redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Peternakan

Rumpun Ilmu Peternakan
Pelajaran Terkait Peternakan
astro-jurusan

Apa itu Peternakan ?

Jurusan Peternakan adalah sebuah program pendidikan pada jenjang Sarjana dan Pascasarjana di perguruan tinggi. Setelah lulus kuliah di jurusan ini, Sobat Pintar berhak mendapatkan gelar Sarjana Peternakan (S.Pt.) Di jurusan ini dipelajari segala yang terkait dengan pengelolaan, pemeliharaan, pengembangan, sampai pemasaran ternak dan hasil ternak. Jurusan Peternakan biasanya menawarkan beberapa peminatan. Sebagian dari peminatan tersebut antara lain Sosial Ekonomi Peternakan, Nutrisi dan Makanan Ternak, Teknologi Hasil Ternak, serta Produksi Ternak.

Mengapa harus

Jurusan Peternakan ?

  • Kesadaran dan kepedulian pada ketahanan pangan
  • Kuliah di Jurusan Peternakan memberimu kemampuan untuk turut meningkatkan ketahanan pangan, terutama menjaga ketersediaan sumber pangan hewani.

  • Potensi masuk ke dunia kerja dengan bekal ilmu yang luas
  • Mahasiswa Jurusan Peternakan tak hanya belajar tentang ilmu peternakan. Sobat Pintar yang kuliah di jurusan ini juga akan belajar tentang ilmu teknik, ekonomi, gizi, bahkan kesehatan hewan. Pengetahuan dan keterampilan yang dibawa setelah lulus kuliah memberimu kesempatan untuk diterima di dunia kerja yang lebih luas.

  • Fleksibilitas karier sebagai pekerja ataupun pengusaha
  • Alumni Jurusan Pekerjaan dapat bekerja di instansi pemerintah, misalnya di Kementerian Pertanian, sebagai pengawas mutu bibit maupun pakan hewan ternak. Perusahaan pengolahan makanan juga membutuhkan alumni jurusan ini di bagian R&D atau quality control. Akan tetapi, alumni Jurusan Peternakan juga bisa membuka lapangan kerja melalui usaha peternakan atau pengolahan hasil ternak.

Apa yang dipelajari?

Mahasiswa Jurusan Peternakan belajar tentang pemeliharaan dan pengelolaan hewan ternak serta pengembangan teknologi guna memasarkan hasil produksi peternakan. Disamping menjaga kesehatan hewan ternak, kuliah di Jurusan Peternakan juga membuatmu belajar tentang pengolahan daging, telur, susu, dan produk-produk peternakan yang lain. Karena ilmu peternakan yang dipelajari mencakup hulu hingga hilir, mahasiswa Jurusan Peternakan harus menguasai matakuliah-matakuliah di bidang manajemen maupun teknologi.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kuliah di Jurusan Peternakan membekalimu dengan pengetahuan tentang kebutuhan dasar hewan ternak.
  • Pengetahuan tentang peternakan yang harus dikuasai di jurusan ini mencakup hewan ternak potong sampai peliharaan.
  • Mahasiswa Jurusan Peternakan tak hanya menguasai ilmu tentang produksi hewan ternak, namun juga penanganan penyakitnya.
  • Di sini Sobat Pintar belajar tentang efisiensi produksi, termasuk pengaturan kecukupan nutrisi dan pengolahan hasil ternak.
  • Bukan tidak mungkin mahasiswa Jurusan Peternakan juga dibekali dengan ilmu tentang bioteknologi.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

AGROEKOLOGI

icon mata kuliah

Pembangunan Pertanian

icon mata kuliah

WAWASAN AGRIBISNIS

icon mata kuliah

TEKNOLOGI INFORMASI

icon mata kuliah

Budidaya Tanaman Pakan

icon mata kuliah

GENETIKA TERNAK

icon mata kuliah

DASAR REPRODUKSI TERNAK

icon mata kuliah

PRODUKSI TERNAK RUMINANSIA

icon mata kuliah

PRODUKSI TERNAK NON RUMINANSIA

icon mata kuliah

NUTRISI TERNAK RUMINANSIA

icon mata kuliah

NUTRISI TERNAK NON RUMINANSIA

icon mata kuliah

Pemuliaan Ternak

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Peternakan

redesain-navbar Portlet