redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Teknik Alat Berat

Rumpun Ilmu Teknik Permesinan
Pelajaran Terkait Teknik Permesinan
astro-jurusan

Apa itu Teknik Alat Berat ?

Teknik Alat Berat merupakan program studi yang mempelajari tentang pemeliharaan, perawatan, dan perbaikan mesin-mesin berat yang digunakan dalam industri pertambangan, konstruksi, dan pertanian seperti excavator, buldozer, dump truk, backhoe, dan lain-lain. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari berbagai tipe dan jenis mesin, pemecahan masalah pada unit mesin, hingga cara menggunakan mesin yang sesuai standar keamanan dan SOP.

Mengapa harus

Jurusan Teknik Alat Berat ?

  • Prospek kerja yang luas dan menjanjikan
  • Industri konstruksi dan pertambangan terus tumbuh dan membutuhkan teknisi yang terampil untuk mengelola, memperbaiki, dan memelihara alat-alat berat yang digunakan. Dengan demikian, lulusan jurusan teknik alat berat mungkin akan memiliki kesempatan kerja yang baik setelah lulus.

  • Kesempatan mendapatkan pendapatan tinggi
  • Lulusan jurusan teknik alat berat mungkin akan menerima gaji yang tinggi, tergantung pada tingkat keahlian dan pengalaman mereka.

  • Peluang untuk bekerja di berbagai lokasi
  • Alat-alat berat digunakan di berbagai lokasi, seperti tambang, proyek konstruksi, dan pertanian. Lulusan jurusan teknik alat berat mungkin akan memiliki peluang untuk bekerja di berbagai lokasi yang menarik.

  • Cocok bagi kamu yang senang pekerjaan menantang
  • Bekerja dengan alat-alat berat dapat menjadi pekerjaan yang menantang dan memacu adrenalin bagi seseorang yang menyukai tantangan.

Apa yang dipelajari?

Jurusan Teknik Alat Berat merupakan Ilmu yang mempelajari penerapan ilmu fisika dalam praktik mesin-mesin besar yang berfungsi untuk membantu kegiatan konstruksi. Selain mempelajari berbagai aspek tentang mesin pada alat berat, mahasiswa jurusan ini juga akan banyak melakukan riset dan analisis untuk memperhitungkan produktivitas alat berat yang digunakan.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Memiliki kompetensi dan keahlian dasar di bidang teknik mesin, terutama dalam perawatan, perbaikan, dan pemeliharaan alat berat.
  • Memahami prinsip-prinsip dasar dari mesin-mesin yang digunakan dalam alat berat, serta dapat menggunakan alat ukur dan peralatan
  • Memahami standar-standar keselamatan yang berlaku dan dapat menggunakan teknik-teknik yang aman saat bekerja dengan alat berat.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja secara efektif dalam tim.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

MATEMATIKA TEKNIK

icon mata kuliah

Fisika Teknik

icon mata kuliah

PRAKTEK GAMBAR TEKNIK

icon mata kuliah

MEKANIKA STRUKTUR

icon mata kuliah

Bahan Teknik

icon mata kuliah

METROLOGI

icon mata kuliah

LISTRIK DASAR

icon mata kuliah

THERMODINAMIKA

icon mata kuliah

ELEKTRONIKA

icon mata kuliah

ELEMEN MESIN

icon mata kuliah

PERPINDAHAN PANAS

icon mata kuliah

MESIN LISTRIK

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Teknik Alat Berat

redesain-navbar Portlet