redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan

Rumpun Ilmu Teknik Sipil
Pelajaran Terkait Teknik Sipil
astro-jurusan

Apa itu Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan ?

Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan merupakan keilmuan yang mempelajari tentang cara merancang jalan dan jembatan yang aman, efisien, dan sesuai kebutuhan. Teknik perancangan jalan dan jembatan merupakan salah satu jurusan yang termasuk ke dalam ilmu teknik sipil. Jurusan ini memiliki materi yang meliputi teknik pembuatan desain jalan dan jembatan, survei lapangan, geografi dan struktur tanah, perencanaan konstruksi, pemilihan bahan baku, dan manajemen kontrak.

Mengapa harus

Jurusan Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan ?

  • Peluang kerja yang terbuka luas
  • Peluang kerja lulusan teknik perancangan jalan dan jembatan terbiasa cukup luas dan terbuka. Mereka dapat bekerja di sektor swasta maupun pemerintahan. Selain itu, semakin berkembangnya suatu negara maka pembangunan di negara tersebut pun kian meningkat. Hal itu juga menjadi peluang kerja bagi lulusan teknik perancangan jalan dan jembatan.

  • Memiliki rata-rata pendapatan tinggi
  • Profil lulusan teknik perancangan jalan dan jembatan rata-rata memiliki pendapatan yang tinggi. Sebab untuk merancang dan membangun infrastruktur dasar masyarakat dibutuhkan tenaga ahli yang handal di bidangnya. Oleh karena itu, tidak jarang perusahaan baik swasta maupun multinasional memberikan penawaran gaji yang tinggi.

  • Perkembangan teknologi di bidang konstruksi
  • Di era kini perkembangan teknologi di bidang konstruksi semakin maju dan canggih. Oleh karena itu, lulusan jurusan teknik perancangan jalan dan jembatan dibutuhkan untuk dapat menguasai teknologi tersebut dan menghasilkan infrastruktur yang lebih aman, efisien, dan tepat guna bagi masyarakat.

  • Berperan dalam pembangunan infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat
  • Bagi sobat pintar yang memilih jurusan ini, maka kamu menjadi bagian penting dalam pembangunan infrastruktur dasar yang nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

Apa yang dipelajari?

Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan merupakan Ilmu teknik yang menspesialisasikan dalam perancangan dan pembuatan jalan dan jembatan, khususnya jalan bebas hambatan, atau yang lebih dikenal dengan sebutan jalan tol. Jurusan ini memiliki materi yang meliputi teknik pembuatan desain jalan dan jembatan, survei lapangan, geografi dan struktur tanah, perencanaan konstruksi, pemilihan bahan baku, dan manajemen kontrak.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan jurusan ini mampu merancang desain jalan dan jembatan yang aman, efisien, dan mengikuti standar yang berlaku.
  • Lulusan jurusan ini mampu menganalisis kondisi alam dan geoteknik tanah sehingga dapat memilih bahan material yang tepat.
  • Lulusan jurusan ini mampu menguasai teknologi khusus dalam perancangan jalan dan jembatan seperti AutoCAD, Civil 3D, dan lainnya
  • Lulusan jurusan ini mampu mengelola proyek pembangunan termasuk mengkoordinir pekerja, memastikan material sesuai standar, dll.
  • Lulusan jurusan ini mampu mengidentifikasi risiko proyek pembangunan termasuk risiko lingkungan, risiko kecelakaan kerja, dll.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

Matematika Terapan

icon mata kuliah

Fisika Terapan

icon mata kuliah

MEKANIKA TEKNIK

icon mata kuliah

Ilmu Ukur Tanah

icon mata kuliah

TEKNOLOGI BAHAN

icon mata kuliah

GAMBAR TEKNIK

icon mata kuliah

PRAKTEK DRAINASE

icon mata kuliah

PRAKTEK BATU

icon mata kuliah

PRAKTEK UJI BAHAN

icon mata kuliah

Praktek Ukur Tanah

icon mata kuliah

PRAKTEK BETON

icon mata kuliah

Dasar-dasar Manajemen Konstruksi

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan

redesain-navbar Portlet