redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

PKn

Rumpun Ilmu Ilmu Kependidikan dan Keguruan
Pelajaran Terkait Ilmu Kependidikan dan Keguruan
astro-jurusan

Apa itu PKn ?

Program studi PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) adalah sebuah jurusan yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki pemahaman tentang konsep dan prinsip dasar demokrasi, hak asasi manusia, pluralisme, dan nilai-nilai kemanusiaan lainnya. Selain itu, program studi PKN juga bertujuan untuk membantu mahasiswa agar mampu mempersiapkan kurikulum dan metode pengajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta didik tentang nilai-nilai kewarganegaraan.

Mengapa harus

Jurusan PKn ?

  • Memahaminya nilai-nilai pancasila secara lebih mendalam
  • Jurusan PKN membantu mahasiswa untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai kewarganegaraan, demokrasi, hak asasi manusia, dan nilai-nilai kemanusiaan lainnya. Ini akan membantu lulusan untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan sadar akan pentingnya menjaga dan memperjuangkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

  • Berkontribusi terhadap masyarakat dan negara
  • Dengan memilih jurusan PKN, sobat pintar memiliki kesempatan untuk berkontribusi secara nyata dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan berdemokrasi serta mengembangkan negara yang lebih baik. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajar, memberikan pelatihan, melakukan riset, dan berbagai kegiatan lainnya yang berhubungan dengan nilai-nilai kewarganegaraan dan demokrasi.

  • Prospek pekerjaan yang luas
  • Lulusan jurusan PKN memiliki peluang karir yang luas di berbagai sektor, termasuk di bidang pendidikan, pemerintahan, LSM, media, dan sektor swasta lainnya. Hal ini karena pemahaman dan pengetahuan yang luas tentang nilai-nilai kewarganegaraan yang dimiliki oleh lulusan jurusan PKN sangat penting dalam menjalankan berbagai tugas dan pekerjaan di berbagai sektor tersebut.

  • Menambah rasa cinta terhadap negara
  • Dengan mempelajari ilmu PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) akan membuat sobat pintar semain tertanam rasa cinta terhadap negara. Sobat pintar akan banyak belajar nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila serta bagaimana cara hidup bermasyarakat yang baik dan saling menghargai.

Apa yang dipelajari?

PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) merupakan program studi yang menuntut mahasiswanya untuk dapat menguasai berbagai bidang ilmu seperti ilmu pendidikan kewarganegaraan, politik, hukum, pendidikan serta memiliki wawasan yang luas dalam bidang ilmu yang relevan. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga dipersiapkan untuk dapat menjadi seorang tenaga pengajar yang ahli dan profesional yang mampu merancang dan melaksanakan kurikulum, melakukan evaluasi pembelajaran, serta memahami metode pengajaran yang efektif.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Memiliki pemahaman tentang konsep-konsep kewarganegaraan, demokrasi, hak asasi manusia, pluralisme, dan nilai-nilai kemanusiaan.
  • Mampu mengembangkan kurikulum dan metode pengajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta didik.
  • Mampu melakukan penelitian dan evaluasi terhadap kebijakan publik yang berkaitan dengan kewarganegaraan, demokrasi, dan HAM.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis, dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing.
  • Mampu bekerja sama dengan baik dengan berbagai pihak, termasuk sesama pendidik, pejabat pemerintah, LSM, dan masyarakat umum.
  • Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah sosial dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

Pendidikan Pancasila

icon mata kuliah

ILMU KEPENDIDIKAN

icon mata kuliah

Ilmu Hukum

icon mata kuliah

Ilmu Negara

icon mata kuliah

Ilmu Politik

icon mata kuliah

SOSIOLOGI

icon mata kuliah

ANTROPOLOGI

icon mata kuliah

STATISTIKA

icon mata kuliah

Filsafat Pancasila

icon mata kuliah

PERBANDINGAN IDEOLOGI

icon mata kuliah

PERBANDINGAN IDEOLOGI

Kampus Terkait

Jurusan Terkait PKn

redesain-navbar Portlet