redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Animasi

Rumpun Ilmu Desain Grafis
Pelajaran Terkait Desain Grafis
astro-jurusan

Apa itu Animasi ?

Jurusan Animasi di Indonesia pada umumnya merupakan Program D3 dan D4. Peminatan, meliputi animasi game (animasi interaktif) dan film animasi, biasanya ditawarkan pada semester ke-3 atau ke-4. Peminatan animasi game fokus pada desain game dan karakter, sedangkan peminatan film animasi fokus pada produksi film animasi. Di semester akhir kuliah, mahasiswa Jurusan Animasi wajib mengikuti program magang. Di beberapa perguruan tinggi, Animasi menjadi bagian dari Jurusan Desain Komunikasi dan Visual (DKV) yang merupakan Program Sarjana.

Mengapa harus

Jurusan Animasi ?

  • Cita-cita dan minat yang besar pada bidang animasi
  • Ada animator asal Indonesia dalam beberapa film populer, seperti Moana, Kung Fu Panda 2, Frozen 2, Iron Man 3, The Wolverine, The Fast and Furious 7, The Hobbit, dan lain sebagainya. Animasi video musik, termasuk beberapa artis K-Pop juga ada yang melibatkan andil animator dari Indonesia. Apakah kamu berikutnya, Sobat Pintar?

  • Kreatif, menyukai dunia seni dan storytelling
  • Animasi berkaitan erat dengan gambar dan cerita. Sobat Pintar yang memiliki kreativitas tinggi akan menyukai belajar dan bekerja di bidang animasi.

  • Industri animasi, baik game maupun film, sedang naik daun
  • Industri animasi semakin berkembang dan lowongan pekerjaan di bidang animasi juga semakin banyak. Jika dicermati, animasi Barat, khususnya Hollywood, tidak lagi mendominasi. Semakin banyak detail Asia yang tampil dalam karya animasi populer. Minat industri animasi dalam negeri pun belakangan ini semakin besar. Bakat, didukung oleh minat yang kuat, di bidang kreatif ini bisa menjadi modal dasar untuk mendalami ilmu tentang animasi.

  • Peluang karier internasional
  • Kualitas karya dan etos kerja yang baik dapat membuka peluang kerja dalam lingkup internasional. Industri kreatif, khususnya animasi, cenderung lebih fleksibel dan tidak terpaku pada batas negara dan kewarganegaraan.

Apa yang dipelajari?

Fokus perkuliahan di Jurusan Animasi adalah pada teori serta teknik dalam membuat animasi, bagaimana menampilkan gambar secara berurutan sedemikan rupa agar penonton merasakan ilusi motion (gerakan) pada gambar tersebut. Mahasiswa Jurusan Animasi juga belajar tentang bagaimana membuat karakter 3D dan 2D, menciptakan special effects, menyusun storyboard, mengedit video, mengolah audio, sampai menulis skenario menggunakan berbagai tools dan softwares. Tugas kuliah berupa karya yang membutuhkan teamwork.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kuliah di Jurusan Animasi membekalimu dengan keahlian dalam menyampaikan ide dan pesan dalam bentuk animasi.
  • Disamping terlatih untuk berpikir dengan kreatif, mahasiswa Jurusan Animasi juga mampu berpikir secara terstruktur.
  • Perkuliahan di Jurusan Animasi membekalimu dengan pengetahuan tentang komposisi warna, keterampilan menggambar dan bernarasi.
  • Mahasiswa Jurusan Animasi tak hanya artistik dan imajinatif, tetapi juga mampu menggunakan software gambar dan animasi.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

DASAR KEWIRAUSAHAAN

icon mata kuliah

TECHNOPREUNERSHIP

icon mata kuliah

Manajemen Proyek

icon mata kuliah

DASAR-DASAR KOMPUTASI

icon mata kuliah

GRAFIKA KOMPUTER

icon mata kuliah

LITERASI INFORMASI

icon mata kuliah

METODOLOGI DESAIN

icon mata kuliah

TINJAUAN SENI RUPA

icon mata kuliah

Tipografi

icon mata kuliah

Nirmana

icon mata kuliah

SENI PAHAT

icon mata kuliah

FOTOGRAFI

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Animasi

redesain-navbar Portlet