itu Ekonomi Pembangunan ?

Ekonomi Pembangunan adalah sebuah jurusan kuliah di perguruan tinggi dengan fokus kajian ilmu pada matematika ekonomi, terutama penggunaannya dalam pembangunan nasional. Konsentrasi atau peminatan yang mungkin ditawarkan di Jurusan Ekonomi Pembangunan adalah Ekonomi Keuangan dan Perbankan, Ekonomi Kerakyatan, Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah, Ekonomi Islam, Ekonomi Perencanaan dan Pembangunan, Ekonomi Sumber Daya Manusia, Ekonomi Publik, dan Ekonomi Moneter. Perkuliahan di jurusan ini dirancang untuk meluluskan Sarjana sebagai perencana pembangunan ekonomi sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat. Gelar lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan adalah Sarjana Ekonomi (S.E.)

Mengapa harus

Jurusan Ekonomi Pembangunan ?

  • Suka dan memiliki kemampuan matematika yang baik
  • Meskipun berada di rumpun Soshum, ada berbagai permasalahan ekonomi dan pembangunan yang membutuhkan pendekatan logika matematika. Jika Sobat Pintar menyukai matematika, Ekonomi Pembangunan adalah salah satu jurusan yang dapat mengeksplorasi minat dan kemampuanmu pada tak hanya hitungan namun juga analisis data.

  • Mempelajari ilmu yang fleksibel dan tak lekang oleh zaman
  • Ekonomi Pembangunan adalah ilmu yang turut berkembang seiring dengan tuntutan zaman. Roda ekonomi terus berputar selama manusia memiliki hajat hidup. Ilmu yang dipelajari di jurusan ini akan selalu relatable, entah nantinya Sobat Pintar akan mendirikan usaha sendiri ataupun bekerja sebagai karyawan perusahaan atau pegawai pemerintah.

Apa yang dipelajari?

Materi perkuliahan yang dipelajari di Jurusan Ekonomi Pembangunan adalah segala sesuatu yang terkait dengan pembangunan ekonomi nasional, seperti perumusan kebijakan pasar, investasi domestik, ekspor-impor, pertumbuhan industri, perubahan sosial, dan masih banyak lagi. Ilmu ekonomi yang dipelajari di jurusan ini terkait pula dengan politik sebab pembangunan ekonomi terhubung langsung dengan kualitas hidup masyarakat, khususnya pada sektor pendidikan, kesehatan, pasar, keuangan, keamanan, dan lain-lain.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Hal yang menonjol dari lulusan Ekonomi Pembangunan adalah kemampuannya untuk berpikir logis, analitis, dan terstruktur.
  • Kuliah di jurusan ini mengasah kemampuan matematika dasar dan logikamu.
  • Mahasiswa Ekonomi Pembangunan terlatih untuk melakukan pendekatan yang strategis dalam memecahkan suatu permasalahan.
  • Kuliah di jurusan ini membekalimu dengan kemampuan untuk mengenali dan memahami berbagai isu ekonomi serta merumuskan solusi.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

Manajemen Inovasi

icon mata kuliah

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI

icon mata kuliah

EKONOMI PEMBANGUNAN

icon mata kuliah

AKUNTANSI KEUANGAN

icon mata kuliah

EKONOMI INTERNASIONAL

icon mata kuliah

EKONOMI MONETER

icon mata kuliah

Ekonomi Regional

icon mata kuliah

Matematika Ekonomi Lanjut

icon mata kuliah

EKONOMI PUBLIK

icon mata kuliah

EKONOMI KOPERASI

icon mata kuliah

PEREKONOMIAN INDONESIA

icon mata kuliah

Ilmu Kealaman Dasar

Daftar Alumni Penting

Menteri Riset dan Teknologi Indonesia ke-13

alumni

Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu

alumni

Febrio Nathan Kacaribu

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Ekonomi Pembangunan

redesain-navbar Portlet