redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Teknologi Laboratorium Medik

Rumpun Ilmu Teknik Alat Medis
Pelajaran Terkait Teknik Alat Medis
astro-jurusan

Apa itu Teknologi Laboratorium Medik ?

Teknologi Laboratorium Medik atau yang sering juga disebut Analis Kesehatan merupakan program studi dalam rumpun ilmu kesehatan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli dan memiliki keterampilan tinggi di bidang teknologi laboratorium. Jurusan ini mempelajari tentang cara melakukan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia maupun bukan dari manusia untuk memudahkan proses diagnosis dan pengobatan terhadap suatu penyakit.

Mengapa harus

Jurusan Teknologi Laboratorium Medik ?

  • Prospek kerja yang luas dan menjanjikan
  • Prospek kerja jurusan teknologi laboratorium medik dapat dibilang cukup luas. Sebab bukan hanya instansi-instansi kesehatan, perusahaan farmasi hingga industri makanan dan minuman pun membutuhkan keahlian tenaga teknisi laboratorium. Oleh karena itu, jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan.

  • Ketertarikan di bidang kesehatan
  • Sobat pintar yang tertarik untuk belajar di bidang kesehatan tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan jurusan ini sebagai salah satu pilihan.

  • Konsep pendidikan yang terstruktur
  • Program pendidikan teknologi laboratorium medik umumnya terstruktur dengan baik, mencakup pelajaran teori dan praktik di laboratorium. Ini membantu lulusannya mempersiapkan diri untuk bekerja di bidang ini.

  • Keilmuan yang terus berkembang
  • Bidang teknologi laboratorium medik terus berkembang, sehingga teknologi laboratorium medik terus belajar tentang teknologi terbaru dan metode terbaru dalam mengelola dan menganalisis tes laboratorium medis.

Apa yang dipelajari?

Jurusan Teknologi Laboratorium Medik mempelajari tentang bagaimana cara menjadi seorang tenaga kesehatan dan ilmuwan berketerampilan tinggi yang akan berkecimpung di sarana kesehatan. Mahasiswa jurusan ini akan banyak belajar tentang metode dan cara menggunakan sarana pemeriksaan laboratorium seperti laboratorium patologi klinik, laboratorium kesehatan, dan lain-lain.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Mampu mengelola dan mengoperasikan peralatan laboratorium medis, seperti mikroskop, centrifuge, dan mesin hitung leukosit.
  • Memahami cara menganalisis dan menafsirkan hasil tes laboratorium medis, seperti tes darah, urin, dan spesimen cairan lainnya.
  • Mampu bekerja dengan teliti dan cermat dalam menganalisis tes laboratorium sehingga dapat menghasilkan hasil yang akurat.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik kepada rekan kerja dan staf medis serta menjelaskan hasil tes laboratorium dengan jelas.
  • Memahami dan mengikuti prosedur dan standar kesehatan dan keamanan yang berlaku di laboratorium.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

Pengantar Laboratorium Medik

icon mata kuliah

Analisis Instrumentasi

icon mata kuliah

FISIOLOGI

icon mata kuliah

BAKTERIOLOGI

icon mata kuliah

Patofisiologi

icon mata kuliah

FLEBOTOMI

icon mata kuliah

URINALISA DAN CAIRAN TUBUH

icon mata kuliah

Sitohistoteknologi

icon mata kuliah

PROMOSI KESEHATAN

icon mata kuliah

Toksikologi Klinik

icon mata kuliah

Kesehatan Pariwisata

icon mata kuliah

ANALISIS MAKANAN DAN MINUMAN

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Teknologi Laboratorium Medik

redesain-navbar Portlet